kumparan
7 Februari 2019 18:20

Fans Sebut Konsep TREASURE 13 Mirip dengan NCT

TREASURE 13 dan NCT
TREASURE 13 dan NCT Foto: Instagram @yg.treasurebox @nct
YG Entertainment, agensi yang menaungi BIGBANG baru saja mengumumkan konsep dan nama untuk boyband barunya, yang akan debut sekitar bulan Mei atau Juni tahun ini. Berbeda dari konsep boyband mereka sebelumnya, kali ini YG langsung mendebutkan dua boyband dalam satu grup yang bernama TREASURE 13.
ADVERTISEMENT
Anggota TREASURE 13 adalah para pemenang dari survival show 'YG Treasure BOX' yang telah berakhir pertengahan Januari lalu. 13 anggota yang terpilih akan dibagi jadi dua grup sub-unit, yakni TREASURE dengan tujuh anggota dan MAGNUM dengan enam orang anggota.
Atas keputusan tersebut, banyak fans yang berkomentar, konsep grup TREASURE 13, mirip dengan konsep boyband asal SM Entertainment, NCT.
NCT sendiri singkatan dari Neo Culture Technology. Menurut CEO SM Entertainment, Lee Soo Man, nama tersebut mendeskripsikan konsep grup yang memiliki jumlah anggota tak terhingga, dan terbagi ke dalam beberapa sub-unit yang berbasis di berbagai kota di dunia.
Grup yang dikepalai Taeyeong ini memiliki 21 anggota yang terdiri dari warga negara Korea Selatan, China, Thailand, Amerika Serikat, Kanada dan Jepang. Sementara TREASURE 13 beranggotakan warga negara Korea Selatan dan Jepang.
ADVERTISEMENT
Hingga saat ini NCT yang debut pada 2016 telah memiliki empat sub-unit, yakni NCT U, NCT 127, NCT Dream, dan WayV. Keempat sub-unit itu memiliki konsep yang berbeda-beda, dan uniknya tiap anggota bisa masuk ke lebih dari satu sub-unit. Anggota NCT juga dapat melakukan proyek sebagai satu grup.
TREASURE 13 disebut punya dua sub-unit utama, TREASURE dan MAGNUM. Anggota kedua sub unit ini juga dapat bergabung menjadi satu grup di bawah TREASURE 13.
Melihat konsep yang hampir mirip ini, para penggemar berpikir YG mencoba untuk membuat konsep TREASURE 13 mirip dengan konsep NCT.
Menurut mereka hanya konsep debutnya saja yang berbeda. NCT mendebutkan terlebih dahulu sub-unitnya lalu debut bersama lewat NCT 2018. Sementara TREASURE 13 melakukan debut bersama terlebih dulu, lalu debut sub-unit dengan nama TREASURE dan MAGNUM.
ADVERTISEMENT
Namun dari beberapa penggemar pun bukan hanya membandingkan konsep TREASURE 13 dengan NCT, tetapi juga dengan grup seniornya, EXO, yang memang memiliki konsep sub-unit dengan anggota multi kewarganegaraan.
Meskipun banyak yang mempertanyakan kemiripan konsep TREASURE 13 dengan NCT maupun EXO. Beberapa dari penggemar ada yang setuju dengan konsep tersebut dan merasa semakin besar fandom maka akan semakin baik. Para penggemar juga berpikir, tidak ada salahnya mendebutkan boyband dengan jumlah anggota yang banyak, berkaca pada SEVENTEEN dan NCT yang memiliki anggota banyak dan memiliki karier yang cukup sukses.
Apakah menurutmu konsep TREASURE 13 bagus untuk dijalankan YG?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan