kumparan
24 Oktober 2018 19:05

10 Fakta tentang Jan Ethes, Cucu Jokowi yang Menggemaskan

Jan Ethes, Presiden Jokowi, Joko Widodo, Cucu Presiden.
Nge-vlog bareng Joko Widodo. (Foto: Instagram @janethesss)
Jan Ethes, cucu pertama Presiden Jokowi, akhir-akhir ini sering mencuri perhatian warganet. Aksinya yang menggemaskan tiap mendampingi kegiatan Jokowi tak ayal menjadi sorotan.
ADVERTISEMENT
Begitu pula saat Jan Ethes bersama kakeknya menghadiri Apel Akbar Santri Nusantara di Surakarta pada Sabtu (20/10), jagat Twitter pun diramaikan dengan tagar #JokowiBersamaCucu yang menjadi trending topic teratas.
Sering ikut gemas melihat ekspresi dan gaya Jan Ethes, Moms? Yuk kenal lebih dekat dengan Jan Ethes lewat 10 fakta berikut:
1. Jokowi Ikut Menyumbang Pemberian Namanya
Anak pertama dari Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda itu memiliki nama lengkap Jan Ethes Srinarendra. Tak sekadar panggilan, nama itu ternyata juga sarat makna.
Diambil dari Bahasa Jawa, Jan berarti sangat, Ethes berarti cekatan, dan Narendra artinya pemimpin yang cerdas. Dari nama itu, Jan Ethes didoakan suatu hari menjadi pemimpin yang sangat cerdas dan cekatan. Jokowi turut menyumbang pemberian nama cucu pertamanya itu lho!
Jokowi Ajak Jan Ethes Liburan(NT CV)
Jokowi Ajak Jan Ethes Liburan (Foto: Biro Pers Setpres/Kris)
2. Belum Genap Berusia 2 Tahun
ADVERTISEMENT
Jan Ethes sering terlihat lincah dan menggemaskan tiap mengikuti agenda kepresidenan Jokowi. Namun dalam beberapa kali kesempatan Jokowi menyampaikan bahwa cucunya tidak ikut karena sedang tidur.
Nah warganet harus maklum karena Jan Ethes yang lahir pada 10 Maret 2016 itu masih berusia 19 bulan. Ia membutuhkan tidur setidaknya 12-14 jam setiap hari.
3. Lahir di Surakarta
Sedikit kilas balik, Jan Ethes lahir melalui operasi caesar di RS PKU Muhammadiyah, Surakarta, Jawa Tengah. Ia lahir dalam kondisi sehat dengan berat badan 3.09 kg dan panjang 48,5 cm.
Jokowi dan Jan Ethes di Botani Square Bogor
Jokowi dan Jan Ethes di Botani Square Bogor (Foto: Biro Pers Setpres)
4. Berzodiak Pisces
Karena lahir pada 10 Maret, artinya Jan Ethes berzodiak Pisces. Sebagian warganet mungkin akan menebak-nebak karakter Jan Ethes lewat zodiaknya.
ADVERTISEMENT
5. Beberapa Kali Muncul di Vlog Jokowi
Jan Ethes juga makin populer sejak beberapa kali muncul di vlog Jokowi di YouTube. Vlog dengan Jan Ethes diunggah pada September 2017 di mana Jokowi asyik mengajak cucunya bermain di Solo. Vlog selanjutnya tampak Jokowi mengajak Jan Ethes berolahraga tinju pada Juli 2018.
Jokowi dan Jan Ethes.
Jokowi dan Jan Ethes. (Foto: Youtube/Presiden Joko Widodo)
6. Memanggil Jokowi dengan “Mbah Owi”
Jan Ethes memanggil Jokowi dengan sebutan mbah seperti panggilan kakek khas Jawa. Lengkapnya ia memanggil Jokowi dengan sebutan “Mbah Owi”, sementara neneknya Iriana dipanggil “Uti Ana”.
7. Pertama Kali Menginjak Istana Merdeka pada Agustus 2017
Sosok Jan Ethes yang menggemaskan sering muncul di media sejak ia menghadiri peringatan HUT RI ke-72 di Istana Merdeka. Itulah pertama kalinya Jan Ethes menginjakkan kakinya di Istana Merdeka. Berbalutkan baju adat khas Jawa Tengah, ia melewati karpet merah. Sebelum ini, Jan Ethes jarang terekspos media.
Jan Ethes, cucu Jokowi
Jan Ethes, cucu Jokowi (Foto: Ananda Theresia/kumparan)
8. Punya Adik Perempuan
ADVERTISEMENT
Saat ini Jan Ethes memang belum punya adik kandung. Tapi sejak 3 Agustus 20108 lalu, ia punya adik sepupu perempuan , yakni Sedah Mirah. Anak pertama dari Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution itu merupakan cucu kedua Jokowi.
9. Bikin Kaesang Cemburu
Jan Ethes rupanya juga membuat pamannya cemburu. Ya, Moms, Kaesang Pangarep, anak bungsu Jokowi, pada Senin (21/10) sempat membalas kicauan Jokowi tentang Apel Hari Santri di Surakarta pada Sabtu (20/10) yang diyakini warganet sebagai ungkapan cemburu pada keponakannya. Kaesang berkomentar, “Saya tidak pernah diajak lagi”.
Cuitan itu kemudian jadi bahan bercandaan warganet hingga beberapa hari kemudian. Bahkan Gibran ikut mengomentari candaan tersebut. Lucu, ya!
10. Jadi Perhatian Paspampres
ADVERTISEMENT
Tidak hanya warganet yang direbut perhatiannya oleh Jan Ethes, Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) juga. Para Paspampres bahkan sering dibikin sibuk oleh Jan Ethes yang lincah berlari ke sana kemari.
Misalnya saat Jan Ethes menghadiri Apel Akbar Santri Nusantara di Surakarta. Tiga personel Paspampres harus kejar-kejaran dengan Jan Ethes di atas panggung. Tambah bikin gemaaasss...
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan