Entertainment
·
19 Desember 2019 16:13

Do's and Don'ts Saat Nonton Konser K-Pop

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Do's and Don'ts Saat Nonton Konser K-Pop (186445)
Ilustrasi penggemar musik K-Pop. Foto: Unsplash/Pixabay
Indonesia menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang cukup sering didatangi idola K-Pop. Fan meeting, konser solo, atau festival musik, digelar untuk memuaskan penggemar dari para idola K-Pop.
ADVERTISEMENT
Namun, tentu enggak semua fans punya kesempatan yang sama, dan bisa menyaksikan konser dari idola kesayangannya. Ada juga yang baru pertama kali nonton, setelah ratusan purnama minta izin orang tua, atau akhirnya sukses mengumpulkan uang untuk beli tiket sendiri.
Do's and Don'ts Saat Nonton Konser K-Pop (186446)
Fans boyband K-Pop Highlight. Foto: Masajeng Rahmiasri/kumparan
Nah, buat kamu yang baru pertama kali nonton konser K-Pop, ada baiknya buat nyimak do's and dont's sebelum nonton konser, biar pengalaman menonton kamu makin nyaman.
Apalagi buat para Inner Circle yang akan menyaksikan konser Winner akhir pekan ini, simak baik-baik, ya, tips menonton konser dengan nyaman.
Don'ts
Do's and Don'ts Saat Nonton Konser K-Pop (186447)
Fans mengantre di konser grup K-Pop Winner, Jakarta, Sabtu (17/11). Foto: Elmalisa Bancin/kumparan
1. Nginep di venue konser
Beberapa konser di Indonesia sering tidak memberikan nomor antrean, alias queue number (QN) kepada pembeli. Akibatnya, banyak fans yang nekat menginap di sekitar venue, agar bisa mendapat barisan depan.
ADVERTISEMENT
Tapi, sebagai saran, kamu enggak perlu ikut-ikutan menginap sehari sebelum tanggal gelaran konser. Tubuh kamu juga perlu istirahat, karena besoknya juga akan antre seharian.
Jangan sampai di hari konser kamu malah sakit, atau pingsan karena kelelahan. Wah, bisa-bisa kamu enggak dapet izin nonton lagi, dari orang tua.
2. Pake heels atau sandal jepit
Heels are a big no. Kamu akan jalan dan berdiri seharian di venue konser, jadi enggak gaya-gayaan biar terlihat lebih tinggi dengan pakai heels. Kamu justru bisa terkilir atau lecet-lecet karena heels yang kamu kenakan.
Sendal jepit juga kurang nyaman digunakan seharian. Apalagi, di tengah kerumunan fans. Kaki kamu bisa terinjak oleh penonton lain.
3. Bawa tas terlalu besar
ADVERTISEMENT
Bawa peralatan seperlunya saat konser. Enggak perlu memaksakan diri membawa merchandise kesayangan kamu untuk dipamerkan saat konser. Rata-rata, peraturan konser saat ini hanya memperbolehkan membawa tas ukuran A4, atau totebag 30 cm.
4. Tongsis
Pengalaman menonton konser sering banget terganggu dengan kehadiran tongsis yang menghalangi pandangan. Jangan sampai kamu jadi penonton yang disebelin satu venue gara-gara bawa tongsis dan menggangu fans lain, ya.
5. Pakai pernak-pernik yang menghalangi pandangan penonton lain
Enggak ada salahnya menggunakan pernak-pernik idola kesayangan kamu saat konser, tapi hindari barang-barang yang sekiranya menggangu orang lain. Misalnya, bando atau kipas tangan yang terlalu besar.
Do's
Do's and Don'ts Saat Nonton Konser K-Pop (186448)
Fans GOT7 siap menyaksikan konser 'Eyes On You'. Foto: Anissa Maulida/kumparan
1. Kenakan pakaian dan sepatu yang nyaman
Pastikan kamu mengenakan pakaian yang nyaman saat nonton konser. Selain menyerap keringat, juga cukup melindungi kamu dari panas matahari. Enggak perlu tampil berlebihan, yang penting nyaman, ya, gaes.
ADVERTISEMENT
Alas kaki juga perlu jadi perhatian. Sneaker bisa jadi pilihan paling nyaman yang bisa kamu pakai.
2. Makan dan minum yang cukup
Excited buat nonton idola kesayangan kadang bikin kita lupa makan dan minum yang cukup. Alhasil, jadi dehidrasi atau lemas setelah konser.
Jadi, ada baiknya kalau kamu sarapan, lalu makan siang sebelum menuju tempat konser.
3. Bawa jas hujan atau topi
Beberapa konser digelar saat musim hujan. Ada baiknya jaga-jaga dengan membawa jas hujan. Enggak perlu yang terlalu tebal, yang penting cukup untuk melindungi kamu dari air hujan.
Sebenarnya, kamu bisa bawa payung, tapi seringkali payung dilarang masuk ke dalam venue, sekalipun itu payung lipat. Dari pada payung kesayangan kamu raib, lebih baik bawa topi atau jas hujan sekali pakai.
ADVERTISEMENT
4. Menonton dengan tertib
Dorong-dorongan jadi salah satu 'kebiasaan' fans dalam konser. Kalau kamu melihat kondisi seperti itu, lebih baik mundur dan menonton dari jarak yang lebih aman.
5. Pakai deodoran
Ini, nih, penting banget, chingudeul. Jangan sampai bau ketiak kamu bikin orang lain terganggu.