kumparan
7 November 2019 19:20

Fans Berikan Dukungan untuk X1 dan IZ*ONE

Boyband X1
Boyband X1 Foto: Instagram/@x1official101
Kasus dugaan manipulasi voting survival show 'Produce X 101' perlahan mulai terungkap. Sang produser Ahn Joon Young diamankan pihak berwajib, dan mengaku telah melakukan manipulasi voting pada 2 serial acara, 'Produce 48' dan 'Produce X 101'.
ADVERTISEMENT
Kabar ini pun berimbas kepada dua grup jebolan ajang tersebut, IZ*ONE dan X1. Agensi Off the Record Entertainment, yang menaungi IZ*ONE mengumumkan bahwa grup pelantun 'Violetta' itu batal menggelar comeback showcase pada 11 November mendatang.
IZ*ONE
IZ*ONE Foto: Facebook/@official.izone
Meski tidak dijelaskan alasan pembatalan, namun media Korea berspekulasi hal tersebut ada kaitannya dengan kasus manipulasi voting. Tidak sampai di situ, Mnet kemudian mengumumkan bahwa Off the Record Entertainment menunda perilisan album baru IZ*ONE.
Tidak hanya itu, beberapa program televisi yang mengundang girlband IZ*ONE sebagai bintang tamu, juga tengah mendiskusikan apakah episode dengan anggota IZ*ONE bakal tayang atau tidak.
Sementara itu, sampai saat ini jadwal kegiatan boyband X1 tidak mengalami perubahan. Bahkan, boyband pelantun 'Move' ini masih dijadwalkan tampil dalam ajang penghargaan 'V Live V HEARTBEAT 2019' pada 16 November mendatang.
cover izone x1.jpg
IZ*ONE dan X1 Foto: Facebook/@official.izone @x1official101
Kendati demikian, seperti dikutip dari Soompi, kabar eksklusif dari Ilgan Sport melaporkan, hingga saat X1 belum menandatangani kontrak dengan CJ ENM. Hal ini dikarenakan agensi member X1 dan CJ ENM masih mendiskusikan proses kontrak.
ADVERTISEMENT
Salah satu informasi narasumber yang dikutip oleh Ilgan Sport mengungkapkan, ketika investigasi dugaan manipulasi voting bergulir, ada kontrak iklan X1 yang dalam proses diskusi dibatalkan. Selain itu, tidaklah mudah bagi grup tersebut untuk tampil di stasiun televisi.
"Itulah sebabnya beberapa agensi anggota X1 menyatakan bahwa mereka ingin menandatangani kontrak mereka (dengan CJ ENM), setelah melihat bagaimana hasil investigasi," ujar narasumber.
"Dalam kasus IZ*ONE, semua anggota menandatangani kontrak mereka enam bulan setelah debut mereka. Jadi, CJ ENM tidak keberatan X1 mulai mempromosikan tanpa menandatangani kontrak," lanjutnya.
Boyband X1
Boyband X1 Foto: Instagram/@x1official101
Sementara itu, insider lainnya menyebutkan, kalau anggota dan agensi mulai memikirkan masa depan, tidak hanya sekadar kontrak lima tahun X1. Mereka berpikir apakah tepat untuk melanjutkan promosi dengan grup. Mengingat anggota X1 juga mendapatkan komentar buruk dan menyakitkan.
ADVERTISEMENT
Situasi yang tidak menguntungkan bagi X1 dan IZ*ONE ini kemudian menggerakkan fans untuk memberikan dukungan morel. Lewat Twitter, mereka menggunakan tagar 'StandUpForX1' dan 'WIZONELOVEIZONE' sebagai bentuk dukungan.
Tagar 'StandUpForX1' dan 'WIZONELOVEIZONE' pun masuk trending topic worldwide di Twitter. Membuktikan kuatnya dukungan para fans untuk X1 dan IZ*ONE yang sedang dirundung masalah.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan