kumparan
12 Jan 2019 16:53 WIB

Round Up: Mengulik 'Harta Kartu' YG di Survival Show YG Treasure Box

YG Treasure Box (Foto: Instagram @yg.treasurebox)
Setelah sukses mendebutkan Blackpink pada 2016 lalu, YG Entertainmet siap kembali mengorbitkan grup K-Pop baru. Namun kali ini agensi yang dipimpin oleh Yang Hyun Suk tersebut akan membentuk sebuah grup boyband.
ADVERTISEMENT
Meneruskan tradisinya, YG Entertainmet kembali memproduksi acara survival show yang bertajuk 'YG Treasure Box'. Acara ini dibuat untuk mempertontonkan kemampuan setiap trainee pria, yang bernaung di bawah agensi tersebut. Lewat acara survival show seperti ini jugalah, YG sudah mendebutkan beberapa boyband populer seperti BIG BANG, iKON dan Winner.
Video
Episode pertama 'YG Treasure Box' telah tayang di akun YouTube dan V Live milik YG Treasure Box. Acara ini juga disiarkan di channel TV JTBC2 pada 16 November 2018, dan tayang sebanyak 10 episode.
Trainee yang ikut berpartisipasi dalam acara ini dibagi menjadi empat tim, yaitu tim A, B, C dan tim J. Tim J merupakan trainee YG Entertainment yang berasal dari Jepang dan terdiri dari Kotaro, Mashiho, Mahiro, Asahi, Yoshinori, Haruto, serta Keita.
ADVERTISEMENT
Video
Tim A terdiri dari Bang Yedam, Kim Do Youn, Lee Byoung Gon, Kim Seung Hun, Choi Hyun Suk, Kim Jun Kyu, dan Lee Midam. Anggota tim B adalah Kil Do Hwan, Kim Sung Yeon, Yoon Jae Hyuk, Jang Yun Seo, Park Ji Hoon, Ha Yoon Bin, Wang Jyun Hao, dan Kang Seok Hwa. Sementara tim C beranggotakan Kim Yeon Gue, Kim Jong Soeb, Yun Si Yun, So Jung Hwan, Jung Jun Hyuk, Lee In Hong, dan Park Jeong Woo.
Trainee tertua yang berpastisipasi dalam acara ini adalah Lee Byoung Gon yang berusia 20 tahun, dan peserta paling muda atau disebut maknae adalah Kim Jong Soeb yang masih berusia 13 tahun.
ADVERTISEMENT
Video
Awalnya ada total 29 orang trainee yang berpartisipasi dalam acara ini. Namun Lee Midam salah satu anggota dari tim A, tiba-tiba meninggalkan acara dengan alasan tidak sanggup mengikuti kompetisi tersebut. Keluarnya Midam menyisakan 28 trainee yang masih berkompetisi di 'YG Treasure Box'.
Berbeda dari grup seniornya, para trainee yang berpartisipasi dalam acara 'YG Treasure Box' harus menjalani persaingan yang cukup sengit. Di awal acara, Yang Hyun Suk mengungkapkan jika pihaknya hanya akan mendebutkan boyband dengan jumlah anggota ganjil. Ia dan tim produksi hanya akan mendebutkan lima trainee sebagai sebuah grup baru, namun keputusan tersebut belum final.
Sistem eleminasi pun mulai diadakan pada episode kenam yang tayang pada 21 Desember 2018. Dalam episode tersebut, peserta ‘YG Treasure Box’ harus berkompetisi adu skill, dua melawan dua dan juga satu melawan satu.
ADVERTISEMENT
Video
Misalnya yang dilakukan dua trainee asal Jepang, Yoshinori dan Mahiro. Keduanya harus bersaing untuk mendapatkan posisi terbaik. Yoshinori berhasil unggul dalam pertarungan tersebut, membuat Mahiro menjadi trainee pertama yang tereliminasi dari program ‘YG Treasure Box’.
Sejauh ini dari 28 peserta, sudah ada 17 nama yang tereleminasi. Mereka pun akan kembali menjalani masa training di YG Entertainment dan menunggu waktu debut.
Dalam episode terbarunya yang tayang pada Jumat (11/1) kemarin, Yang Hyun Suk akhirnya mengumumkan, akan mendebutkan boyband baru hanya dengan tujuh anggota. Hal ini tentunya menjadi tekanan berat yang harus dihadapi para trainee tersisa.
Video
Selain ditentukan oleh Yang Hyun Suk, artis serta staf YG Entertainment, para trainee yang berhak debut juga ditentukan dari pilihan fans. Pihak agensi membuka sesi voting bagi fans, untuk menentukan siapa saja yang pantas debut. Pada laman resminya, YG Entertainment hanya memperbolehkan penggemar melakukan voting terhadap 7 trainee.
ADVERTISEMENT
Hingga saat ini belum diketahui nama yang akan digunakan oleh YG Entertainmet untuk boyband barunya kelak. Pihak agensi sendiri belum mengungkapkan pilihan nama yang akan mereka berikan kepada grup tersebut. Yang Hyun Suk sendiri memastikan jika grup final ‘YG Treasure Box’ akan debut pada 2019, meski belum ada konfirmasi mengenai hal tersebut.
Video
Jika dibandingkan dengan survival yang diikuti oleh BIG BANG, Winner, dan iKON, terasa ada yang kurang dari acara ini, yaitu kemampuan para trainee untuk memproduksi lagu. Dalam acara survival yang diikuti oleh BIG BANG, Winner, dan iKON, mereka diwajibkan untuk menampilkan lagu ciptaan sendiri disetiap episodenya. Namun, hal tersebut belum terlihat dalam tayangan ‘YG Treasure Box’.
Sejauh ini Bang Yedam merupakan satu-satunya trainee yang berani membawakan lagu ciptaannya sendiri saat evaluasi bulanan di hadapan Yang Hyun Suk. Selebihnya setiap trainee hanya membawakan ulang lagu penyanyi lain dengan gaya dan aransemen mereka sendiri.
ADVERTISEMENT
Kabarnya setelah acara ‘YG Treasure Box’ selesai, YG Entertainmet kembali akan menggelar acara yang sama untuk membentuk girlband baru. Kabar ini tentunya menjadi hal yang paling ditunggu oleh penggemar mengingat agensi tersebut tidak pernah menggelar acara survival untuk trainee wanitanya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan