kumparan
search-gray
Entertainment14 Oktober 2019 20:42

K-Profile: 15 Tahun Jejak Karier Sulli

Konten Redaksi kumparan
(POTRAIT) Sulli F(x), K-Pop
Sulli F(x). Foto: Instagram/@jelly_jilli
Nama Sulli mungkin tidak asing lagi di telinga para fans K-Pop. Wajahnya sudah menghiasi layar TV di Korea Selatan sejak ia kecil. Tumbuh sebagai remaja perempuan yang berbakat, Sulli pun debut sebagai salah satu anggota girlband K-Pop, f(x), di bawah naungan SM Entertainment.
ADVERTISEMENT
Seperti apa perjalanan karier Sulli selama 15 tahun di industri hiburan Korea? Berikut ulasan singkatnya.
  1. Nama panggung 'Sulli'
Sulli F(x), K-Pop
Sulli F(x). Foto: Instagram/@jelly_jilli
Sulli sendiri sebetulnya hanya nama panggung dari perempuan kelahiran 1994 ini. Nama aslinya adalah Choi Jin Ri. Dalam sebuah acara TV, Sulli pernah menceritakan alasan pemilihan nama panggung tersebut.
"Sebelum aku memulai debut sebagai aktris cilik, seorang reporter berkata kalau nama asliku terdengar terlalu Kristen. Ia mengatakan orang yang bukan beragama Kristen mungkin tidak akan menyukai hal itu. Oleh sebab itu ia kemudian menyarankan nama Sulli. "Sul" berasal dari karakter Cina yang berarti "salju, sementara "Li" artinya "bunga pir," ungkap Sulli saat tampil di acara 'Night of Hate Comments'.
  1. Karier akting
Sulli F(x), K-Pop
Sulli F(x). Foto: Instagram/@jelly_jilli
Sulli memulai kariernya sebagai aktris cilik pada 2005 dengan tampil sebagai Putri Seonhwa dari dinasti Silla, dalam drama 'Ballad of Seodong'.
ADVERTISEMENT
Dalam drama tersebut, Sulli menarik perhatian penonton lewat kemampuan akting dan wajahnya yang menawan.
Video
Ia juga tampil dalam film bertajuk 'Babo' (Miracle of a Giving Fool) dan memperlihatkan kemampuan aktingnya yang memikat.
Video
Sulli tetap aktif di dunia akting setelah ia debut sebagai idola K-Pop. Ia tampil membintangi drama Korea populer, salah satunya 'To the Beautiful You'. Berkat drama ini, ia berhasil meraih penghargaan 'New Star Award' dan 'Best Couple Award' bersama Minho SHINee pada 2012.
  1. Jadi trainee SM Entertainment
Sulli F(x), K-Pop
Sulli F(x). Foto: Instagram/@jelly_jilli
Saat duduk di bangku kelas 4 SD, ia bergabung dan menjadi trainee SM Entertainment.
Sulli mengatakan saat itu SM mengeluarkan aturan tidak menerima calon trainee baru lagi. Namun mereka tetap merekrutnya. Ia mengatakan Lee Soo Man memutuskan untuk menerima dirinya setelah melihat video audisinya.
ADVERTISEMENT
"Aku mengikuti audisi di SM saat tampil di 'Ballad of Seodong'. Tetapi saat itu ada informasi bahwa SM memiliki banyak trainee dan ada kemungkinan mereka tidak menerima calon trainee lagi. Tetapi staf yang mengaudisiku mengedit sebuah video yang menampilkan aku saat bernyanyi, menari, sekaligus berakting di 'Ballad of Seodong'. Kemudian ia menunjukkan video tersebut kepada Lee Soo Man (founder SM Entertainment)," ujarnya.
Sulli resmi memulai debutnya sebagai idola K-Pop pada tahun 2009 bersama f(x) yang kala itu merilis single 'La Cha Ta'. Selain Sulli, grup tersebut beranggotakan Amber, Kristal, Victoria, dan Luna. Dengan image yang polos, ia berhasil mencuri perhatian para penggemar K-Pop.
Video
  1. Kisah asmara dan jalani hiatus
Sulli F(x), K-Pop
Sulli F(x). Foto: Instagram/@jelly_jilli
Karier Sulli sempat diterjang badai pada 2014 saat seorang netizen menggunggah dompet milik Choiza Dynamic Duo yang ditemukannya. Di dalamnya dompet tersebut tersimpan foto Sulli. Kabar soal kisah asmara Sulli pun merebak di kalangan fans.
ADVERTISEMENT
Saat itu Sulli sempat mendapat sindiran karena berpacaran dengan pria yang usianya terpaut 14 tahun. Kala itu Sulli memutuskan untuk rehat (hiatus) dari industri hiburan Korea. SM selaku agensinya mengatakan bahwa Sulli mengalami kelelahan fisik dan mental karena banyaknya komentar miring
Meski begitu, hubungannya dengan Choiza tetap berjalan hingga keduanya memutuskan berpisah pada 2017.
  1. Hengkang dari f(x)
Sulli F(x), K-Pop
Sulli F(x). Foto: Instagram/@jelly_jilli
Setelah setahun hiatus dari kegiatan grup, tepatnya pada Agustus 2015 SM mengumumkan Sulli hengkang dari f(x). Meski begitu aktris asal Busan ini tetap berkarier sebagai aktris di bawah naungan SM Entertainment.
Usai meninggalkan f(x), Sulli pun memulai aktivitasnya sebagai di dunia akting dan tampil dalam film 'Real' pada 2017. Dalam film ini ia beradu akting dengan aktor Kim Soo Hyun.
ADVERTISEMENT
Comeback-nya lewat film ini sempat menghebohkan publik. Bagaimana tidak, ia melepas image polos yang selama ini melekat, dan berani melakukan adegan ranjang dengan Kim Soo Hyun.
Selama berkarier tanpa f(x), Sulli sering mendapatkan komentar pedas dari netizen. Hal ini pun menginspirasi penyanyi sekaligus produser Dean untuk mengajak Sulli berkolaborasi lewat lagu 'dayfly'.
Video
Kolaborasi keduanya tentu saja menghebohkan netizen. Banyak orang yang mempertanyakan alasan Dean menggandeng Sulli. Terlebih lagi, Sulli sering tersangkut kontroversi sejak keluar dari f(x).
"Ada banyak penyanyi wanita yang sangat berbakat di Korea Selatan, tetapi secara pribadi aku merasa suara dan image Sulli sangat cocok dengan suasana hati yang sedih, dalam lirik dan melodi lagu ini. Ia sangat cocok dengan apa yang hendak digambarkan dalam lagu ini, dan pendapatku tak pernah berubah mengenai hal itu. Cinta dan perdamaian," ujar Dean melalui akun Instagram Story-nya menjelaskan alasannya menggandeng Sulli.
ADVERTISEMENT
Video
Pada 29 Juni 2019, Sulli melakukan debutnya sebagai solois dengan merilis single album yang bertajuk 'Goblin'. Ia juga sempat menyapa para penggemarnya dengan mengadakan acara 'Peaches Go!blin' di Teater SM Town di hari yang sama.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white