Big Hit Umumkan BTS Siap Wamil, Jin Dapat Giliran Pertama

17 Oktober 2022 15:35 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Jin BTS. Foto: Facebook/Big Hit Entertainment
zoom-in-whitePerbesar
Jin BTS. Foto: Facebook/Big Hit Entertainment
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
BIG HIT Music, agensi yang menaungi idol grup K-pop BTS mengumumkan bahwa ketujuh member BTS akan menjalankan wajib militer atau wamil.
ADVERTISEMENT
Wamil sendiri merupakan kewajiban bagi semua pria di Korea Selatan yang berbadan sehat yang memiliki usia 18 hingga 28 tahun. Durasi dari wamil ini dilakukan selama kurang lebih dua tahun.
"Setelah konser fenomenal untuk mendukung upaya Busan untuk World Expo 2030, dan saat setiap individu memulai upaya solo, ini adalah waktu yang tepat dan para anggota BTS merasa terhormat untuk melayani," tulis pihak agensi dalam laman aplikasi Weverse, Senin (17/10).
Menurut pihak agensi, member BTS yang pertama akan melaksanakan wamil adalah Jin yang kemudian akan diikuti member lainnya. Jin sendiri saat ini sudah menginjak usai ke 29 tahun atau 30 tahun versi Korea.
BIG HIT mengatakan bahwa Jin BTS akan menjalankan wajib militernya usai merilis karya solonya. Pemilik nama Kim Seok Jin akan menjadi member kedua yang melakukan debut solo setelah J-Hope.
ADVERTISEMENT
"Anggota grup Jin akan memulai prosesnya segera setelah jadwal perilisan solonya selesai pada akhir Oktober. Dia kemudian akan mengikuti prosedur pendaftaran pemerintah Korea. Anggota kelompok lainnya berencana untuk melaksanakan dinas militer mereka berdasarkan rencana masing-masing," jelas pihak agensi.
Masih dalam pernyataan tersebut, BIG HIT mengatakan bahwa ketujuh member BTS akan kembali beraktivitas sebagai grup pada 2025 mendatang.
Sebelumnya, salah satu anggota parlemen Korea Selatan, Kim Young Bae, mengusulkan adanya revisi Undang-Undang Wajib Militer (wamil) bagi para idol K-Pop yang telah berkontribusi terhadap perekonomian negara. Revisi ini bertujuan menggantikan kegiatan wamil dengan dinas militer alternatif.
Usulan ini diajukan setelah adanya pro-kontra terkait aturan mengenai wamil bagi boy grup di bawah asuhan BIG HIT Music, BTS. Sebelumnya Kementerian Pertahanan Nasional Korea Selatan telah memutuskan bahwa seluruh anggota BTS akan tetap melaksanakan wamil tanpa adanya pengecualian khusus.
ADVERTISEMENT
Menurut Kim Youg Bae, jika RUU ini disahkan maka para member BTS bisa mengganti wamil mereka dengan layanan alternatif. Terlebih grup yang digawangi RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook ini sudah berkontribusi terhadap ekonomi negara.