kumparan
16 Juni 2019 11:32

Super Junior 'Super Show 7S in Jakarta' Konser Penuh Nostalgia

Konser Super Junior
Konser Super Junior, 'Super Show 7s in Jakarta'. Foto: Niken Nurani/kumparan
Empat tahun sejak konser solo terakhir mereka di Indonesia, boyband K-Pop Super Junior kembali menyapa ELF Indonesia lewat konser 'Super Show 7S'. Dalam konser kali ini, Super Junior menampilkan lagu-lagu ikonik mereka dan menciptakan suasana yang penuh kenangan.
ADVERTISEMENT
Perpaduan aksi panggung Super Junior lewat lagu-lagu lawas dan baru membuat fans tak henti untuk ikut bernyanyi di sepanjang konser. Meski anggotanya terbilang rata-rata sudah berusia kepala tiga, namun semangat, dan stamina mereka saat tampil, tetap maksimal.
Seperti apa sih keseruan konser Super Junior 'Super Show 7S', yang berlangsung semalam di ICE BSD, Tangerang? Berikut lima di antaranya.
1. Bawakan lagu-lagu hits
Konser Super Junior
Konser Super Junior, 'Super Show 7s in Jakarta'. Foto: Niken Nurani/kumparan
Para penggemar Super Junior, baik yang sudah lama atau yang baru bergabung ke dalam fandom ELF, dimanjakan dengan setlist konser yang bisa dibilang sempurna. Super Junior menyuguhkan lagu lama seperti 'Superman', 'Sorry Sorry', hingga 'Rokkugo' (로꾸거), yang merupakan lagu sub unit Super Junior T. Mereka juga membawakan lagu-lagu baru yang energik seperti 'Blacksuit', dan 'One More Time (Otra Vez)'.
ADVERTISEMENT
Tentu setlist ini seolah membawa rasa nostalgia bagi penggemar lama, dan pengalaman pertama bagi fans yang baru menyaksikan konser Super Junior.
Panggung Super Junior kali ini memang menjadi ajang reuni bagi anggota Suju, setelah semua anggotanya menyelesaikan wamil. Mereka juga mengaku senang karena akhirnya bisa kembali sepanggung bersama.
"Berkat kalian semua kami bisa menggelar konser SS 7S di sini. Masing-masing anggota punya banyak acara, enggak banyak waktu bisa kumpul kayak gini. Berkat kalian kami bisa kumpul bersama. Saya senang bisa (kembali) sepanggung dengan anggota Suju. Kami akan berikan pertunjukan terbaik," ungkap Eunhyuk.
2. Hangat menyapa penggemar
Konser Super Junior
Konser Super Junior, 'Super Show 7s in Jakarta'. Foto: Niken Nurani/kumparan
Setelah membuka konser dengan tiga lagu, 'Blacksuit', 'Superman', dan 'Don't Don', Leeteuk, Heechul, Donghae, Eunhyuk, Shindong, Siwon dan Ryeowook masuk ke sesi bincang-bincang.
ADVERTISEMENT
Mereka dengan fasih menggunakan bahasa Indonesia untuk menyapa ELF Indonesia.
"Apa kabar," "Aku cinta kalian," ungkap para anggota Super Junior.
"Selamat datang, nama saya Leeteuk, saya suka gadis Indonesia," tambah sang leader Leeteuk.
Enggak cuma menyapa penggemar, para anggota Suju juga memuji ELF bahkan memberikan gombalan.
"Kata orang kalau jatuh cinta itu suka makin cantik. Kalian semua cantik, berarti kalian makin cinta sama kami," ujar Leeteuk yang disambut sorakan penonton.
3. Kejutan kolaborasi dengan Rossa
Video
Di awal konser Siwon menyebut akan ada bintang tamu spesial dalam konser Super Junior. Ternyata tamu spesial itu adalah penyanyi solo Indonesia, Rossa.
Perempuan yang sudah meneken kontrak dengan SM Entertainment ini berkolaborasi dengan Yesung dan Ryeowook lewat lagu 'Tegar'.
ADVERTISEMENT
Enggak cuma berkolaborasi, Rossa juga berkesempatan tampil solo lewat lagu hitsnya, 'Pudar'.
"Lagu ini dipilih oleh anggota Super Junior. Kalian pasti bisa nyanyiin lagu ini," ungkap Rossa.
Sontak, para fans ikut bernyanyi saat perempuan kelahiran 1978 ini membawakan lagu tersebut.
Video
4. Fanchant kompak ELF
Konser Super Junior
Konser Super Junior, 'Super Show 7s in Jakarta'. Foto: Niken Nurani/kumparan
Super Junior terakhir kali menggelar konser solo pada 2015. Empat tahun berlalu, Leeteuk cs kembali ke Tanah Air lewat konser solo 'Super Show 7S'.
Penantian panjang ELF tentu terbayarkan lewat konser yang digelar di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (15/6). Para fans terus mengalunkan fanchant saat Super Junior tampil membawakan lagu-lagu hits mereka.
Kompaknya fanchant dari fans ini tentu karena rasa rindu, juga persiapan penggemar untuk memeriahkan konser.
ADVERTISEMENT
Hal ini diakui oleh salah satu penggemar, Tesha, yang menghafal lagu-lagu Super Junior sebelum gelaran konser berlangsung.
"Enggak ada persiapan khusus, cuma mulai menghafal lagu-lagu, kan mau ada (fan) project," ungkap Tesha kepada kumparan.
5. Janji akan kembali
Konser Super Junior
Konser Super Junior, 'Super Show 7s in Jakarta'. Foto: Andari Novianti/kumparan
Dalam konser yang berlangsung selama 2,5 jam anggota Super Junior terus menerus mengungkapkan betapa bahagianya mereka bisa kembali ke Indonesia.
Leeteuk bahkan menyebut nama-nama makanan khas Indonesia yang ingin ia coba seperti nasi goreng dan sate.
Beberapa anggota yang lain seperti Eunhyuk, juga berterima kasih kepada fans, karena lewat konser tersebut Super Junior bisa berkumpul bersama setelah menyelesaikan wajib militer.
Shindong juga memuji fans Indonesia yang selalu membuatnya terpesona.
"Pokoknya (fans) Indonesia selalu di luar ekspektasi. Habis saya wamil, kami manggung di Asian Games 2018, Indonesia selalu memberikan kesan yang baik," tuturnya.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, Kyuhyun tidak dapat hadir dalam pergelaran konser kali ini. Para anggota pun mengatakan akan kembali ke Indonesia lewat 'Super Show 8' lengkap dengan Kyuhyun.
"Gimana kalian senang enggak? Kalian tahu gak, kami setelah ini balik ke Korea, mau ngapain? Super Junior bakal rilis album terbaru. Kami akan kembali secepatnya, tungguin ya," ungkap Donghae.
"Kami berjanji akan kembali lagi dengan Super Show selanjutnya," tambah Eunhyuk.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan