kumparan
8 Desember 2018 7:02

5 Drama Korea dengan Efek CGI yang Keren

Drama Korea CGI
Drama Korea CGI (Foto: Wikimedia Commos)
Demi menghasilkan tayangan yang bagus, rumah produksi drama Korea rela membuat efek tambahan untuk memperindah visualisasi. Dan salah satu efek spesial dalam sebuah drama yang paling menarik perhatian adalah efek CGI atau Computer-Generated Imagery.
ADVERTISEMENT
Tak kalah dari film-film layar lebar, saat ini efek CGI sudah banyak digunakan rumah produksi drama Korea. Tujuannya tentu untuk menunjang kebutuhan sinematografi terbaik. Efek CGI yang disajikan begitu realistis dan menjadi salah satu hal yang membekas dan berkesan di ingatan penontonnya. Bahkan beberapa adegan yang terkesan kurang masuk akal, mampu ditampilkan dengan apik dan terasa nyata dengan bantuan efek CGI.
Berikut ini lima drama Korea yang dinilai memiliki efek CGI paling keren. Drama mana yang paling keren menurutmu?
1. Goblin
Video
Drama ini sempat menjadi fenomenal di Korea dan berbagai negara di dunia saat tayang pada Desember lalu. Dibintangi oleh aktor Gong Yoo, Lee Dong Wook, dan aktris Kim Go Eun, 'Goblin' berhasil mencuri perhatian para pencinta drama Korea berkat jalan cerita yang ditawarkannya.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, drama ini juga berhasil membuat para penonton kagum, dengan pengambilan gambarnya yang apik. Dalam memproduksi drama besutannya ini, Lee Eung Bok selaku produser, mampu menampilkan satu adegan dalam jalan ceritanya dari berbagai sudut yang berbeda.
Selain itu, transisi antara satu adegan ke adegan selanjutnya juga dibuat halus sehingga tidak terasa ada 'lompatan' adegan yang mengganggu jalannya cerita. Mengangkat kisah fiksi, berbagai tambahan efek komputer grafis semakin menambah keindahan cerita. Salah satu bagian drama ini yang paling populer adalah saat Kim Shin yang tertusuk pedang dengan sinar warna biru.
2. Legend of the Blue Sea
Video
Bagi kamu para pencinta makhluk mitologis putri duyung, sepertinya akan suka dengan drama yang satu ini. Dibintangi oleh aktor Lee Min Ho dan aktris Jun Ji Hyun, drama Korea ini menceritakan kisah percintaan seorang manusia dengan putri duyung yang cantik tetapi polos.
ADVERTISEMENT
Bercerita mengenai dunia fantasi putri duyung, drama ini mampu menggambarkan keindahan di dalam laut serta di pesisir pantai. Konsep visual serta penggambaran setiap karakternya begitu menarik.
Efek visual yang ditampilkan sangat mempesona, terutama ketika hewan laut dan putri duyung berenang di angkasa. Efek sinar yang bersih serta dominasi warna biru laut pada beberapa adegan, mampu menggambarkan kehidupan dua dunia berbeda, antara manusia dan dunia bawah laut yang penuh fantasi.
3. Descendants of the Sun
Video
Menghabiskan dana produksi lebih dari 13 miliar won (setara dengan Rp 168 miliar), drama ini akan memanjakan mata penonton dengan penggambaran suasana perang yang realistis, serta efek memukau. Penggunaan gradasi warna yang lembut serta netral seperti krem, hijau, coklat, dan abu-abu di sepanjang drama juga tidak membuat mata lelah. Tidak hanya itu, pemakaian Yunani sebagai lokasi syuting juga menambah kesan mendalam dalam kisah drama ini.
ADVERTISEMENT
Dibintangi oleh aktor Song Joong Ki dan aktris Song Hye Kyo, 'Descendants of the Sun' ini menjadi salah satu drama yang sangat fenomenal. ' Descendants of the Sun' bercerita mengenai kehidupan seorang dokter dan tentara yang bertugas di Uruk.
4. Scarlet Heart: Goryeo
Video
Untuk drama Korea dengan format saeguk, 'Scarlet Heart: Goryeo' dinilai mampu menyajikan gambar yang berkualitas. Drama ini berhasil menggambarkan pemandangan yang menakjubkan, tatanan masyarakat yang berbeda, serta kostum dan kehidupan di kerajaan Korea.
Tayang pada 2016 lalu, drama ini menampilkan akting yang apik dari aktor Lee Joon Gi, Kang Ha Neul, Hong Jong Hyun, dan IU. Drama ini mengisahkan pertualangan seorang gadis berusia 20 tahun di era modern yang berteleportasi ke zaman saeguk.
ADVERTISEMENT
Pihak produksi drama mampu memperlihatkan efek musim dingin yang terasa nyata. Padahal saat melakukan syuting, drama ini dibuat pada musim semi.
5. W
Video
Drama yang dibintangi oleh aktor Lee Jong Suk dan aktris Han Hyo Joo ini dapat disebut sebagai salah satu drama fantasi terbaik. Dengan menggunakan efek CGI, pihak produksi mampu menampilkan adegan-adegan yang sekilas tak masuk akal namun terkesan realistis.
Misalnya saja adegan Kang Chul (Lee Jong Suk) dapat keluar dari dunia manga ke dunia nyata. Adegan ini ditampilkan dengan apik dan halus dengan bantuan efek CGI.
Menggabungkan antara kehidupan manusia dan tokoh komik, pihak produksi mampu menampilkan setiap adegan dengan cara yang sangat luar biasa. Hal ini membuat para penggemar tak bosan untuk mengikuti setiap scene yang ditampilkan dalam jalan cerita drama Korea ini.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan