Entertainment
·
9 Oktober 2018 11:26

BTS Jadi Penerima Order of Cultural Merit Termuda di Korea

Konten ini diproduksi oleh kumparan
BTS Jadi Penerima Order of Cultural Merit Termuda di Korea (83150)
Foto konsep 'Love Yourself: Answer' milik BTS. (Foto: Big Hit Entertainment)
Satu lagi pencapaian membanggakan bagi grup idola K-Pop BTS. Pemerintah Korea Selatan telah menganugerahkan Order of Cultural Merit (penghargaan di bidang kebudayaan) kepada BTS atas kontribusi mereka dalam menyebarkan budaya populer Korea.
ADVERTISEMENT
Hal ini diputuskan melalui rapat kabinet yang diadakan pada Senin (8/10). Juru bicara Cheongwadae (istana Presiden Korea), Kim Ui Gyeom, mengatakan bahwa ketujuh anggota BTS dianugerahkan penghargaan bernama Hwagwan Order of Cultural Merit. Pemberian anugerah ini atas prestasi BTS yang dianggap telah berkontribusi dalam menyebarkan hallyu, juga mengembangkan seni dan kebudayaan populer ke luar Korea Selatan.
Sementara, Perdana Menteri Korea Selatan, Lee Nak Yeon, mengatakan bahwa BTS juga telah membantu menyebarkan Bahasa Korea ke penjuru dunia.
"Dengan banyaknya anak muda di negeri asing yang bersama-sama menyanyikan lagu dalam bahasa kita, mereka tidak hanya menyebarkan hallyu, tetapi juga berkontribusi dalam menyebarkan Bahasa Korea," sebut Lee Nak Yeon, seperti dikutip Soompi.
BTS pun penerima termuda yang mendapatkan penghargaan tersebut. Sebelumnya, beberapa selebriti veteran telah dianugerahi penghargaan serupa, seperti aktor Bae Yong Joon di tahun 2008 dan mendiang komedian Baek Nam Bong pada 2010. Aktor veteran Lee Son Jae juga akan mendapatkan Order of Cultural Merit bersama BTS tahun ini.
ADVERTISEMENT
Order of Cultural Merit adalah penghargaan yang diberikan oleh pemerintah Korea kepada pihak-pihak yang dianggap telah memberikan pelayanan luar biasa di bidang kebudayaan dan seni. Mereka juga dianggap begitu berjasa dalam mempromosikan kebudayaan Korea.
Ada lima level dalam penghargaan ini, dimulai dari yang terendah, yaitu Hwagwan, dilanjutkan dengan Okgwan, Bogwan, Eungwan, dan yang tertinggi, Geumgwan. Tahun ini, penghargaan tersebut akan diberikan di acara 2018 Korean Popular Culture & Arts Awards yang diselenggarakan pada 31 Oktober 2018.
Sementara itu, belum lama ini, BTS baru saja menyelesaikan konser mereka di Stadion Citi Field, Amerika Serikat. Dalam konser ini, mereka menghibur lebih dari 40.000 penonton yang menghadiri rangkian terakhir konser 'Love Yourself' di Amerika Utara tersebut.
ADVERTISEMENT
Selamat kepada BTS!