kumparan
search-gray
Entertainment17 Juni 2018 13:58

Enam Grup Idola JYP yang Namanya Berbau Angka

Konten Redaksi kumparan
Idola JYP Entertainment
Idola JYP Entertainment (Foto: Berbagai sumber)
Setiap agensi K-Pop punya ciri khas dan keunikan masing-masing. Termasuk agensi JYP Entertainment yang didirikan oleh musisi Korea Selatan Park Jin-young.
ADVERTISEMENT
Salah satu keunikan dari para artis JYP Entertainment, adalah adanya angka pada nama grup baik boyband, girlband, grup band bahkan duo yang didebutkan. Tak jelas alasan JYP menyisipkan angka pada nama grup yang ia bentuk. Namun tentu saja, pemberian angka ini kemudian menjadi ciri khas dari artis JYP Entertainment.
Siapa saja mereka?
1. 2PM
Video
Grup yang debut pada 2008 ini dibentuk lewat survival show 'Hot Blood'. Saat itu JYP membentuk grup yang terdiri dari 11 orang dan diberi nama One Day. Namun Park Jin-young kemudian memecah anggota kedua grup dan mendirikan 2PM yang saat itu beranggotakan, Jay Park (mantan leader), Junsu, Nichkhun, Taecyeon, Wooyoung, Junho dan Chansung.
Mereka debut lewat lagu yang juga disisipkan angka, '0점 만점에 10점' atau dalam Bahasa Inggris bermakna '10 Points Out of 10 Points'.
ADVERTISEMENT
2. 2AM
Video
Jika 2PM punya gaya beast idol (idola dengan badan berotot dan fit), 2AM adalah kebalikannya. Sama-sama terbentuk dari grup One Day, 2AM saat itu debut dengan beranggotakan Jo Kwon, Lee Chang-min, Lim Seulong, dan Jeong Jin-woon. Konsep dari grup ini juga sangat berbeda dengan 2PM.
2AM dibentuk sebagai grup vokal dan debut pada 2008 dengan lagu 'This Song'. Sebelumnya, Jin-woon sendiri sudah tereliminasi dari 'Hot Blood'. Namun JYP memberinya kesempatan setelah salah satu anggota 2AM saat itu, Daehun mengundurkan diri dari JYP Entertainment.
3. GOT7
Video
Sejak membentuk 2PM dan 2AM, JYP Entertainment lama yang mendebutkan grup idola K-Pop. Namun pada 2014, JYP membawa angin segar dengan mengumumkan GOT7 sebagai proyek grup terbarunya.
ADVERTISEMENT
Grup yang kemudian debut lewat mini album bertajuk 'Got It?' ini beranggotakan Mark, JB, Jackson, Young-jae, BamBam dan Yugyeom. Karena beberapa anggotanya berasal dari luar Korea, grup ini dikenal dengan sebutan grup multinasional.
4. Day6
Video
Siapa bilang JYP hanya mengorbitkan boyband dan girlband? Kali ini, JYP bereksperimen dengan merilis grup band yang diberi nama Day6.
Awalnya, JYP mengumumkan akan merilis grup band bernama 5Live dengan Sungjin, Jae, Young K, Junhyeok dan Wonpil sebagai anggotanya. Pada 2014, kelimanya sudah mulai diperkenalkan lewat tayangan survival show Mnet 'Who is Next'. Namun pada 2015, JYP menambahkan Dowoon sebagai drummer dan mengganti nama grup mereka menjadi Day6.
Sayangnya formasi enam orang ini, kini hanya berisi lima anggota, setelah Junhyeok mengumumkan hengkang karena alasan personal.
ADVERTISEMENT
5. 15&
Video
Tak hanya membentuk grup band, JYP juga menjajal pasar musik Korea dengan mengorbitkan grup duo bernama 15&. Grup ini dibentuk pada 2012 dengan beranggotakan Park Ji-min dan Baek Ye-rin. Nama 15& diambil dari usia kedua anggotanya yang saat debut masih berusia 15 tahun.
Dengan kemampuan vokal yang powerful dari keduanya, 15& dengan mudah menarik perhatian pecinta musik Korea. Sayangnya, setelah merilis sebuah single bertajuk 'Love is Madness' pada 2015, hingga saat ini 15& belum kembali merilis karya terbaru mereka.
6. Twice
Video
Lewat survival show 'Sixteen' JYP membentuk girlband baru bernama Twice. Sama seperti GOT7, Twice juga disebut sebagai grup multinasional karena anggotanya datang tak hanya dari Korea Selatan.
ADVERTISEMENT
Grup beranggotakan Nayeon, Jeongyeon, Momo, Sana, Jihyo, Mina, Dahyun, Chaeyoung, dan Tzuyu ini disebut sebagai rookie monster karena lagu debut mereka bertajuk 'Like Ooh-Aah' yang meledak di pasaran.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white