kumparan
22 Desember 2018 10:05

Demam Hallyu Wave Melanda: Annyeong Haseyo Indonesia

Hallyu Wave Serbu Indonesia
Hallyu Wave Serbu Indonesia. (Foto: Putri Sarah Arifira/kumparan)
"Oppa saranghae!"
Anda mungkin pernah mendengar kalimat tersebut terucap, baik oleh mereka yang memang penggemar selebriti Korea, atau sekadar bumbu dalam percakapan atau lelucon yang dilontarkan sehari-hari.
ADVERTISEMENT
Kalimat dari Bahasa Korea yang berarti 'Abang aku cinta padamu' itu, rasanya sudah tak asing lagi terdengar bagi sebagian masyarakat Indonesia. Tanpa disadari, gelombang budaya Korea, atau disebut juga dengan istilah Hallyu Wave, menjalar ke berbagai kalangan. Tak hanya para fans K-Pop atau fans drama Korea, demam hallyu wave juga menyentuh masyarakat umum, lewat hal-hal kecil.
Misalnya gestur heart sign dengan dua jari, penggunaan satu atau dua patah kata dari Bahasa Korea, hingga tahu siapa itu Super Junior dan SNSD.
Di sepanjang tahun 2018, belasan konser dan fan meeting artis Korea digelar di Ibu Kota. Mendatangkan ribuan penggemarnya memadati arena, demi melihat dan bertemu secara langsung idola yang selama ini mereka kagumi.
ADVERTISEMENT
Kemunculan hallyu wave ini tidak terjadi dalam sekejap mata. Butuh bertahun-tahun bagi Korea Selatan untuk menggerakkan gelombang budaya Korea ini, hingga ke berbagai penjuru dunia.
Budayawan sekaligus Kepala Program Pendidikan Bahasa dan Budaya Korea, Universitas Indonesia, Zaini, mengatakan, pada 1993 saat Korea mendapat presiden baru, Kim Young Sam, proyek globalisasi yang disebut Segyehwa dimulai.
Lewat proyek ini, masyarakat Korea Selatan tidak hanya disiapkan untuk menerima budaya dari luar, tetapi juga bisa menyebarkan budaya Korea Selatan ke belahan dunia.
Masyarakat Korea akhirnya dituntut untuk aktif dan kreatif menampilkan beragam karya yang mampu bersaing di pasar internasional. Hasilnya, hallyu wave kini menyebar ke berbagai negara, lewat musik, drama, dan industri Korea lainnya, termasuk pariwisata dan bisnis.
ADVERTISEMENT
Lalu seperti apa dan sejak kapan perkembangan hallyu wave merebak di Indonesia?
Video
Simak ulasan lengkapnya dalam konten spesial kumparan dengan follow topik Hallyu Wave Serbu Indonesia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan