Blackpink Jadi Satu-satunya Grup K-pop yang Masuk Nominasi BRIT Awards 2023

13 Januari 2023 12:40 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Blackpink di karpet merah MTV VMA 2022 di Prudential Center, New Jersey, Amerika Serikat, pada Minggu (28/08/2022).  Foto: Dimitrios Kambouris/Getty Images
zoom-in-whitePerbesar
Blackpink di karpet merah MTV VMA 2022 di Prudential Center, New Jersey, Amerika Serikat, pada Minggu (28/08/2022). Foto: Dimitrios Kambouris/Getty Images
ADVERTISEMENT
Girl grup k-pop Blackpink menjadi satu-satunya musisi Korea Selatan yang masuk nominasi di ajang penghargaan musik Brit Awards 2023. Jennie, Jisoo, Rose, dan Lisa masuk nominasi untuk kategori International Group of the Year.
ADVERTISEMENT
Dalam kategori tersebut Blackpink melawan sederet musisi populer lainnya, seperti Drake & 21 Savage, First Aid Kit, Fontaines D.C, dan Gabriels. Tahun lalu, kategori Group of the Year dimenangkan oleh Silk Sonic.
Tahun ini Brit Award atau British Phonographic Industry's akan digelar pada 11 Februari 2023 di 02 Arena London, Inggris. Ini merupakan ajang penghargaan musik tahunan di Inggris.
Di tahun 2019, pelantun lagu DDU-DU DDU-DU itu mendapatkan sertifikasi perak atau silver certification dari komunitas rekaman Inggris, British Phonographic Industry (BPI).
Girlband yang debut pada 2016 itu mendapatkan sertifikasi perak berkat lagu kolaborasi dengan penyanyi Inggris, Dua Lipa, yang bertajuk 'Kiss and Make Up'. Sertifikasi tersebut langsung diumumkan oleh 'BRIT Awards', pada Jumat (20/9).
ADVERTISEMENT
Pencapaian ini menjadikan Blackpink sebagai grup K-Pop pertama yang meraih sertifikasi BRIT untuk sebuah lagu. Sementara itu, boyband BTS pernah mendapatkan sertifikasi perak BRIT untuk album 'Love Yourself: Answer' dan 'Map of the Soul: Persona'.
Dilansir Soompi, seorang musisi bisa mendapatkan sertifikasi perak 'BRIT Awards' setelah lagunya terjual sebanyak 200 ribu unit. Sementara untuk album, disertifikasi perak ketika terjual 60 ribu unit.