kumparan
search-gray
Entertainment5 Maret 2018 14:53

5 Aktor Korea yang Akui Dirinya Lakukan Pelecehan Seksual

Konten Redaksi kumparan
5 Aktor Korea yang Akui Dirinya Lakukan Pelecehan Seksual (1201431)
Aktor Korea yang melakukan pelecehan seksual. (Foto: Will Entertainment, DSB Entertainment, Star Village Entertainment)
Pada akhir tahun 2017 sebuah gerakan bertajuk ‘Gerakan #MeToo’ ramai di media sosial, menyusul munculnya sejumlah dakwaan pelecehan seksual terhadap produser Hollywood ternama. Gerakan ini mengajak para korban kekerasan seksual untuk berani berjuang menuntut keadilan.
ADVERTISEMENT
Gerakan #MeToo pertama kali dibawa oleh Tarana Burke, seorang aktivis asal Amerika Serikat. Kemudian gerakan ini disebarkan kembali pada akhir tahun 2017 setelah aktris Alyssa Milano mengajak para korban untuk berjuang.
Berkat gerakan ini ribuan perempuan mulai berbagi cerita mengenai akibat dan pengalaman pelecehan seksual yang mereka alami.
Dan kini, gerakan tersebut juga muncul di Korea Selatan. Dunia hiburan Korea Selatan diramaikan dengan isu pelecehan seksual yang melibatkan sederet nama besar aktor senior. Bukan hanya tuduhan, beberapa aktor tersebut bahkan telah mengakui pernah melakukan pelecehan seksual.
Siapa saja mereka?
1. Jo Min-ki
5 Aktor Korea yang Akui Dirinya Lakukan Pelecehan Seksual (1201432)
Jo Min-ki. (Foto: Will Entertainment)
Tuduhan pelecehan seksual yang dilakukan aktor senior ini bermula dari seorang anggota komunitas online yang membuat postingan #MeToo. Ia menuduh bahwa aktor senior Jo Min-ki telah melecehkan seorang mahasiswi beberapa tahun, saat ia berkerja sebagai profesor di Universitas Cheongju.
ADVERTISEMENT
Awalnya, pihak Will Entertainment, selaku agensi yang menaunginya membantah tuduhan tersebut. Namun hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa Jo Min-ki memang bersalah dan ia pun dicopot dari jabatannya sebagai profesor.
Pihak kepolisian juga mengumumkan bahwa sudah ada lebih dari lima orang pelajar yang mengaku pernah dilecehkan oleh sang artis. Karena kasus ini Will Entertainment pun akhirnya memutus kontrak dengan sang aktor.
2. Choi Il-hwa
5 Aktor Korea yang Akui Dirinya Lakukan Pelecehan Seksual (1201433)
Aktor Choi Il-hwa. (Foto: DSB Entertainment)
Aktor veteran berusia 58 tahun ini mengakui bahwa ia pernah melakukan pelecehan seksual beberapa tahun yang lalu. Sebagai akibatnya, sang aktor kelahiran 1959 ini dicopot dari berbagai kegiatan dan proyek yang dibintangi olehnya.
Dalam sebuah interview, ia juga menyampaikan permintaan maafnya kepada semua pihak yang kecewa.
ADVERTISEMENT
Sebagai dampak dari kasus ini, sang aktor akan dicopot dari posisinya sebagai salah satu anggota dewan Korean Actors Association. Penunjukannya sebagai penasihat akademis Universitas Sejong juga dibatalkan.
3. Cho Jae-hyun
Aktor ini dituduh melakukan pelecehan seksual kepada staf berusia 20 tahun di lokasi syuting acara televisi pada 2013. Dilansir Xportsnews, Jae-hyun memanggil staf itu agar terpisah dengan staf lainnya, kemudian mencium bibir dan menyentuh dada serta pahanya secara paksa. Ia pun diklaim kerap menelepon staf itu secara pribadi.
Ternyata hal tersebut bukan hanya tuduhan belaka. Pria berusia 52 tahun ini mengakui semua tuduhan pelecehan seksual yang ditujukan kepadanya melalui sebuah pernyataan resmi pada Sabtu (24/2). Akibat tindakannya ini, Cho Jae Hyun didepak dari produksi drama 'Cross'. Staf produksi tvN merilis pernyataan yang menyebutkan pihaknya akan mencoba menghilangkan karakternya dari drama.
ADVERTISEMENT
4. Oh Dal-su
5 Aktor Korea yang Akui Dirinya Lakukan Pelecehan Seksual (1201434)
Aktor Oh Dal-su. (Foto: Star Village Entertainment)
Pada tanggal 15 Februari, seorang wanita menuliskan cerita pelecehan yang dilakukan oleh aktor berusia 49 tahun ini. Ia menuduh Oh Dal-su berulang kali melakukan pelecehan seksual terhadap aktris muda saat ia menjadi bagian dari rombongan akting Busan.
Oh Dal-su sempat membantah tuduhan tersebut, hingga aktris Uhm Ji-young mengaku mendapat perlakuan yang tidak pantas dari pemeran film 'Along With the Gods' tersebut.
Melalui program ‘News Room’ di JTBC, Uhm Ji-young mengatakan bertemu dengan Oh Dal-su pada tahun 2000 silam. Saat itu Uhm Ji-young meminta saran akting dari Oh Dal-su, namun ia kemudian diajak ke sebuah motel dan mendapatkan pelecehan seksual dari sang aktor.
Oh Dal-su akhirnya mengakui tuduhan pelecehan seksual yang diterimanya dan meminta maaf kepada semua wanita yang menjadi korbannya. Akibat kasus ini ia didepak dari produksi sekuel film 'Along With the Gods: The Two Worlds'. Pihak produksi pun memutuskan untuk menghapus kehadirannya dalam film dan melakukan syuting ulang.
ADVERTISEMENT
5. Choi Yong-min
Selain itu, aktor Choi Yong-min juga disebut pernah melakukan pelecehan seksual kepada seorang staf akademik Universitas Myongji di dalam taksi. Akan tetapi ia dikabarkan telah meminta maaf dan sudah dimaafkan oleh korban yang merelakan kasus ini. Namun setelah mendengar adanya korban lain, sang korban ini pun kembali membagikan pengalamannya.
Aktor berusia 64 tahun ini akhirnya mengakui perbuatannya dan meminta maaf kepada semua korbannya. Ia juga mengatakan akan berhenti dari pekerjaannya yang juga merupakan profesor dan menghentikan semua aktivitas akting.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white