kumparan
21 Januari 2018 11:49

10 OLS Penjual Mainan Edukatif Pilihan Editor KumparanMom

Mainan terbaik untuk anak. (Foto: Thinkstock)
Semua anak pasti sangat suka bermain. Jangankan anak yang sudah memasuki usia balita, bayi pun suka dan butuh bermain. Kebutuhan bermain anak bukan tanpa alasan. Bermain membawa banyak sekali manfaat mulai dari menyalurkan energi yang dapat membawa rasa senang, meningkatkan percaya diri, melatih kemampuan motorik, melatih mental, mengasah kreativitas, meningkatkan ketangkasan dan fungsi panca indera anak hingga meningkatkan kecerdasan emosi dan berbahasa anak.
ADVERTISEMENT
Dengan bermain, anak juga bisa belajar. Misalnya belajar bersosialisasi, menentukan pilihan, mengenal baik-buruk, memahami konsep sebab-akibat, dan banyak lagi. Penting sekali kan, Moms!
Karena pentingnya bermain bagi anak, sebisa mungkin dampingi anak saat bermain. Manfaatkan waktu luang seperti saat akhir pekan misalnya. Menemani anak bermain juga akan meningkatkan kelekatan Anda dan anak yang tentunya juga akan menjadi kenangan yang indah bersama
Jangan lupa, siapkan mainan-mainan edukatif di rumah untuk membuat waktu bermain semakin optimal dan menyenangkan. Kabar baiknya nih, sekarang banyak sekali online shop (OLS) yang menjual mainan-mainan edukatif -termasuk mainan edukatif buatan lokal yang harganya lebih terjangkau. Anda yang mager saat akhir pekan ini tidak perlu keluar rumah untum membelinya.
ADVERTISEMENT
Berikut 10 OLS yang kumparanMom pilih di instagram untuk Anda:
1. THE MENTHILIS PROJECT
Ingin mengajak anak berkreasi membuat mainan sendiri? Banyak ibu yang jadi enggan karena sudah malas duluan mengingat repotnya bahan-bahan dan peralatan yang harus disiapkan.
Tidak begitu kalau Anda membeli satu paket boks aktivitas dari The Menthilis Project yang bisa dibeli di @menthilis . Karena di dalamnya semua bahan dan peralatan sudah disiapkan komplet, termasuk lem, kuas, spidol, gunting anak -pokoknya semua yang diperlukan untuk menyelesaikan aktivitas terkait. Ini artinya Anda bisa bebas ribet sekaligus berhemat. Untuk memudahkan, di dalam boks juga tersedia penjelasan detil tentang bagaimana membuat karya atau melakukan aktivitasnya. Jadi dijamin anti gagal, deh.
ADVERTISEMENT
Ragam temanya pun seru-seru. Ada Asyiknya Bertani, Terbang ke Angkasa, Laut Luas, Rumah Bonekaku dan banyak lagi. Tinggal pilih mana yang paling disukai si kecil saja.
Pssst... saat kumparanMom (kumparan.com) mengunjungi workshop Menthilis di Bandung, ternyata paket-paket aktivitas ini dirancang konsepnya dan disiapkan sepenuh hati oleh beberapa ibu muda yang memang punya anak-anak balita hingga usia sekolah, lho. Tapi bukan hanya dari pengalaman langsung sebagai ibu, latar belakang pendidikan mereka juga sangat mendukung. Mulai dari psikologi, bahasa, hingga desain. Tidak heran kalau paket aktivitas yang mereka buat betul-betul pas dengan kebutuhan anak maupun keinginan para ibu seperti kita.
2. GUMMY BOX
@gummyboxid adalah salah satu penjual paket aktivitas anak yang juga bisa jadi pilihan Anda. Apa istimewanya? Semua penjelasan di dalam boks ditulis dalam bahasa Inggris. Cocok untuk anak yang sehari-hari terbiasa berbahasa Inggris.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Gummy Box juga menyediakan tema-tema khusus seperti tema Indonesia. Anak bisa belajar membatik, mengenal satwa khas Indonesia yang terancam punah, bermain wayang hingga membuat peta Nusantara. Jadi sambil bermain, Anda bisa sekalian mengenalkan dan menanamkan rasa cinta anak pada negeri dan tanah air ini.
Saat ini, Gummy Box juga sudah tersedia di jaringan toko mainan yang mudah Anda temui di mal-mal terkemuka. Memang sih, harganya relatif lebih tinggi dibandingkan harga mainan edukasi buatan lokal pada umumnya. Tapi kalau memang bisa memberi banyak manfaat, nggak apa-apa juga kan ya.
3. BUKU BANTAL NODI
Siapa bilang bayi tidak bisa diajak membaca? Anda bisa membacakan buku atau mengenalkan budaya baca pada bayi sedini mungkin, kok. Ini justru akan sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang bayi terutama untuk kemampuan bahasa dan sosialnya.
ADVERTISEMENT
Mulailah dengan mengenalan bayi pada buku bantal atau yang di luar negeri biasa disebut soft book. Buku ini dibuat dari kain lembut yang diisi serat polyester sehingga setiap halamannya empuk menyerupai bantal. Jelas aman untuk jari-jari mungil bayi dan balita Anda.
Memang, mungkin Anda sudah sering melihat buku seperti ini di toko-toko bayi atau jaringan toko buku impor. Tapi artinya dalam bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya. Nah, @bukubantalnodi bisa jadi pilihan Anda nih. Koleksi buku bantal yang ditawarkan cukup variatif dan pastinya menggunakan bahasa Indonesia.
Sebagai catatan tambahan, anak yang sejak kecil diajarkan bahasa ibu akan lebih cepat memahami hal-hal konseptual, dibandingkan anak yang sejak kecil dilatih berbicara bahasa asing. Dengan kata lain, membacakan anak buku cerita dengan bahasa Indonesia akan membawa manfaat besar bagi anak Anda.
ADVERTISEMENT
4. NICKENLILINDRI BUSY BOOK
Busy Book! Anda sudah mengetahui apa maksudnya? Busy book adalah buku yang membuat anak sibuk! Hahaha... Tenang, ini bukan terjemahan dari Google. Tapi memang begitulah fungsinya buku ini -memberikan kesibukan bagi anak-anak melalui berbagai jenis pemainan yang menarik.
Namun kesibukan ini bukan sibuk bermain tanpa arti. Bermain dengan busy book termasuk dalam bentuk permaian sensori yang menstimulasi kognitif anak khususnya untuk anak usia 9 bulan hingga 4 tahun.
Permaianan sensori adalah berbagai bentuk permainan yang dapat mendorong atau meningkatkan pertumbuhan kognitif pada anak. Biasanya dilakukan dengan menstimulasi berbagai panca indera manusia seperti penglihatan, penciuman, pendengaran, perabaan hingga pengecapan. Jelas kan, betapa permainan ini sangat bermanfaat bagi anak?
ADVERTISEMENT
Sebelum Anda kebingungan bagaimana cara menstimuli berbagai panca indera anak seperti yang disebutkan di atas tadi, coba beli saja buku ini. @nickenlilindri_busybook memiliki beberapa desain menarik yang bisa Anda pilih dengan ragam kesibukan yang berbeda-beda untuk si kecil.
5. BEEZY BOARD
Kalau sudah puas bersibuk-sibuk dengan buku, sekarang saatnya anak Anda bersibuk-sibuk dengan papan main kekinian ini. Busy board! Anda tentu sering memperhatikan betapa tangan balita tidak pernah bisa diam. Ada saja yang dipegang, diraba, ditekan, ditarik, digeser-geser atau dibukanya. Mulai dari telepon, kunci, jam, dan semua benda lain yang ada di rumah.
Jangan dihentikan, Moms. Ini juga termasuk permainan yang sangat bermanfaat bagi perkembangan kognitif maupun motorik halus anak. Tapi pastikan ia bermain dengan aman. Tidak mau dong, jari-jari mungilnya terjepit pintu, tersengat listrik atau risiko lainnya yang bisa saja terjadi saat anak menyalurkan hasratnya bereksplorasi?
ADVERTISEMENT
Itu sebabnya ada busy board ini. Anda dapat membuatnya sendiri atau membelinya di OLS! Seperti di @beezyboard misalnya. Selain membuat papan sibuk yang menarik dan aman untuk anak, mereka juga menerima pesenan khusus dari Anda, lho. Misalnya bila Anda ingin mencantumkan nama anak di papan.
Yang jelas, membuat anak sibuk sendiri dengan papan bermain jelas lebih sehat dan aman daripada memberikan anak gadget di saat Anda tidak bisa menemaninya.
6. LEEZIE CREATIVE
Waktu berkunjung ke akun instragram @LeezieCreative, kumparanMom (kumparan.com) langsung jatuh cinta pada kartu mini domino yang ditawarkan OLS ini. Bikin gemas!
Tapi tidak hanya domino mini yang bisa membantu Anda mengajarkan anak mencocokkan gambar atau angka, masih ada juga berbagai jenis puzzle dan flash card untuk anak Anda. Salah satu puzzle favorit kumparanMom (kumparan.com) yang ditawarkan di sini disebut Puzzlo.
ADVERTISEMENT
Puzzlo adalah kartu edukasi dari karton tebal berbentuk O yang unik. Anak dapat belajar sambil bermain dengan mencocokkan dan memasang bagian tengah Puzzlo pada bagian luanya sesuai dengan gambar, angka atau warna.
Permainan ini bermanfaat untuk membantu anak mengenal berbagai warna dasar, menambah kosakata, meningkatkan koordinasi antara mata dan tangan, higga melatih motorik halus. Tidak hanya itu, bermain puzzle atau mencocokkan juga melatih kemampuan anak dalam memecahkan masalah serta meningkatkan daya ingat.
Mainan lain yang jadi pilihan kumparanMom (kumparan.com) di sini adalah Pompom & Tweezer -paket penjepit plastikd an 100 butir bola kain kecil yang bisa digunakan anak untuk bermain menjepit. Permainan menjepit atau memindahkan benda mungil dengan jepitan sangat bermanfaat untuk melatih kemampuan motorik halus anak sekaligus mendukung kekuatan jari-jarinya yang akan berguna untuk kesiapan balita kelak belajar menulis. Keren, kan?
ADVERTISEMENT
Yang menarik, mayoritas mainan edukasi yang dijual di OLS ini harganya kurang dari Rp 50.000,- saja lho, Moms.
7. JEAN EDU TOYS
Sering melihat berbagai mainan edukatif yang terbuat dari kayu di Kelompok Bermain atau Taman Kanak-kanak, Moms? Mulai dari balok-balok warna dengan aneka bentuk geometris, mainan pasak dan palu, puzzle, kereta kayu susun, alur kawat,m menara kunci dan banyak lagi jenis lainnya?
Bila ingin membelinya untuk anak, Anda bisa cek OLS yang satu ini. Koleksi mainan kayu edukatif Jean Edu Toys banyak dan variatif. Siap-siap saja kebingungan harus memilih yang mana.
Tapi bila sudah menentukan pilihan, segera saya hubungi dan pesan mainan yang Anda inginkan karena mereka memiliki pelayanan pengiriman di hari yang sama. Jadi Anda tak perlu menunggu lama untuk bermain bersama si kecil , Moms.
ADVERTISEMENT
8. ELF AND KIDS
Pernahkah Anda mendengar tentang konsep pendidikan Montessori? Metode Montessori adalah suatu metode pendidikan untuk anak yang dikembangan Dr. Maria Montessori, seorang pendidik dari Italia di awal abad 20.
Ciri dari metode ini adalah memberikan kebebasan pada anak memilih kegiatan sesuai dengan keinginannya sementara guru (atau pendamping) bersifat mengarahkan. Ciri lainnya adalah adanya penggunaan alat-alat Montessori.
Nah, bila tertarik dengan metode pendidikan ini, @elfandkids cocok untuk Anda. Mereka menjual pink tower, knobbed cylinders, sand paper number, birthday sun, dressing frame, dan banyak alat-alat bermain khas Montessori.
Tidak hanya mainan, Elf and Kids juga menyediakan buku-buku yang menjelaskan tentang metode pendidikan Montessori. Jadi Anda bisa mendapat panduan lengkap bagaimana mendampingi anak bermain dengan alat-alat Montessori ini. Selain buku, Anda juga dapat memperoleh penjelasan lebih banyak mengenai metode maupun alat-alat montessori ini dengan mengunjungi situs mereka.
ADVERTISEMENT
9. DIANS HANDMADE
Anak Anda mungkin sudah punya banyak boneka. Tapi apa Anda sudah membelikannya boneka jari? @dians_handmade menyediakan macam-macam boneka jari yang lucu. Ada boneka jari berbentuk buah, sayur, karakter kartun favorit anak, dan banyak lagi.
Bermain boneka jari bisa membawa banyak manfaat untuk bayi dan anak, lho. Para ahli pendidikan dan perkembangan anak percaya bermain dengan boneka jari dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak, merangsang daya imajinasi hingga meningkatkan kemampuan bersosialisasi.
Pada bayi, Anda bisa mengajaknya bercakap-cakap dengan menggunakan boneka jari. Sederhana saja, misalnya dengan menyapa, "Selamat pagi anak Ibu yang baik, hari ini kita main-main bersama si kelinci, yuk?" Katakan sambil menggunakan boneka jari kelinci di jari Anda. Bayi memang belum bisa bicara, tapi bukan berarti ia tidak butuh diajak bercakap-cakap oleh Anda.
ADVERTISEMENT
Sementara untuk balita, Anda bisa menggunakan boneka jari untuk mendorong semangat anak saat menemaninya makan dan tentu saja untuk mendongeng. Pilih beragam seri boneka jari untuk membuat variasi cerita yang menarik. Bila anak tertarik, minta ia bergantian menggunakan boneka jari dan balas bercerita pada Anda. Serunya!
10. NAMMINA HOME
@namminahome sebenaranya mengkhususkan dirinya pada pernak-pernik rumah bernuansa Indonesia. Tapi Vanda Yulianti, desainer dan ilustrator di balik Nammina yang juga seorang penulis buku, memang sangat peduli pada pendidikan anak. Itu sebabnya Nammina juga menyediakan beberapa mainan edukatif yang sangat menarik.
Sebut saja di antaranya coloring pillow yang bisa diwarnai sendiri oleh anak, character doll yang bisa mengenalkan anak ragam baju tradisional nusantara, boneka profesi, bantal peta Indonesia dan banyak lagi. Semuanya, bikin geeemmmaaaaatttzzz...
ADVERTISEMENT
Nammina juga menerima pesanan khusus dengan nama. Makin spesial deh, jadinya.
Jadi, yang mana yang akan Anda pilih untuk si kecil, Moms? Jangan lupa tulis komen atau share artikel ini pada teman-teman yang Anda rasa juga akan menyukainya, ya. Selamat belanja!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan