kumparan
22 Juli 2019 17:43

Round Up: EXO-SC Debut Lewat Mini Album 'What A Life'

Sub unit EXO, EXO-SC. Foto: Twitter/weareoneEXO
SM Entertainment kembali mendebutkan sub unit baru untuk EXO. Setelah EXO-CBX (Chen, Baekhyun dan Xiumin), kini giliran dua rapper-nya, Sehun dan Chanyeol yang debut sebagai sub unit duo bernama EXO-SC.
ADVERTISEMENT
Sebelum resmi debut, Sehun dan Chanyeol sudah terlebih dahulu merilis single bertajuk 'We Young' lewat proyek musik SM Station. Setelah proyek tersebut, keduanya lalu debut sebagai sub unit.
Nah, buat kamu yang ketinggalan informasi soal EXO-SC, berikut kumparanK-Pop berikan round up debut sub unit duo Sehun dan Chanyeol.
1. Umumkan debut sub unit
Chanyeol dan Sehun EXO. Foto: SM Entertainment
Pada 5 Juni, media Korea Osen melaporkan Sehun dan Chanyeol tengah bersiap untuk debut sebagai sub unit EXO yang baru. Saat itu dikabarkan keduanya akan merilis album pada bulan Juli.
Dilansir Soompi, seorang narasumber bahkan menyebut Sehun dan Chanyeol sudah menyelesaikan syuting video klip dan tengah dalam tahap akhir persiapan perilisan album.
Menjawab pemberitaan tersebut, SM Entertainment selaku agensi Sehun dan Chanyeol memberikan konfirmasi. Mereka membenarkan jika keduanya akan debut sebagai sub unit resmi EXO.
ADVERTISEMENT
"Chanyeol dan Sehun saat ini sedang bekerja keras mempersiapkan album sub unit pertama mereka, dengan target rilis di bulan Juli. Harap nantikan," ungkap perwakilan SM.
2. Menggandeng produser papan atas
Loading Instagram...
Sehun dan Chanyeol rupanya ingin menyuguhkan musik yang berbeda dari genre yang biasa dibawakan EXO. Keduanya pun menggandeng para produser musik papan atas Korea seperti Gaeko, Devine Channel, Keilim, hingga Gray.
Gaya musik segar, khas musim panas, yang cocok untuk diputar dalam pesta anak-anak muda menjadi konsep yang diusung keduanya.
Chanyeol sendiri dalam wawancara dengan majalah fashion W Korea, sempat menyinggung soal konsep musik EXO-SC.
"Selama beberapa bulan terakhir, aku lebih banyak melakukan pekerjaan seputar musik, dari yang pernah aku lakukan sejak debut. Kami ingin memberikan musik yang bisa membuat kita bahagia. Tapi aku juga sangat bangga dengan kualitas musik (kami)," ungkap Chanyeol seperti dikutip dari Soompi.
ADVERTISEMENT
Sehun juga menambahkan, rencana perilisan album ini tak sekadar musik untuk penggemar mereka, EXO-L. Tapi juga bisa menyentuh berbagai kalangan.
"Ketika kami merilis album baru, penggemar kami (EXO-L) adalah prioritas utama di atas orang lain. Tetapi aku yakin bahwa (musik baru kami) akan menjangkau fandom lain, dan menarik bagi publik umum juga," tambah Sehun.
3. Merilis teaser
EXO SC (Sehun, Chanyeol). Foto: SM Entertainment
Teaser pertama dari EXO-SC dirilis pada 28 Juni. Lewat akun resmi EXO, pihaknya mengumumkan Sehun dan Chanyeol akan debut sebagai duo sub unit EXO-SC dengan mini album bertajuk 'What A Life'.
Bersamaan dengan itu, satu buah teaser foto diunggah, memperlihatkan Sehun dan Chanyeol dalam balutan jeans, yang dipadukan dengan t-shirt dan kemeja ala Hawaii.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, SM juga menyebut album debut EXO-SC akan berisi enam lagu dan dirilis pada 22 Juli.
Berbagai detail soal album ini pun diungkap secara bertahap, termasuk teaser foto dan video. Untuk mini album debut ini, EXO-SC diproduseri oleh Gaeko Dynamic Duo dan tim produser dari Devine Channel.
Saat itu, SM mengatakan akan ada tiga title track yang dirilis, termasuk 'What A Life', 'Closer To You' dan 'Just Us 2'. Ketiga lagu ini juga akan dirilis video klipnya secara bertahap.
4. Promosi album
Sub unit EXO-SC, Sehun dan Chanyeol. Foto: Twitter/weareone.EXO
Promosi album 'What A Life' dilakukan EXO-SC dengan beberapa cara. Salah satunya menampilkan dua lagu, 'What A Life' dan 'Closer To You' untuk pertama kalinya dalam konser EXO, 'The EXplOration' yang digelar pada 19 hingga 21 Juli kemarin.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Sehun dan Chanyeol juga tampil sebagai bintang tamu dalam variety show 'My Litte Television'. Dalam acara ini, keduanya membawa anjing peliharaan masing-masing, dan memperlihatkan sisi mereka sebagai seorang penyayang binatang.
5. Resmi debut
Video
EXO-SC resmi debut pada Senin (22/7), dengan merilis mini album 'What A Life'. Dalam konferensi pers yang berlangsung di hari yang sama, keduanya membeberkan proses pembuatan album, sekaligus respons anggota EXO soal album debut mereka.
"Lee Soo-man (founder SM Entertainment) mengundang kami ke sebuah rapat terkait album, dan mengatakan kepada kami bahwa ia mencintai 'What A Life.' Ia menyebut bahwa itu (album) benar-benar layaknya kepribadian kami, sangat lucu dan menarik. Dia mengatakan lagu semacam ini belum pernah diperlihatkan (dirilis) di bawah naungan SM Entertainment," ungkap Chanyeol.
ADVERTISEMENT
Selain mendapat respons positif dari Lee Soo Man, Sehun dan Chanyeol juga mengatakan, anggota EXO sangat mendukung debut mereka sebagai sub unit.
"Perbedaan terbesar antara aktivitas duet dan grup (EXO) kami adalah, (jika dalam hitungan) kami terlibat dalam membuat album ini dari satu hingga sepuluh. Itu menunjukkan ketulusan kami. Kami percaya satu sama lain. Itu tidak akan mungkin terjadi jika bukan karena ikatan (EXO) yang kuat," ujar keduanya.
Penasaran seperti apa musik dari album debut EXO-SC? Simak lagu-lagu nya berikut ini ya!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan