kumparan
27 Februari 2019 9:04

Menang Daesang, BTS Bicarakan Kekuatan Kebudayaan

BTS
Boyband K-Pop, BTS. Foto: Big Hit Entertainment
Grup idola K-Pop, BTS, dianugerahi penghargaan Daesang (grand prize) dan Best Concert Awards dari Edaily Culture Awards yang ke-6. Ajang penghargaan ini dilaksanakan di Seoul, Korea Selatan, pada Selasa (26/2) malam.
ADVERTISEMENT
Setiap tahun, Edaily Culture Awards digelar untuk memberikan penghargaan terhadap para pelaku industri seni pertunjukan. Dilansir Soompi, ajang ini memberikan Daesang kepada satu pemenang dari penerima keenam kategori penghargaan yang ada, yaitu dari kategori sandiwara, musik klasik, tarian, musik tradisional, drama musikal, atau konser. Adapun pemenang penghargaan ini dipilih berdasarkan hasil online voting oleh juri dan juga publik, sekaligus evaluasi dari Sekretariat Operasi di Edaily Culture Awards.
Tahun ini, BTS menjadi pemenang kategori Best Concert Awards pertama yang juga dianugerahi Daesang.
Video
Saat menerima penghargaan, BTS terlihat membicarakan mengenai berbagai hal, termasuk soal tur konser stadion yang akan dimulai pada Mei 2019. Mereka juga membicarkaan kesan mereka terhadap penghargaan tersebut.
ADVERTISEMENT
Leader BTS, RM, mengatakan kalau tiga tahun yang lalu, grupnya ingin memenangkan penghargaan Best Concert. Ia pun berterima kasih kepada ARMY, fans BTS yang dianggapnya telah membuat mereka memenangkan penghargaan tersebut, juga penghargaan Daesang.
Kemudian, ia mengatakan bahwa penghargaan budaya terasa baru dan menyegarkan baginya. Ia melihat ada banyak profesional dari industri kebudayaan yang berkumpul di tempat tersebut. Hal itu kemudian mengingatkannya kepada kutipan dari Kim Gu, seorang pemimpin gerakan Kemerdekaan Korea di era penjajahan, juga aktivis yang menyuarakan persatuan Korea.
"Ini membuatku mengingat sebuah kutipan dari Kim Gu yang mengatakan, 'Satu-satunya yang kuinginkan adalah kekuatan dari budaya yang maju'," sebut pria kelahiran 1994 tersebut, seperti dikutip Soompi.
BTS Grammys (cover)
BTS di Grammy Awards 2019. Foto: Twitter/@bts_bighit
"Aku merasa bahwa kebudayaan adalah kekuatan tak bentuk yang paling kuat, lebih dari kekuatan fisik. Ia memiliki kemampuan untuk meruntuhkan segala batasan."
ADVERTISEMENT
"Aku adalah penggemar dan konsumen dari tak cuma musik--bidang yang kutekuni--tetapi juga musik tradisional, drama musikal, drama, sandiwara, tarian, dan lebih banyak lagi. Aku percaya bahwa kebudayaan ini hidup di sampingku dan selagi menikmatinya, manusia menjadi lebih manusiawi. Kemudian, ini juga merupakan sumber inspirasi yang sangat besar terhadap musikku. Aku menganggapnya memiliki kekuatan untuk menjadikan manusia benar-benar manusia," tambahnya lagi.
Melanjutkan pidatonya, RM mengajak audiens untuk mengingat keberadaan para staf yang telah membantu mereka, juga fans dan konsumen yang mencintai dan mengonsumsi produk kebudayaan mereka. Ia kemudian berjanji bahwa BTS akan bekerja lebih keras lagi dan menyebarkan kebudayaan Korea ke seluruh dunia.
"Kami berada di antara para profesional yang hebat dari industri kebudayaan, dan aku tidak yakin jika kami pantas menerima penghargaan ini. Namun, kami akan menganggap bahwa ini adalah pesan untuk berupaya lebih keras dan menyebarkan kekuatan kebudayaan Korea ke seluruh dunia. Kami akan menjadi lebih rendah hati dan bekerja keras. Terima kasih," tutupnya.
ADVERTISEMENT
Selamat kepada BTS!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan