Entertainment
·
24 Januari 2019 14:29

5 Pesona Mamamoo, Salah Satu Girlband K-Pop dengan Vokal Terbaik

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Pesona Mamamoo, Salah Satu Girlband K-Pop dengan Vokal Terbaik (15635)
Mamamoo (Foto: Facebook @RBW.MAMAMOO)
Girlband yang beranggotakan Solar, Moonbyul, Wheein, dan Hwasa, Mamamoo, dikenal dengan kemampuan vokal yang mumpuni. Suara yang powerfull serta penampilan yang apa adanya saat tampil diacara variety show, merupkan pesona utama grup pelantun 'Egotistic' ini.
ADVERTISEMENT
Grup yang akan menggelar fan meeting pertamanya di Indonesia pada 23 Februari mendatang ini, punya pesona yang dijamin bikin kamu jatuh hati.
Yuk, simak lima fakta Mamamoo yang pasti akan membuat kamu berdecak kagum.
1. Sering berkolaborasi dengan artis senior
Video
Di bawah naungan RBW, Mamamoo merilis 'Mr. Ambiguous' sebagai single debut pada Juni 2014. Mengusung konsep retro, jazz, R&B serta kemampuan vokal yang kuat, Mamamoo berhasil mencuri perhatian para penikmat musik K-Pop saat itu. Namun sebelum resmi memulai debutnya, Mamamoo ternyata sering berkolaborasi dengan penyanyi senior di industri musik Korea.
Grup yang dipimpin Solar ini pertama kali berkolaborasi dengan penyanyi Bumkey lewat lagu 'Don't Be Happy' pada Januari 2014. Kemudian terlibat proyek kolaborasi dengan K.Will dan Wheesung, sebulan kemudian.
ADVERTISEMENT
Mereka juga sempat berkolaborasi dengan duo rap Geeks lewat lagu 'HeeHeeHaHeHo'. Dan saat debut, para penyanyi tersebut juga ikut serta menjadi model dalam video klip 'Mr. Ambiguous' milik Mamamoo.
2. Hwasa dan Wheein teman sekampung
Video
Kedua vokalis Mamamoo ini ternyata teman masa kecil, dan berasal dari kampung yang sama yaitu di Jeonju, Jeollabuk-do, Korea Selatan. Sejak masih kecil keduanya telah bermimpi menjadi penyanyi. Keduanya bahkan pernah tampil sebagai duet di festival sekolah saat masih SMP.
"Whein dan aku memiliki kenyakinan dalam diri sendiri. Aku mengetahui saat itu (ketika mengikuti audisi) kami berpikir "Aku pasti berhasil". Kami pun bertekad pergi ke Seoul dan menjadi penyanyi. Sebenarnya tidak ada jaminan semua orang akan menjadi penyanyi hanya karena pindah ke Seoul. Senangnya CEO di agensi kami mengizinkan aku dan Wheein untuk debut bersama," cerita Hwasa seperti dikutip Soompi.
ADVERTISEMENT
3. Terlibat dalam proses pembuatan album
Video
Anggota Mamamoo juga ternyata bisa menciptakan sekaligus memproduksi lagu sendiri. Solar dan Moonbyul merupakan penulis lirik utama dalam timnya. Sehingga tak mengherankan, jika lagu-lagu Mamamoo sering bercerita mengenai perspektif perempuan dalam menilai sebuah permasalahan.
Solar, Moonbyul, Wheein, dan Hwasa membuktikan bahwa mereka dapat bersaing dengan grup K-Pop lainnya dengan karya yang mereka hasilkan sendiri. Alih-alih terjebak dalam konsep serta genre yang sama, Mamamoo justru berani menghadirkan sesuatu yang berbeda pada setiap comeback.
4. Punya image beagle
Video
Mamamoo dikenal dengan image beagle (sebutan untuk idola yang tak bisa diam) dalam diri mereka. Kepribadian mereka yang ceria, heboh, suka bermain-main, menjadi salah satu hal yang disukai fans dari Mamamoo. Namun, image ini teryata membuat para anggotanya merasa sedikit terbebani.
ADVERTISEMENT
"Kami sebenarnya gugup dan merasa tertekan untuk membuat lelucon yang dapat membuat orang tertawa. Orang-orang melihat Mamamoo dengan image santai dan tulus, namun terkadang hal tersebut membuat kami kehilangan jati diri yang asli."
"Tetapi kami juga senang banyak orang melihat Mamamoo dengan citra yang cerah dan positif. Di masa depan, kami ingin menekankan sisi musikalitas daripada citra ceria. Kami akan menunjukkan perubahan alami," ujar Mamamoo seperti dikutip Soompi.
5. Aksi panggung yang memukau
Video
Grup pelantun 'Yes I am' ini selalu berhasil menyajikan aksi panggung yang keren di setiap penampilannya. Mamamoo tak selalu tampil hanya mengikuti koreografi lagu yang mereka bawakan. Keempat anggotanya selalu melakukan improvisasi yang memukau saat tampil di atas panggung.
ADVERTISEMENT
Salah satu aksi panggung terbaik Mamamoo adalah di panggung ajang penghargaan Mnet Asian Music Award (MAMA) 2018. Penampilan mereka dibuka dengan aksi solo keempat anggotanya, yang tampil dengan gaya masing-masikng. Bahkan, Solar mampu membius penonton saat ia menghadirkan aksi pole dance di atas panggung.