Mom
·
21 September 2020 11:01

15 Nama Bayi Perempuan yang Terinspirasi dari Ilmuwan Dunia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
15 Nama Bayi Perempuan yang Terinspirasi dari Ilmuwan Dunia (19665)
Ilustrasi bayi perempuan. Foto: Shutter Stock
Setiap orang tua tentu ingin memilih nama bayi yang terbaik dan bagus untuk anak-anaknya. Namun menentukan nama yang cocok untuk anak susah-susah gampang, ada begitu banyak inspirasi yang bisa dijadikan sebagai nama anak. Jika Anda masih bingung, cobalah untuk memberikan nama yang berasal dari ilmuwan dunia.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, selain keren, nama-nama ilmuwan yang tersemat pada si kecil bisa menjadi doa dan harapan, agar kelak ia tumbuh menjadi anak yang cerdas layaknya ilmuwan-ilmuwantersebut.
kumparanMOM memilihkan 15 nama yang bisa dipilih sebagai nama depan, tengah, atau belakang untuk anak perempuan Anda.
15 Nama Bayi Perempuan yang Terinspirasi dari Ilmuwan Dunia (19666)
Ilustrasi bayi perempuan Foto: Shutter Stock

15 Nama Bayi Perempuan Terinspirasi dari Ilmuwan Dunia

1. Ada

Ada Lovelace merupakan programer komputer pertama di dunia. Dia adalah orang yang menciptakan algoritma pertama yang bisa digunakan di mesin tersebut. Dalam bahasa Jerman, Ada bermakna 'Bangsawan'.

2. Agnes

Agnes merupakan nama yang diambil dari nama ahli botani wanita pertama dunia yakni Agnes Robertson Arber. Agnes adalah seorang ahli morfologi, anatomi tumbuhan, dan seorang sejarawan botani. Dalam bahasa Yunani, Agner berarti 'Murni'.
ADVERTISEMENT

3. Alice

Bila Anda sedang bingung menentukan nama yang cantik dan memiliki latar belakang yang baik, cobalah pilih nama Alice. Ya Alice diambil dari nama ilmuwan terkenal dalam bidang toksikologi dan kedokteran okupasi yakni Alice Hamilton. Dia adalah wanita pertama yang bersekolah di Harvard University, dan dijuluki sebagai First Lady of Industrial Medicine. Alice dalam bahasa Jerman artinya 'bangsawan'.

4. Caroline

Nama anak ini milik seorang astronom Jerman yang menjadi astronom wanita pertama, penemu 8 komet. Dia juga wanita pertama yang penemuannya dipublikasikan oleh Royal Society. Dalam bahasa Italia, Caroline bermakna 'kuat'.

5. Clarence

Clarence adalah nama seorang penemu teknik pembekuan makanan dan pendiri industri makanan beku modern bernama Clarence Birdseye. Nama ini dalam bahasa Latin bermakna 'Cerah'.
15 Nama Bayi Perempuan yang Terinspirasi dari Ilmuwan Dunia (19667)
Ilustrasi bayi perempuan Foto: Shutterstock

6. Cori

Gerty Cori menemukan sebuah proses di mana otot-otot tubuh manusia menciptakan asam laktat dari penguraian glikogen yang kemudian menjadi energi. Ya, ia adalah wanita pertama yang memenangkan hadiah Nobel di bidang kedokteran. Cori bermakna "Bukit Bulat'.
ADVERTISEMENT

7. Florence

Nama ini berasal dari nama penemu kulkas modern yakni Florence Parpart. Ia juga merupakan seseorang yang memiliki hak paten atas mesin pembersih jalan temuannya yang dipasarkan di Amerika. Florence dalam bahasa Latin bermakna 'Bunga'.

8. Hedy

Hedy Lamarr merupakan wanita yang menemukan sinyal Wi-Fi. Perempuan yang juga seorang aktris ini, menemukan "spektrum sebaran radio" bersama George Antheil pada Perang Dunia I. Hedy dalam bahasa Yunani bermakna 'baik hati'.

9. Henrietta

Henrietta Swan Leavitt adalah seorang astronom Amerika yang menemukan hubungan antara periode bintang dan luminositas. Nama Henrietta berasal dari Prancis.

10. Irene

Nama ini berasal dari nama Irène Joliot Curie, seorang peneliti sekaligus penemu neutron dan produksi artifisial unsur radioaktif. Irene bermakna 'damai'.
15 Nama Bayi Perempuan yang Terinspirasi dari Ilmuwan Dunia (19668)
bayi perempuan Foto: Shutterstock

11. Jane

Jane Goodall merupakan ilmuwan zaman modern dan antropolog populer yang telah menghabiskan lebih dari lima dekade mempelajari keluarga dan interaksi sosial simpanse Tanzania. Nama ini berasal dari bahasa Prancis yang bermakna 'murah hati'.
ADVERTISEMENT

12. Marie

Nama ini adalah nama dari seorang pelopor radioaktivitas, Marie Curie. Ia merupakan penemu yang memenangkan dua penghargaan Nobel untuk karyanya dan meninggalkan jejak luar biasa dalam sejarah sains dunia. Nama ini bermakna 'ratu laut'.

13. Margaret

Pernah mendengar nama Margaret Huggins, Moms? Ia adalah seorang astronom Irlandia, yang bersama suaminya, menemukan spektroskopi. Margaret Huggins bahkan menemukan fenomena spektroskopi yang membantu mengukur gerakan bintang. Margaret adalah nama Persia yang berarti 'mutiara'. Bagus, ya!

14. Rosalind

Nama ini milik salah satu penemu genetika, Rosalind Franklin. Dia harus meyakinkan ayahnya bahwa dia memiliki kemampuan untuk menjadi seorang ilmuwan dan dia membuat tanda dalam studi DNA. Ini memiliki asal Latin yang berarti 'mawar yang indah'.
ADVERTISEMENT

15. Valentina

Valentina Tereshkova adalah seorang kosmonot. Dia juga merupakan wanita pertama yang terbang di ruang angkasa di Vostok 6 pada 16 Juni 1963. Valentina dalam bahasa Italia bermakna 'perempuan'.
Nah Moms, ilmuwan mana yang akan Anda ambil namanya untuk jadi nama bayi perempuan tercinta? Yang mana pun yang jadi pilihan Anda, semoga si kecil kelak tumbuh menjadi sosok cerdas penuh ilmu seperti mereka ya.