kumparan
search-gray
Entertainment27 Juli 2019 15:55

kumparan K-Playlist: Lagu K-Pop Buat Kamu yang Sedang Beranjak Dewasa

Konten Redaksi kumparan
Lagu K-Pop yang menggambarkan masa muda
Lagu K-Pop yang menggambarkan masa muda. Foto: Berbagai sumber
Masa muda sering dianggap sebagai momen yang paling indah dalam kehidupan seseorang. Padahal, tidak semua hal di dalamnya menyenangkan. Apalagi, saat seseorang harus beranjak dewasa dan menghadapi sederet pilihan sulit.
ADVERTISEMENT
Tema ini kemudian dijadikan dasar dalam pembuatan berbagai lagu K-Pop. Contohnya, pada kelima lagu yang kami rekomendasikan kali ini.
Lagu-lagu ini memiliki genre dan topik yang berbeda-beda. Meskipun masih membicarakan soal masa muda, kelimanya diharapkan dapat menggambarkan mengenai apa yang dirasakan oleh seseorang, sekaligus menghibur para pendengarnya.
Berikut rekomendasi kumparanK-Pop.
1. Day6 - Time of Our Life
Video
Ini adalah lagu yang dirilis band besutan JYP Entertainment, Day6, pada 15 Juli 2019. Lagu ini tergabung dalam mini album 'The Book of Us: Gravity' yang juga dirilis pada hari yang sama.
Segaris dengan judulnya, lagu pop-rock ini menceritakan soal ajakan untuk menikmati masa muda. Pesan itu disajikan dengan aransemen yang riang, seolah mengajak pendengarnya untuk menikmati masa terindah dalam hidup mereka tanpa beban.
ADVERTISEMENT
Hal ini tergambar jelas dalam liriknya. Misal, dalam penggalan lirik reff yang berarti, "Jangan mengkhawatirkan apapun. Serahkan semuanya kepadaku, agar momen ini bisa jadi lembaran yang dapat kita tengok lagi (di masa depan)."
2. JJ Project - Tomorrow, Today
Video
Di tahun 2017, duo JJ Project merilis album berjudul 'Verse 2'. Ini adalah proyek comeback duo beranggotakan Jinyoung dan JB GOT7, setelah mereka hiatus sejak 2012.
Dalam album ini, karya yang menjadi andalan mereka adalah lagu berjudul 'Tomorrow, Today'. Karya berjenis alternative rock itu menggambarkan soal rasa bingung dan cemas yang terjadi saat seseorang beranjak dewasa.
Misalnya, seperti tergambar dalam lirik yang berbunyi, "Kenapa kau meminta ku untuk membuat pilihan, saat mataku baru terbuka sebelah? Seseorang, beritahu aku apa jalan yang harus ku pilih. Karena aku tidak tahu."
ADVERTISEMENT
Lirik yang jujur ini kemudian dipadukan dengan gaya musik yang melankolis. Hal ini pun menjadikan 'Tomorrow, Today' semakin cocok untuk didengarkan oleh mereka yang punya kekhawatiran serupa.
3. IU - Palette
Video
Pada 2017, Lee Ji Eun alias IU merilis lagu yang berjudul 'Palette'. Karya ini dibawakannya bersama G-Dragon BIGBANG sebagai title track dari album yang juga berjudul sama.
Lewat lagu bergaya R&B ini, IU menyanyikan soal apa yang dirasakannya saat beranjak dewasa. Walau berkaca pada pengalaman pribadinya, perempuan kelahiran 1993 itu tetap bisa menjadikan lagu ini terasa relatable bagi pendengarnya.
Potongan lirik lagu ini berarti, "Aku bisa melakukannya. Aku sungguh baik-baik saja. Kurasa, aku sedikit lebih memahami diriku sendiri sekarang."
ADVERTISEMENT
4. Bolbbalgan4 - To My Youth
Bolbbalgan4 adalah duo indie yang kerap menyajikan lagu bubbly dan menghibur. Sebut saja, dalam lagu-lagu seperti 'Bom', 'Travel', juga 'Galaxy'.
Namu, duo asuhan Shofar Music ini menghadirkan konsep yang berbeda dalam 'To My Youth'. Lewat lagu keluaran 2017 ini, Woo Ji Yoon dan Ahn Ji Young menyanyikan lagu bergenre ballad mengenai rasa sakit yang dialami seseorang di masa muda.
Lagu tersebut dibuka dengan cerita soal orang yang pernah berharap untuk menghilang dari dunia. Meski akhirnya merasa lebih baik, dia tetap khawatir bahwa kebahagiaannya suatu saat akan sirna.
Walau dibuka dengan kisah yang sedih, 'To My Youth' ditutup dengan pesan yang positif. Pada akhir lagu, Bolbbalgan4 berusaha menyuntikkan semangat, agar pendengar yang sedang merasa menderita tak langsung menyerah.
ADVERTISEMENT
"Mungkin, setelah semua rasa sakit itu, aku bisa bersinar sebentar. Jadi, aku tidak boleh menyerah."
5. BTS - Epilogue: Young Forever
Video
Sebagai penutup, kami merekomendasikan lagu 'Epilogue: Young Forever' milik BTS. Ini merupakan salah satu karya yang terdapat dalam album 'The Most Beautiful Moment in Life: Young Forever' (2016).
Dalam lagu ini, BTS menyanyikan kekhawatiran mereka, juga soal momen-momen indah yang dirasa pasti berakhir. Pesan ini digambarkan lewat lirik yang jujur, ditambah dengan aransemen yang dramatis.
Walau memiliki arti yang sedih, lagu ini dinyanyikan dengan penuh harapan. Pada akhir lagu, grup beranggotakan tujuh orang ini berjanji untuk terus mengejar impian mereka.
"Selamanya, kita muda. Sekalipun aku terjatuh dan terluka, aku akan terus berlari hingga akhir, menuju impianku."
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white