kumparan
19 Agustus 2018 12:38

Naik Turun Karier BIG BANG Selama 12 Tahun

Boyband BIGBANG
Boyband BIGBANG. (Foto: YG Entertainment)
Menjalani karier sebagai idola K-Pop bukanlah hal yang mudah, bahkan bagi BIG BANG sekalipun. Selama 12 tahun lamanya, grup beranggotakan lima orang ini harus melalui berbagai hal, sebelum akhirnya bisa menjadi idola yang berpengaruh di industri K-Pop seperti sekarang.
ADVERTISEMENT
Awalnya, BIG BANG hanyalah sekelompok anak muda yang bersusah-payah mengejar mimpi. Seperti kebanyakan idola K-Pop lainnya, G-Dragon, Taeyang, Seungri, TOP, dan Daesung juga harus berjuang keras menjalani bertahun-tahun masa training, sebelum akhirnya bisa debut pada 19 Agustus 2006.
"Dulu, saat kami masih menjadi trainee, kami memulai hari kami di pukul 10.00. Tak langsung latihan vokal atau koreografi, kami harus membersihkan ruang latihan terlebih dahulu. Setelah semua siap, baru kami berlatih dengan keras. Akhirnya, kami sampai tempat tinggal kami dan langsung tidur akibat terlalu lelah," sebut leader grup tersebut, G-Dragon, seperti dilansir Yonhap News. "Kami bangga dengan hasil kerja kami."
Video
Setelah menjalani perjalanan yang panjang, BIG BANG akhirnya melangsungkan debutnya pada 19 Agustus 2006. Mereka diperkenalkan ke publik lewat konser perayaan anniversary ke-10 YG Family--sebutan untuk gabungan artis yang bernaung di bawah YG Entertainment--di Olympic Gymnastics Arena, Seoul, Korea Selatan.
ADVERTISEMENT
Layaknya idola yang baru memulai karier, single debut mereka yang bertajuk 'BIGBANG' tidak begitu laku di pasar musik Korea Selatan. Meski demikian, grup pelantun 'Last Farewell' ini tidak menyerah begitu saja. Pada masa awal debutnya, BIG BANG terus menerus merilis single baru setiap bulannya. Hal ini mereka lakukan agar nama BIG BANG semakin dikenal publik.
"Bahkan, jika kami merilis ulang salah satu single, mungkin orang akan mengira itu adalah sebagai single baru, karena mereka tidak tahu (soal kami)," ungkap G-Dragon, seperti dikutip Soompi.
Video
BIG BANG akhirnya mulai mendapat perhatian setelah 'Lies' dirilis pada 2007. Lagu ikonis ini didengarkan oleh banyak orang dan menjadi booming di Negeri Ginseng. Akhirnya, BIG BANG menemukan titik balik dari karier mereka. 'Lies' berhasil meraih lima buah penghargaan, termasuk penghargaan 'Song of the Year' dari ajang Mnet Asian Music Awards 2006.
ADVERTISEMENT
Sejak saat itu, secara perlahan, karier BIG BANG mulai mengalami peningkatan. Setiap lagu dan karya yang mereka hasilkan mulai memiliki tempat di hati penikmat musik Korea Selatan dan berhasil merajai chart musik lokal.
Video
Sayangnya, di tengah karier mereka yang mulai cerah, BIG BANG dilanda cobaan. Pada 2011, vokalis utama grup, Daesung, menabrak seorang pengendara sepeda motor yang telah tewas lebih dulu karena kecelakaan beberapa menit sebelumnya. Meskipun pria bersuara emas ini akhirnya dinyatakan tidak bersalah, Daesung memilih untuk rehat dari dunia hiburan selama setahun penuh untuk introspeksi diri. Otomatis, BIG BANG tidak beraktivitas secara full-team dalam periode tersebut.
Tak hanya itu, di tahun yang sama, G-Dragon juga mendapat sorotan karena diduga mengisap ganja di sebuah kelab malam. Sebagian pihak merasa bahwa hukuman terhadap G-Dragon terlalu ringan. Saat itu, YG Entertainment selaku agensi yang menaungi BIG BANG meminta maaf, sekaligus mengatakan bahwa kejadian itu tidak disengaja.
ADVERTISEMENT
Video
Serangkaian skandal di tahun 2011 membuat BIG BANG harus berhenti beraktivitas, juga kehilangan fans. Meski begitu, di penghujung tahun tersebut, grup ini kembali tampil di depan publik dengan formasi lengkap. Saat itu, grup asuhan YG Entertainment ini menerima penghargaan 'Best Worldwide Act' dari acara MTV European Music Awards (EMA) 2011 di Belfast, Irlandia Utara.
Video
Setelahnya, BIG BANG kembali ke dunia K-Pop dengan merilis mini album 'Alive' pada 2012. Mereka kembali mendapatkan popularitas melalui mini album ini, terbukti dari single utama 'Fantastic Baby' yang menguasai chart lokal dan internasional.
Hingga saat ini, BIG BANG kerap merilis berbagai lagu yang merebut perhatian para penikmat musik. Sebut saja, 'Bae Bae', 'Loser', juga 'Flower Road'. Meskipun tergolong sebagai grup K-Pop yang paling lama comeback, BIG BANG kerap meraih kesuksesan domestik dan internasional lewat lagu-lagu mereka.
ADVERTISEMENT
Selain itu, konser-konser yang mereka adakan juga tidak pernah sepi penonton. Bahkan, menurut data di situs pariwisata resmi Korea Selatan, Visit Korea, konser BIG BANG didapuk sebagai salah satu alasan pelancong mau datang ke Korea Selatan.
Tentu saja, popularitas ini memiliki bukti. Dalam konser perayaan anniversary ke-10 mereka, BIG BANG mengumpulkan lebih dari 65 ribu penonton dalam satu hari saja. Dilansir Soompi, konser yang digelar di Seoul World Cup Stadium, Korea Selatan, itu menjadi konser tunggal terbesar yang pernah diadakan di Korea Selatan.
Video
Setelah mengalami berbagai naik turun, di tahun 2016, BIG BANG seolah menemukan puncak baru dalam karier mereka. Pelantun 'Haru Haru'ini masuk dalam daftar orang terkaya versi majalah Amerika Serikat, Forbes. Dengan mengumpulkan pundi uang senilai 44 juta dolar AS (sekitar Rp 642 miliar saat ini) dari penjualan album hingga tiket konser, BIG BANG berhasil mengalahkan pendapatan band Maroon 5.
ADVERTISEMENT
Tak cuma itu, BIG BANG juga berhasil masuk ke dalam daftar polling 100 orang paling berpengaruh (100 Most Influential People) versi Time Magazine. Saat itu, mereka disandingkan dengan musisi internasional ternama lainnya, seperti Taylor Swift, Drake, dan Ariana Grande.
Video
Sayangnya, di tahun 2017, BIG BANG kembali diterpa badai. Anggota tertua BIG BANG, TOP, terbukti mengisap ganja. Kejadian ini sempat membuat publik dan penggemar kecewa dengan pria yang menyanyikan lagu 'Doom Dada' tersebut. Meskipun begitu, sebagian besar penggemar masih mendukung dan membantunya untuk kembali ke arah yang lebih baik.
Kini, meskipun para anggotanya tengah menjalani wajib militer, popularitas mereka tetap stabil dan tidak menurun. Musikalitas BIG BANG serta kesetiaan para penggemar menjadikan BIG BANG mampu bertahan di posisi atas seperti saat ini.
ADVERTISEMENT
Saat ini, sebagian besar anggota BIG BANG tengah vakum dari dunia K-Pop dan menjalani wajib militer. Meski demikian, anggota termuda BIG BANG, Seungri, masih beraktivitas di dunia K-Pop. Baru-baru ini, dia merilis album 'The Great Seungri' dan beraktivitas mempromosikan dua lagu utama dari album tersebut, yaitu '1! 2! 3!' dan 'Where R U From'.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan