kumparan
12 Agustus 2019 18:40

K-Profile: Kang Mina, Maknae gugudan yang Aktif di Dunia Akting

Kolase Kang Mina.jpg
Kang Mina Foto: Instagram/@produce_x_101 @jellyfish_stagram @gu9udan
Seiring berjalannya waktu semakin banyak idola K-Pop yang merambah ke dunia seni peran. Salah satunya adalah anggota termuda dari girlband gugudan, Kang Mina.
ADVERTISEMENT
Saat ini, Mina tengah bermain dalam serial drama 'Hotel del Luna' sebagai seorang pelajar bernama Kim Yoo Na. Sebelumnya, ia juga sudah bermain dalam beberapa serial drama lainnya.
Nah, kali ini mari kita lihat perjalanan karier seorang Kang Mina dari menjadi idola sampai menjadi aktris. Yuk, disimak.
Awal Karier
Video
Kang Mina mulai dikenal sejak ikut survival show 'Produce 101' musim pertama. Mina menjadi peserta asal Jellyfish Entertainment bersama kedua rekannya, Kim Nayoung dan Kim Sejeong.
Mulai dari episode pertama Mina tampil memukau dengan kemampuan menarinya. Bakat dan popularitas yang dimiliki, mengantarkan ketiganya sampai pada final 'Produce 101'.
Sayangnya, Kim Nayoung hanya mampu berada di posisi 14. Sementara Mina berhasil berada di peringkat sembilan dan Sejeong di peringkat dua. Sehingga mereka berhasil debut bersama girlband I.O.I.
ADVERTISEMENT
Bersama I.O.I dan gugudan
Video
Pada bulan Mei 2016, I.O.I merilis EP (extended play) pertamanya yang berjudul 'Chrysalis'. Mereka debut dengan lagu bergenre trap pop dance berjudul 'Dream Girls'.
Dalam grup, Mina memegang peranan sebagai lead dancer, vocalist, dan rapper. Sayangnya, grup pelantun 'Very Very Very' ini hanya berusia satu tahun saja.
Lagu terakhir mereka sebelum bubar diciptakan oleh Woozi Seventeen berjudul 'Downpour'. I.O.I secara resmi dibubarkan tahun 2017. Kabar terkini, I.O.I akan kembali dengan sembilan orang anggota pada Oktober mendatang.
Video
Tahun 2016, Mina tidak hanya debut bersama I.O.I saja. Cewek kelahiran 4 Desember 1999 ini juga debut bersama girlband bernama gugudan. Sebagai informasi, grup ini juga beranggotakan Kim Sejeong dan Kim Nayoung.
ADVERTISEMENT
gugudan memulai debutnya Juni 2016 dengan sembilan orang anggota, lewat lagu 'Wonderland'. Mina juga tergabung dalam sub-unit, gugudan 5959, bersama Hyeyeon. Namun sub-unit ini dikabarkan sudah tidak aktif paska keluarnya Hyeyeon dari agensi.
Loading Instagram...
Juni 2018, sub unit kedua gugudan dibentuk dengan anggota Mina, Sejeong, dan Nayoung. Sub unit ini diberi nama Semina dan merilis mini album berjudul sama pada bulan Juli.
Kegiatan Individu
Cewek asal Pulau Jeju ini tidak hanya mahir menari dan menyanyi saja. Mina juga memiliki kemampuan di bidang akting. Kariernya di dunia seni peran dimulai tahun 2017, ia bermain dalam serial drama komedi romantis MBC berjudul '20th Century Boy and Girl'. Mina berperan sebagai Sa Jin Jin muda, karakter versi dewasa diperankan oleh aktris Han Ye Seul.
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
Masih di tahun 2017 Mina mendapatkan peran utama dalam film televisi 'History of Walking Upright'. Kala itu, ia beradu akting dengan aktor Byeon Woo Seok.
Kiprahnya di dunia seni peran terus naik, tahun 2018 bersama Sehun EXO, Mina membintangi web drama 'Dokgo Rewind'. Bercerita tentang tiga siswa sekolah menengah atas yang sangat berbeda satu sama lain. Mereka bersatu untuk melawan kekerasan di sekolah.
Loading Instagram...
Selanjutnya, cewek 20 tahun ini bermain dalam serial drama tvN berjudul 'Mama Fairy and the Woodcutter'. Mina berperan sebagai Jeom Soom, anak dari Sun Ok Nam yang diperankan oleh Moon Chae Won.
Awalnya, Mina mengaku kesulitan karena beradu akting dengan aktris senior. Namun, Moon Chae Won memberinya banyak nasehat.
ADVERTISEMENT
"Tapi dia (Moon Chae Wo) memperhatikanku dengan sangat baik. Dia memberiku banyak nasihat, dan aku bisa syuting dengan nyaman. Semakin banyak kita bekerja bersama, semakin baik chemistry kita," kata Mina seperti dikutip dari Soompi.
'Mama Fairy dan The Woodcutter' berkisah tentang seorang peri bernama Sun Ok Nam. Ia menjadi barista sambil menunggu kekasihnya, sang penebang kayu, bereinkarnasi.
Loading Instagram...
Tahun 2019 ini Mina kembali bermain dalam serial drama. Kali ini ia beradu akting dengan IU dan Yeo Jin Goo dalam serial drama 'Hotel del Luna'. Kehadirannya dalam 'Hotel del Luna' menambah keseruan cerita serial drama ini.
Mulai dari bertukar arwah hingga rasa suka yang dirasakan Yoo Na (nama karakter yang ia perankan) pada seorang arwah pegawai hotel bernama Ji Hyun Joong (P.O Block B).
ADVERTISEMENT
Selain terjun ke seni dunia seni peran, pelantun 'A Girl Like Me' ini didaulat menjadi MC untuk program musik 'Show! Music Core' sejak tahun lalu. Meski bukan pertama kali menjadi MC, nyatanya Mina mengaku masih merasa gugup.
"Aku masih merasa gugup meskipun satu tahun telah berlalu. Tetapi kami tiga MC akan memimpin program (acara ini) dengan mantap dan dengan kerja tim yang hebat," kata Mina.
Siap menunggu karya Mina berikutnya?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan