kumparan
4 Juli 2019 10:37

Fans Kecewa Lagu iKON Dihapus dari Profil B.I di Situs Streaming Musik

B.I Foto: Wikimedia Commons
Setelah kasus pembelian narkoba yang menyeret nama B.I mencuat, pemilik nama asli Kim Hanbin itu memutuskan untuk keluar dari grupnya, iKON. Pihak agensi, YG Entertainment, juga mengonfirmasi bahwa artisnya secara resmi telah keluar dari grup dan agensi pada 12 Juni.
ADVERTISEMENT
Fans tentu kecewa terhadap kepergian B.I. Mereka pun kembali dibuat kecewa dengan dihapusnya lagu-lagu iKON dari profil B.I di beberapa situs streaming musik Korea Selatan sejak Kamis dini hari (4/7).
Hal tersebut membuat para penggemar bertanya-tanya, kenapa lagu-lagu iKON harus dihapus dari profil B.I. Padahal, dia adalah produser untuk seluruh album iKON.
Beberapa penggemar kemudian mencoba menghubungi pihak YG Entertainment, selaku agensi yang menaungi iKON. Mereka meminta penjelasan mengapa seluruh lagu iKON dihapus dari profil B.I.
Kini, hanya ada empat album di profil streaming musik B.I, yakni album-album sebelum dirinya debut dengan iKON. Keempt album tersebut adalah 'Show Me the Money3 Part 1', 'Final Battle WIN: Who Is Next', 'Team B', dan 'Humanimal'.
ADVERTISEMENT
Fans juga menemukan fakta bahwa lagu penyanyi lain yang telah keluar dari YG Entertainment seperti PSY, Park Bom, Epik High, dan Seungri, tidak dihapus dari profil streaming musik milik mereka.
Sebelumnya, pihak YG Entertainment juga tidak mencantumkan nama B.I sebagai pencipta dalam lagu milik Eun Jiwon yang bertajuk 'Worthless'. Sebagai aksi protes, fans lalu membuat tagar 'CreditHanbin' hingga menjadi trending topic dunia di Twitter pada 27 Juni lalu.
YG Entertainment kemudian memberikan penjelasan, bahwa hal tersebut dilakukan karena permintaan pribadi B.I.
"Nama B.I tidak dicantumkan dalam lagu karena permintaan pribadinya, tapi dia akan didaftarkan ke Korean Music Copyright Association (KOMCA) sebagai penulis 'Worthless'," ujar pihak YG seperti dikutip Soompi.
ADVERTISEMENT
Hingga sekarang, YG Entertainment belum memberikan penjelasan mengapa lagu iKON hilang dari profil B.I di situs streaming musik Korea Selatan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan