Entertainment
·
13 Februari 2019 17:57

K-Popedia: Talenta Mamamoo, Girlband K-Pop Bersuara Merdu

Konten ini diproduksi oleh kumparan
K-Popedia: Talenta Mamamoo, Girlband K-Pop Bersuara Merdu (9395)
Girlband K-Pop, Mamamoo. Foto: Wow Star Entertainment
Grup idola perempuan dengan segudang talenta, Mamamoo, sebentar lagi akan berkunjung ke Indonesia. Mereka akan menyapa para MooMoo (fans Mamamoo) lewat acara fan meeting bertajuk 'Hello MooMoo' di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, pada 23 Februari 2019.
ADVERTISEMENT
Sebelum menyaksikan acara yang diboyong oleh Wowstar Entertainment dan boart Entertainment ini, tak ada salahnya kalau kita membedah seluk-beluk mengenai Mamamoo. Siapakah Mamamoo dan seperti apakah perjalanan karier mereka? Yuk, simak dalam story berikut.
1. Grup bertalenta dengan 5 tahun pengalaman karier
Video
Mamamoo mengawali karier di Korea Selatan pada 2014, di bawah naungan agensi RBW.
Saat itu, mereka merilis mini album berjudul 'Hello' dan title track 'Mr. Ambiguous'. Karya ini diingat penggemar tidak hanya karena musiknya yang catchy, tapi juga karena kemampuan Mamamoo dalam menyampaikan lagu dengan baik.
Meski baru debut, Mamamoo bisa membawakan lagu dengan harmonisasi yang indah sekaligus powerful, dengan jenis suara yang tak terdengar mirip satu sama lain. Hal ini pun sukses menggaet para pencinta musik K-Pop yang kini menjadi fans loyal Mamamoo.
ADVERTISEMENT
Video
Selama setahun setelah debut, Mamamoo membangun karier mereka lewat berbagai jenis karya yang terus menunjukkan kemampuan vokal mereka. Ini membuat grup beranggotakan Moon Byul, Solar, Wheein, dan Hwasa ini meraih predikat 'monster rookie' di kalangan penggemar.
Lewat lagu-lagu seperti 'Piano Man', 'Ahh Oop!' dan 'Um Oh Ah Yeh', Mamamoo membuktikan konsistensi mereka sebagai girlband dengan kemampuan vokal yang mumpuni.
Video
Tak hanya soal suara, popularitas Mamamoo juga diraih lewat penampilan live dalam berbagai acara, termasuk dalam acara amusik 'Immortal Songs 2'. Cara bernyanyi indah secara live membuat publik semakin mengenal mereka dan mengakui kemampuan vokal grup ini.
Setelah menjalani debut yang sukses, Mamamoo terus menghasilkan karya yang menjadi ciri khas mereka, termasuk 'Decalcomanie', 'Starry Night', 'Wind Flower', hingga 'Egotistic'.
ADVERTISEMENT
2. Punya julukan 'Mid-deud Mammoo'
Video
Mamamoo punya julukan 'Mid-deud Mamamoo'. Kurang lebih, julukan itu berarti 'Mamamoo yang bisa dipercaya kemampuan vokalnya'.
Julukan ini diperoleh berkat konsistensi mereka membawakan lagu-lagu dengan merdu dan menarik. Hal ini diakui oleh berbagai kalangan dan berhasil menggenjot popularitas grup beranggotakan empat orang itu. Ini bahkan menjadikan mereka sebagai salah satu grup idola yang paling sering dipanggil untuk tampil di acara festival musik Korea Selatan.
Namun, uniknya, Mamamoo sendiri merasa bahwa julukan itu merupakan hal yang kompleks. Mereka merasa berterima kasih, namun juga terbebani dengan julukan itu.
K-Popedia: Talenta Mamamoo, Girlband K-Pop Bersuara Merdu (9396)
Girlband K-Pop, Mamamoo. Foto: Wow Star Entertainment
"Terkadang kami merasa apakah kami sudah melakukannya (pekerjaan kami) dengan baik? Kami juga berpikir harus melakukan yang terbaik, sebagaimana kami diberikan panggilan itu," tutur Moon Byul dalam sesi wawancara eksklusif bersama kumparanK-Pop di Bangkok, Thailand, baru-baru ini.
ADVERTISEMENT
"Bagi kami, meski panggilan itu membawa beban yang berat, kami ingin lebih banyak mendengarnya. Ini adalah hal yang sulit kami deskripsikan dengan kata-kata," imbuhnya.
3. Eksperimen musik
Video
Biasanya, grup idola K-Pop akan memiliki konsep yang ditetapkan kepada mereka sejak awal karier. Bagi girlband, umumnya mereka akan terbagi menjadi grup yang mengawali karier dengan konsep 'polos' dan imut (aegyo), atau dengan konsep girl crush.
Namun, Mamamoo tidak pernah terjebak hanya pada satu genre saja. Sejak awal karier, girlband ini telah memperlihatkan berbagai konsep, mulai dari pop, powerful, hingga seksi.
Terkait konsepnya ini, Mamamoo pernah mengatakan kalau mereka ingin menjadi grup idola yang bisa mencerna konsep dan genre apa pun. Itu pula yang menjadi acuan musik mereka di tahun 2019.
ADVERTISEMENT
"Kami akan melakukan seperti yang telah kami tunjukkan selama ini. Kami ingin mencoba menjadi grup yang selalu bisa membawakan berbagai genre lagu," tutur Wheein dalam wawancara bersama kumparanK-Pop.
4. Punya talenta yang bersinar secara rata
K-Popedia: Talenta Mamamoo, Girlband K-Pop Bersuara Merdu (9397)
Anggota Mamamoo, (dari kiri) Moonbyul, Solar, Wheein, Hwasa. Foto: Wow Star Entertainment
Secara grup, Mamamoo membentuk sebuah kelompok dengan harmonisasi yang merdu. Ada Hwasa, Wheein, dan Solar di bagian melodi, kemudian ada Moonbyul di bagian rap. Namun, secara individu pun, mereka memiliki talenta dan bersinar dengan caranya masing-masing.
Wheein, Hwasa, dan Solar sudah sering menunjukkan kemampuan menyanyi mereka lewat berbagai acara musik di Korea. Misalnya, lewat acara 'Masked Singer', 'Duet Song Festival', hingga 'Yoo Hee Yeol's Sketchbook'. Kemudian, Solar juga pernah mendongkrak popularitasnya dengan tampil dalam acara 'We Got Married', sementara Hwasa dalam acara 'I Live Alone'.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, Moonbyul juga menunjukkan talentanya dengan menampilkan panggung yang berkarisma sebagai seorang rapper. Ia juga termasuk rapper wanita yang sering menulis liriknya sendiri. Sejauh ini, ia sudah menulis lirik untuk dua lagu solonya, yaitu 'In my room' dan 'Love & Hate - Acoustic ver.'.