Entertainment
·
28 April 2020 8:22

K-Profile: Aktor Kontroversial Lee Kyung Young

Konten ini diproduksi oleh kumparan
K-Profile: Aktor Kontroversial Lee Kyung Young (728054)
Aktor Lee Kyung Young. Foto: Youtube JTBC
Karakter Yeo Byeong Kyu yang diperankan Lee Kyung Young, dalam drama The World of the Married tengah menjadi topik panas di kalangan penggemar drama Korea. Namun, bukan peran fiktif yang kali ini diperbincangkan warganet. Melainkan sosok sebenarnya dari aktor yang memerankan tokoh tersebut.
ADVERTISEMENT
Seperti apa sih sosok Lee Kyung Young yang menjadi bahan pembicaraan netizen saat ini? Simak rangkuman profilenya berikut ini ya.

Awal Karier

Lee Kyung Young lahir pada 12 Desember 1960. Ia sudah tertarik menjadi aktor di usia muda, dan lulusan dari departemen drama sebuah sekolah di Seoul.
Usai menjalani wajib militer, barulah ia meniti kariernya di dunia akting, dengan menjadi aktor pengisi suara pada 1982 di stasiun TV KBS.
Video
Pada 1983, Lee Kyung Young memulai debutnya sebagai aktor di serial drama Ordinary People. Setelah itu, ia juga mengembangkan kariernya dengan membintangi puluhan film seperti Runaway dan Holiday in Seoul hingga tahun 2000-an,
Ia bahkan mendapat sejumlah penghargaan seperti Aktor Pendukung Terbaik pada ajang penghargaan film Blue Dragon ke-12 untuk film Song Death.
ADVERTISEMENT

Terlibat Kasus Prostitusi Anak

K-Profile: Aktor Kontroversial Lee Kyung Young (728055)
Aktor Lee Kyung Young. Foto: Youtube/JTBC
Karier Lee Kyung Young terhenti saat ia terlibat dalam kasus prostitusi anak pada tahun 2002. Saat itu, ia ditahan pihak kepolisian karena melakukan hubungan seksual dengan anak berusia di bawah umur, dan menjanjikan anak tersebut sebuah peran.
Ia mengaku telah mengetahui usia sang anak, saat melakukan hubungan seks yang kedua kalinya.
Kyung Young pun dijatuhi hukuman 10 bulan penjara dengan dua tahun masa percobaan, serta 160 jam kerja sebagai petugas pelayanan masyarakat. Selain itu, ia dilarang tampil di saluran televisi nasional seperti MBC, SBS, dan KBS.

Membangun Kembali Karier Akting

Usai kasus tersebut, karier Lee Kyung Young sebagai aktor masih terus berlanjut. Kasusnya perlahan-lahan terlupakan oleh masyarakat. Walau tak bisa tampil di saluran televisi nasional, ia aktif membintangi serial drama TV kabel dan film.
ADVERTISEMENT
Sebut saja film box office Sunny, The Pirates, The Beauty Inside, hingga The Battleship Island. Dari film-film tersebut, ia turut meraih berbagai penghargaan. Tak hanya itu, ia juga membintangi sejumlah drama TV kabel ternama, mulai dari The Bride of Habaek dan Room No.9 (tvN), hingga Misty (JTBC).
Pada 2019, larangan Lee Kyung Young tampil di televisi nasional nampaknya telah dicabut. Hal ini terlihat dari penampilannya dalam serial drama Haechi dan Vagabond yang tayang di SBS. Dan baru-baru ini, ia kembali membintangi serial drama TV kabel JTBC, The World of the Married.
Video
Kemunculannya dalam serial drama populer ini kemudian mencuatkan kembali kasus prostitusi yang pernah ia lakukan. Drama The World of the Married pun mendapat kecaman dari sejumlah warganet.
ADVERTISEMENT
Para penonton mengatakan, mereka merasa tak nyaman saat menyaksikan drama tersebut dengan kehadiran aktor Lee Kyung Young.
Beragam respons pun diberikan netizen atas aktingnya dalam drama tersebut, bahkan muncul aksi boikot dari penonton yang tidak ingin melihat wajahnya di layar kaca.
Beberapa penggemar drama yang sudah mengetahui jejak kriminal sang aktor, rupanya sudah cukup sering menyindir kemunculannya di drama Korea.
Hingga saat ini, baik pihak agensi maupun produksi drama, belum memberikan komentar apapun, terkait kontroversi peran Lee Kyung Young dalam drama The World of the Married.
Laporan: Thahira