kumparan
11 Februari 2020 16:43

Profil Choi Woo Shik, Aktor Korea Selatan Pemain Film Parasite

Choi Woo Shik
Aktor Choi Woo Shik. Foto: Management SOOP
Aktor Korea Selatan, Choi Woo Shik, semakin menarik perhatian publik setelah membintangi film Parasite. Film itu meraih empat piala di Oscar 2020, yaitu Best Picture, Best International Feature Film, Best Director, dan Best Original Screenplay.
ADVERTISEMENT
Sebelum Parasite, Choi Woo Shik dikenal melalui film Set Me Free yang tayang tahun 2011. Setelah itu, ia melanjutkan kariernya di sejumlah film dan drama yang cukup populer di Korea Selatan dan dunia, seperti Train to Busan, Fight for My Way, The Package, Okja, The Princess and The Matchmaker, dan Divine Fury.
Meski lahir di Korea Selatan, pria kelahiran 26 Maret 1990 ini memiliki dua kewarganegaraan, yakni Korea dan Kanada. Saat ia berada di kelas 5 Sekolah Dasar, Choi Woo Sik pindah ke sana.
Bersama kakak laki-laki dan kedua orang tuanya, ia tinggal selama 10 tahun di Kanada. Choi Woo Shik juga memiliki nama lain, yakni Edward, meski lebih suka disingkat menjadi Eddie.
ADVERTISEMENT
Pada 2011, Choi Woo Shik kembali ke Korea Selatan untuk mengejar karier sebagai aktor dengan mengikuti audisi. Ia mengawali debutnya sebagai aktor di drama musiman, The Duo (2011).
choi woo sik.jpg
Choi Woo Shik dok Instagram @dntlrdl
Selama menjalani kariernya, Choi Woo Shik telah meraih berbagai penghargaan, seperti Actor of the Year di Festival Film Internasional Busan ke-19 melalui film Set Me Free, dan Best Acting Ensemble melalui Parasite di Critics Choice Awards ke-25.
Dia juga mendapat penghargaan Aktor Pendatang Baru Terbaik melalui film Set Me Free di Penghargaan Film Blue Dragon ke-36.
Tak hanya film dan drama, Choi Woo Shik beberapa kali turut membintangi sejumlah video musik penyanyi dan grup K-Pop. Sebut saja, My Old Story milik IU serta Congratulation dan You Were Beautiful dari DAY6.
ADVERTISEMENT
Setelah bersama JYP Entertainment selama enam tahun, dia bergabung dengan Managemen SOOP. Agensi ini menaungi Gong Yoo, Gong Hyo Jin, hingga Nam Ji Hyun.
Seputar kehidupan pribadinya, Choi Woo Shik dikenal punya geng pertemanan bernama Wooga. Anggotanya ada aktor Park Seo Jun, V BTS, aktor Park Hyung Sik, dan rapper Peakboy.
Geng Wooga sering terlihat menghabiskan waktu bersama dalam unggahan Instagram para anggotanya.
Choi Woo Shik juga senang bermain dengan anjing kesayangannya, yang sering diunggah ke akun Instagramnya, @dntlrdl.
Dilansir Soompi, saat ini aktor Korea Selatan tersebut membintangi film terbaru bertema thriller yang berjudul Time to Hunt bersama Lee Je Hoon, Ahn Jae Hong, dan Park Jung Min. Time to Hunt rencananya tayang perdana pada 26 Februari mendatang.
ADVERTISEMENT
Laporan Annisa Thahira
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan