kumparan
4 September 2018 19:52

K-Profile: Highlight Karier Solois Wanita, Sunmi

Penyanyi solo K-Pop, Sunmi. (Foto: Instagram/@miyayeah)
Sunmi dikenal sebagai salah seorang solois wanita paling populer di Korea. Lagu-lagu yang dirilisnya, seperti 'Gashina' dan 'Heroine', memiliki tempat spesial di hati penggemarnya.
ADVERTISEMENT
Namun, sebelum beraktivitas sebagai penyanyi solo, wanita yang dikenal pandai menari ini sempat beraktivitas sebagai anggota girlband K-Pop Wonder Girls. Kariernya bersama Wonder Girls juga tidak begitu mulus. Ia pernah keluar masuk grup tersebut sebelum akhirnya Wonder Girls dibubarkan.
Dalam artikel ini, kumparanK-Pop merangkum lima highlight karier dari Sunmi.
1. Mengawali karier sebagai anggota Wonder Girls
Video
Lee Sunmi, solois wanita yang lahir pada 1992, mengawali karier di industri hiburan Korea Selatan bersama Wonder Girls. Pada 2007, grup yang bernaung di bawah JYP Entertainment itu beraktivitas dengan formasi lima orang, dan merilis single berjudul 'Irony'.
Setelahnya, grup ini merilis 'Tell Me', Nobody', juga 'So Hot' yang begitu populer. Lagu-lagu ini berhasil menggenjot nama Wonder Girls di Korea Selatan, juga ke negara-negara di benua Asia dan Amerika.
ADVERTISEMENT
2. Sempat keluar dari Wonder Girls karena alasan akademis
Solois Sunmi Youtube/@1theK (원더케이). (Foto: Youtube/@1theK (원더케이))
Di tengah kesukesan yang bahkan membawa Wonder Girls hingga ke Amerika Serikat, Sunmi memutuskan hiatus dari dunia hiburan pada 2010.
Saat itu, tak banyak penjelasan mengenai mengapa Sunmi memutuskan untuk vakum. JYP hanya mengatakan bahwa sang penyanyi idola ingin berfokus mengejar pendidikan akademiknya.
Namun, pada sebuah sesi wawancara 2013, Sunmi akhirnya mengatakan alasannya. Dilansir The Korea Herald, wanita pelantun '24 Hours' ini mengatakan bahwa kesibukan dengan Wonder Girls ketika itu, membuatnya kehilangan rasa syukur terhadap hidup.
"Aku sangat terbiasa menerima cinta selama berada di Wonder Girls. Kamu seharusnya merasa bahagia di depan publik, tapi aku kehilangan tujuan awalku," sebutnya.
Selama hiatus, Sunmi disebut menempuh pendidikan di jurusan teater dan film Universitas Dongguk, Korea Selatan.
ADVERTISEMENT
3. Kembali sebagai solois, dan anggota Wonder Girls
Video
Di tahun 2013, Sunmi akhirnya memutuskan kembali ke dunia musik. Ia merilis lagu-lagu hits seperti '24 Hours' dan 'Full Moon', sekaligus menunjukkan citranya sebagai solois wanita dengan konsep 'classy sexy'.
Namun, hal ini tidak berlangsung lama. Pada 2015, Sunmi juga kembali bergabung dengan Wonder Girls. Saat itu, grup tersebut berencana untuk mengeluarkan lagu terbaru setelah dua tahun hiatus, serta setelah ditinggalkan oleh Sunye dan Sohee.
Akhirnya, Sunmi kembali berdiri di atas panggung bersama Yubin, Yeeun, dan Hyelim. Hingga 2017, grup penyanyi idola ini merilis 'I Feel You', 'Why So Lonely', juga lagu terakhir mereka, 'Draw Me'. Sunmi juga sempat membuat beberapa lagu untuk Wonder Girls, 'Back', 'Faded Love', juga 'Why So Lonely'.
ADVERTISEMENT
Akan tetapi, Wonder Girls kemudian bubar pada 26 Januari 2017. Pembubaran ini dilakukan setelah kontrak keempat anggota Wonder Girls dengan JYP Entertainment habis.
4. Meraih kesuksesan lewat Gashina
Video
Setelah berpisah dengan Wonder Girls dan JYP Entertainment, pada 14 Maret 2017, Sunmi mengumumkan bahwa dia telah bergabung dengan agensi MakeUs Entertainment. Agensi tersebut menaungi musisi-musisi seperti Urban Zakapa dan juga Park Won.
Selanjutnya, pada 22 Agustus 2017, Sunmi merilis sebuah single berjudul 'Gashina'. Ini merupakan lagu solo pertamanya sejak tahun 2015. Beruntungnya, lagu ini mendapat respons yang sangat positif di kalangan masyarakat Korea Selatan dan juga fans K-Pop internasional.
Lewat 'Gashina', Sunmi berhasil memahat jalannya kembali sebagai seorang solois. Lagu yang diproduksi oleh main producer YG, Teddy Park ini, juga mendapatkan penghargaan dalam kategori Style in Music Awards dari Mnet Asian Music Awards 2017, juga didapuk sebagai Song of the Year (August) dari Gaon Chart Music Awards.
ADVERTISEMENT
5. Berusaha mengukuhkan posisi sebagai solois lewat lagu-lagu baru
Video
Setelah merilis 'Gashina', Sunmi pun melanjutkan langkahnya dengan aktif merilis lagu baru. Misalnya, 'Heroine' yang dirilis pada 18 Januari 2018, juga sebuah mini album bertajuk 'Warning' yang dirilis pada 4 September 2018.
Perlahan tapi pasti, Sunmi semakin memperkuat posisinya sebagai seorang solois yang populer di Korea Selatan. Upaya Sunmi ini juga bukan tanpa hambatan. Misalnya, saat lagu 'Heroine' dirilis, ia terlibat kontroversi plagiarisme atas lagu tersebut. Namun, Teddy Park selaku produser sudah membantah tuduhan ini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan