Mom
·
12 Agustus 2020 7:44

14 Nama Bayi dari Gelar Raja Nusantara, seperti Nama Cucu Keempat Jokowi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
14 Nama Bayi dari Gelar Raja Nusantara, seperti Nama Cucu Keempat Jokowi (181582)
nama bayi yang unik bisa diambil dari gelar raja nusantara Foto: Shutter Stock
Panembahan Al Nahyan Nasution, itulah nama cucu keempat Jokowi. Nama unik ini, diumumkan oleh sang ayah, Bobby Nasution melalui akun Instagram-nya pada Senin (10/8) malam.
ADVERTISEMENT
"Halo om, tante, kakak & abang semuanya...Kenalkan namaku "Panembahan Al Nahyan Nasution", adeknya kak Sedah Mirah Nasution," tulis Bobby, suami Kahiyang Ayu, putri Presiden Jokowi.
Kahiyang melahirkan anak keduanya itu pada Senin (3/8) lalu. Namun namanya memang tidak langsung diumumkan.
Lantas, kira-kira apa ya arti nama bayi yang unik ini?
14 Nama Bayi dari Gelar Raja Nusantara, seperti Nama Cucu Keempat Jokowi (181583)
Potret kebersamaan keluarga Kahiyang Ayu, Bobby Nasution, Sedah Mirah dan Panembahan Foto: Instagram/@ayanggkahiyang
Kata Panembahan yang menjadi kata pertama berasal dari Bahasa Jawa. Mengutip Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Panembahan berarti raja atau pemimpin dengan gelar kebangsawanan.
Panembahan merupakan gelar yang cukup agung dalam budaya Jawa. Salah satu raja di Jawa yang menyandang gelar Penembahan adalah Danang Sutawijaya yang merupakan pendiri raja pertama Mataram.
Nah Moms, apakah Anda ingin mencari nama bayi yang berarti Raja atau Pemimpin seperti nama Panembahan untuk si kecil yang akan lahir? Berikut kumparanMOM pilihan 14 nama dari gelar raja-raja di Nusantara untuk jadi inspirasi Anda:
14 Nama Bayi dari Gelar Raja Nusantara, seperti Nama Cucu Keempat Jokowi (181584)
Nama bayi dari gelar raja kerajaan Nusantara Foto: Shutterstock

Gelar Raja Nusantara yang Bisa Jadi Inspirasi Nama Bayi

Sultan - Gelar Sultan banyak digunakan oleh raja-raja Kerajaan Islam di Nusantara. Termasuk di antaranya Kesultanan Perlak, Kesultanan Ternate, Kesultanan Tidore, Kesultanan Pasai (Samudera Pasai), Kesultanan Pagaruyung dan Kesultanan Yogyakarta.
ADVERTISEMENT
Sunan - Selain Sultan, gelar Sunan (susuhunan) juga digunakan di kerajaan-kerajaan di Nusantara setelah masuknya pengaruh Islam. Misalnya Kasunanan Surakarta.
Raden - Raja yang paling dikenal dengan nama ini mungkin Raden Wijaya, sang pendiri Kerajaan Majapahit. Raja yang berasal dari Kerajaan Galuh ini, memiliki darah Sunda-Jawa, Moms.
Prabu - Gelar Prabu juga sangat dikenal di lingkungan kerajaan Nusantara. Sebut saja di antaranya Prabu Jayabaya dari Kadiri dan Prabu Siliwangi dari Kerajaan Sundah Galuh/Pakuan. Nama Prabu tentu mudah dipadu-padankan dengan nama lain untuk merangkai nama bayi Anda.
14 Nama Bayi dari Gelar Raja Nusantara, seperti Nama Cucu Keempat Jokowi (181585)
inspirasi nama bayi dari gelar raja nusantara Foto: Pixabay
Datu - Beberapa kerajaan di Nusantara disebut juga Kedatuan. Itulah kenapa, rajanya bergelar Datu.Kedatuan dikenal dan tersebar luas di wilayah Nusantara, termasuk pulau Sumatra, semenanjung Melayu, dan pulau Jawa.
ADVERTISEMENT
Sombaya - Nama Sombaya dikenal di lingkungan Kesultanan Makassar sebagai gelar raja tertinggi. Sebab dulu, ada dua raja di kesultanan tersebut, Raja Gowa dan Raja Tallo. Arti kata Sombaya sebenarnya yaitu: yang disembah. Kalau jadi nama bayi, unik ya!
14 Nama Bayi dari Gelar Raja Nusantara, seperti Nama Cucu Keempat Jokowi (181586)
inspirasi nama bayi nusantara Foto: Shutter Stock
Payunge atau Mapayunge adalah gelar raja yang digunakan di Kerajaan Luwu, salah satu kerajaan Bugis tertua. Pusat kerajaan ini terletak di Malangke yang kini menjadi wilayah Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Arti nama ini dia yang berpayung atau dipayungi.
Mangkau’E, To Manurung, Karaeng Arung, Matowa, Batara kelima nama ini juga berasal dari Sulawesi.
Pate - Ingat Pati Unus sang Raja Demak, Moms? Di berbagai catatan sejarah, namanya kerap juga ditulis dengan ejaan Pate.
ADVERTISEMENT
Adipati - Masih dari sosok yang sama, kita mengenal juga nama Adipati atau Adipati Unus. Namun wilayah kekuasaan seorang Adipati tidak cukup besar untuk menjadi sebuah kerajaan. Bila dirangkai jadi nama bayi? Boleh saja! Bila perlu gabungkan dengan nama lain yang Anda rasa lebih kekinian. Adipati Dolken, contohnya!