Rekomendasi Film Korea Berdasarkan Kisah Nyata: Silenced sampai Hope

5 November 2021 20:07 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Rekomendasi Film Korea Berdasarkan Kisah Nyata dok IMDB
zoom-in-whitePerbesar
Rekomendasi Film Korea Berdasarkan Kisah Nyata dok IMDB
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Selain terkenal dengan drama dan musiknya, Korea juga menghasilkan banyak film berkualitas.
ADVERTISEMENT
Film-film ini memiliki berbagai macam genre, mulai dari romantis, aksi, hingga horor, yang di antaranya berdasarkan kisah nyata, lho.
Kira-kira apa saja film Korea yang berdasarkan kisah nyata? Berikut rekomendasi selengkapnya!

1. Northern Limit Line (2015)

Northern Limit Line dok IMDB
Film ini dibintangi oleh Kim Mu Yeol, Jin Goo, dan Lee Hyun Woo. Ceritanya menampilkan kisah nyata dari salah satu konflik antara Korea Utara dan Korea Selatan, yaitu pertempuran Yeonpyeong pada 29 Juni 2002 di Yellow Sea.
Ceritanya dimulai saat Piala Dunia FIFA 2002 yang berlangsung di Korea Selatan. Di sisi lain, Angkatan Laut Korea Utara tengah mengambil kesempatan mengirimkan mata-mata melintasi garis demarkasi laut dan memasuki wilayah Korea Selatan.
ADVERTISEMENT
Selain itu, kapal perang Korea Selatan Chamsuri 357 mendadak diserang oleh armada Korea Utara. Sebelum bantuan tiba di zona perang, kedua kapal sudah rusak parah dan menyebabkan enam orang tewas serta 19 orang luka-luka.
Untuk menghormati para anggota kru yang telah gugur karena berani membela dan melindungi negara, film ini diakhiri dengan menampilkan foto-foto mereka bersama dengan orang-orang yang selamat dari pertempuran.

2. Silenced (2011)

Silenced dok IMDB
Film yang dibintangi oleh Gong Yoo, Jung Yu Mi, dan Kim Hyun Soo ini menceritakan tentang pelecehan seksual dan kekerasan fisik yang dialami oleh siswa sekolah Gwanju Inhwa.
Kasus itu selalu dirahasiakan hingga akhirnya datang seorang guru yang memutuskan untuk memberi tahu pihak berwenang.
ADVERTISEMENT
Meskipun beberapa siswa berani untuk menceritakan kisahnya, korban lainnya masih bungkam ketakutan pada guru-gurunya. Ketidakadilan di kasus ini berlanjut saat para tersangka dibebaskan dengan hukuman minimal.
Peluncuran film ini pun menimbulkan kemarahan publik yang akhirnya menyebabkan penutupan sekolah. Hal ini juga yang mendorong pemerintah Korea meningkatkan hukuman untuk pelaku pemerkosaan dan kejahatan serupa lainnya.

3. As One (2012)

As One dok IMDB
Terlepas dari pertempuran politik tanpa akhir antara Korea Selatan dan Korea Utara, film ini memperlihatkan kedua negara bersatu untuk bermain di Kejuaraan Tenis Meja Dunia 1991 di Chiba, Jepang. Kedua negara memutuskan bersatu untuk mengalahkan tim perempuan dari China. Film ini dibintangi oleh Bae Doona, Ha Ji Won, dan Han Ye Ri.
ADVERTISEMENT

4. Han Gong Ju (2013)

Han Gong Ju dok IMDB
Film yang dibintangi oleh Chun Woo Hee, Jung In Sun, dan Kim So Young ini terinspirasi dari kasus pemerkosaan di Miryang Gang pada 2004.
Sebanyak 41 siswa laki-laki melecehkan sejumlah pelajar SMA dalam rentang waktu 11 bulan. Para korban terpaksa diam karena diancam dengan video pemerkosaan.
Meski beberapa pelaku telah ditangkap, tapi mereka hanya diberi hukuman minimal dan tanpa tuntutan pidana. Hal ini membuat banyak orang kecewa karena pemerintah Korea dianggap tak serius menangani kasus ini.

5. Way Back Home (2013)

Way Back Home dok IMDB
Film ini dibintagi oleh Jeon Do Yeon, Go Soo, dan Ryu Tae Ho. Ceritanya berdasarkan kisah nyata kehidupan Jang Mi Jeong, seorang ibu rumah tangga yang dituduh menyelundupkan 17 kilogram kokain ke Prancis.
ADVERTISEMENT
Tanpa sepengetahuannya, obat-obatan terlarang itu disembunyikan ke dalam kantong batu permata yang belum dipoles dan dibawa oleh teman suaminya.
Dia lalu ditahan dan dipenjara di Martinique, Prancis, selama dua tahun.
Kementerian Luar Negeri Korea Selatan dikritik oleh Jang Mi Jeong asli dan pembuat film, atas penanganan insiden tersebut dan menyebutnya sebagai kelalaian diplomatik. Pemerintah juga dianggap tidak bertanggung jawab dalam melindungi warga Korea di luar negeri.

6. Hope (2013)

Hope dok IMDB
Film ini dibintangi oleh Lee Re, Sol Kyung Gu, dan Uhm Ji Won.. Ceritanya berdasarkan kasus Cho Doo Soon. Dia adalah pelaku pemerkosaan dan kekerasan fisik terhadap perempuan berusia 8 tahun. Doo Soon menculik korban pada 11 Desember 2008.
ADVERTISEMENT
Korban ditemukan tidak sadarkan diri di sebuah toilet gereja, tempat ia diperkosa, dipukuli, dan ditenggelamkan. Korban juga menderita luka dalam dan luar, serta ditempatkan di unit perawatan intensif dan menjalani operasi selama delapan jam.
Doo Soon lalu dikirim ke penjara dengan keamanan maksimum di provinsi Gyeongsang Utara. Korban dan keluarganya diberikan kompensasi sebesar 13 juta won atas tekanan psikologis yang disebabkan sidang pengadilan.

7. The Whistleblower (2014)

The Whistleblower dok IMDB
Film ini dibintangi oleh Park Hae Il, Yoo Yeon Seok, dan Lee Geung Young. Kisahnya berangkat dari kasus yang dialami ilmuwan Korea Hwang Woo Suk. Pada 2006, dia dihukum karena telah memalsukan penelitiannya dan menggelapkan dana pemerintah dalam melakukan pemalsuan makalah.
ADVERTISEMENT
Laporan: Afifa Inak