15 Obat Flu Alami untuk Ibu Hamil

21 September 2023 14:48 WIB
·
waktu baca 6 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
15 Obat Flu Alami untuk Ibu Hamil. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
15 Obat Flu Alami untuk Ibu Hamil. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sistem kekebalan tubuh cenderung melemah selama kehamilan. Hidung meler atau tersumbat disertai gejala pilek lainnya dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang luar biasa pada perempuan hamil. Sementara, mengonsumsi obat yang dijual bebas juga dianggap tidak aman.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, salah satu alternatif terbaik adalah dengan beralih ke pengobatan alami.
Dikutip dari Firstcry Parenting, para pakar menyebut pengobatan alami yang mudah dan aman untuk pilek selama kehamilan yang dapat Anda gunakan secara efektif untuk merasa lebih baik. Berikut selengkapnya.

15 Obat Alami untuk Flu Selama Kehamilan

Cara terbaik untuk tetap sehat selama kehamilan adalah dengan mengikuti gaya hidup sehat dan mengonsumsi makanan seimbang. Namun, jika Anda masuk angin, pengobatan rumahan untuk pilek dan batuk saat hamil berikut ini terbukti bermanfaat:
1. Minyak Kelapa
Minyak kelapa dikenal luas karena sifat antijamur, antibakteri dan antivirusnya. Adanya kadar asam laurat pekat pada minyak kelapa bekerja sangat baik dalam menghancurkan lapisan lipid di sekitar virus.
ADVERTISEMENT
Kadar asam laurat pekat pada minyak kelapa juga menghancurkan selubung virus, menghambat pematangan, serta mencegah pengikatan protein virus pada membran sel inang.
Minyak kelapa sangat aman selama kehamilan. Anda dapat menambahkan sesendok minyak kelapa yang dapat dimakan ke dalam minuman panas apa pun untuk meredakan flu.
2. Bawang putih
Bawang putih bekerja dengan baik dalam menghilangkan pilek saat hamil. Bawang putih penuh dengan sifat antibakteri, antiseptik dan antivirus. Kandungan itu membantu memerangi virus dan bakteri penyebab flu.
Menurut beberapa penelitian medis, bawang putih juga efektif menurunkan tekanan darah, melancarkan sirkulasi darah dan menjaga kadar kolesterol selama kehamilan.
3. Jahe
Salah satu pengobatan rumahan terbaik untuk pilek selama kehamilan adalah jahe. Bumbu menakjubkan ini terkenal karena khasiatnya yang menghangatkan.
ADVERTISEMENT
Jahe membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah dan melawan bakteri dan virus penyebab infeksi. Sebagai alternatif, jahe juga bisa meredakan sakit maag saat hamil. Ambil sepotong kecil jahe, hancurkan atau parut, lalu rebus dalam air. Tambahkan lemon dan madu, lalu minum.
4. Cuka Sari Apel
Cuka sari apel adalah obat yang sangat aman dan bermanfaat untuk menyembuhkan pilek saat hamil. Sifat basa cuka sari apel menciptakan lingkungan yang tidak bersahabat bagi virus.
Saat pilek mulai muncul atau segera setelah Anda melihat gejala pilek pertama selama kehamilan, mulailah minum cuka sari apel. Campurkan sesendok cuka sari apel dengan segelas air hangat.
5. Sup Ayam Panas
Menyeruput semangkuk sup ayam panas adalah salah satu cara terlezat untuk menghilangkan flu saat hamil. Sup ayam kaya akan nutrisi dan kaya akan sifat anti-inflamasi. Tambahkan jahe, bawang putih dan bubuk cabai. Perpaduan itu membuat sup Anda lebih nikmat dan bekerja sangat baik dalam melawan gejala flu.
ADVERTISEMENT
6. Air Garam
Meski terdengar sederhana, air garam sangat efektif menyembuhkan berbagai gejala yang berhubungan dengan pilek. Air garam membantu menghilangkan bakteri dan virus penyebab pilek dan batuk dari sistem Anda.
Ini adalah pengobatan rumahan yang sangat aman untuk mencegah pilek dan batuk selama kehamilan. Ambil segelas air hangat dan tambahkan setengah sendok teh garam ke dalamnya. Berkumurlah dengan larutan ini untuk meredakan sakit tenggorokan.
7. Bawang Bombay
Bawang adalah salah satu pengobatan ayurveda paling efektif untuk pilek dan batuk selama kehamilan. Bawang bombay kaya akan senyawa sulfur dan quercetin yang bermanfaat dalam membunuh berbagai virus dan bakteri penyebab infeksi.
Anda bisa memakan bawang bombay dalam bentuk mentah atau menyebarkan bawang bombay cincang di sekitar tempat tidur Anda untuk membersihkan udara dari bakteri atau virus berbahaya. Namun, beberapa wanita hamil mungkin merasa bau bawang sangat memuakkan, jadi berhati-hatilah saat membuat obat herbal rumahan ini.
ADVERTISEMENT
8. Madu dan Lemon
Madu dan lemon adalah kombinasi yang ampuh menghilangkan flu selama kehamilan. Ambil segelas air hangat dan tambahkan satu sendok teh madu dan satu sendok makan jus lemon ke dalamnya.
Aduk rata dan minum ramuan ini tiga sampai empat kali sehari. Anda bahkan dapat meminumnya setelah Anda pulih jika Anda rentan terkena flu. Vitamin C dalam lemon memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan khasiat madu yang menenangkan meredakan sakit tenggorokan.
com-Ilustrasi minum air putih Foto: Shutterstock
9. Minum Banyak Cairan
Menjaga diri Anda tetap terhidrasi sangat penting selama kehamilan dan menguatkan tubuh Anda dengan jumlah cairan yang cukup menjadi sangat penting, jika Anda terserang flu.
Tubuh Anda kehilangan cairan saat Anda sedang pilek dan untuk mengisi kembali cairan yang hilang, Anda bisa minum air putih, teh jahe, teh lemon dan madu, air garam, sup sayur atau ayam, atau jus buah segar.
ADVERTISEMENT
10. Istirahat Cukup
Jika Anda menderita pilek saat hamil, sangat penting bagi Anda untuk beristirahat dengan cukup. Istirahat adalah cara terbaik untuk memberikan waktu dan energi pada tubuh Anda untuk melawan infeksi.
Tidur siang dua hingga tiga kali sehari adalah pilihan yang baik untuk memberi tubuh Anda istirahat dan pemulihan yang cukup.
11. Uap
Uap sangat efektif membersihkan lendir akibat pilek. Hirup uap langsung dari panci berisi air panas atau gunakan pelembab udara.
Menambahkan sedikit minyak kayu putih ke dalam air panas bekerja sangat baik dalam membuka saluran hidung atau sinus yang tersumbat. Uap juga bermanfaat dalam meredakan sakit tenggorokan.
12. Makan Bergizi
Makanan menyediakan energi bagi tubuh kita. Lebih banyak energi dibutuhkan saat tubuh Anda berjuang melawan penyakit atau penyakit apa pun. Makanlah dalam porsi kecil dan sering, daripada makan besar sekaligus.
ADVERTISEMENT
Buah-buahan dan sayuran segar, kacang-kacangan, daging dan susu, biji-bijian dalam jumlah yang cukup harus dikonsumsi untuk memberi Anda energi untuk melawan flu.
13. Gunakan Obat Gosok
Obat gosok yang tersedia di pasaran sangat bagus untuk membersihkan sinus dan meredakan kemacetan di dada. Namun, wanita hamil mungkin sensitif terhadap bau yang menyengat dan tidak menyukai sensasi dingin yang ditimbulkan oleh usapan di dada.
Namun, ada cara lain untuk menggunakannya, yang bekerja dengan sangat baik. Oleskan obat gosok dada pada telapak kaki sebelum tidur, dan kenakan kaus kaki. Ini memberi Anda kelegaan dari batuk dan pilek.
14. Olahraga Ringan
Lakukan beberapa olahraga ringan, jika memungkinkan. Tetap aktif akan menghangatkan tubuh Anda dan membuat Anda merasa lebih baik, sehingga memudahkan pemulihan. Berolahraga juga membangun kekebalan, jadi cobalah beberapa olahraga yang aman untuk kehamilan.
ADVERTISEMENT
15. Tinggikan Kepala
Berbaring telentang saat tidur mungkin membuat Anda kesulitan bernapas karena hidung tersumbat. Sandarkan kepala Anda pada dua atau tiga bantal, yang akan memudahkan Anda bernapas sepanjang malam dan tidur nyenyak.
Pengobatan rumahan yang disebutkan di atas sangat efektif dalam menyembuhkan pilek selama kehamilan. Pengobatan rumahan ini mungkin memiliki tingkat efek yang berbeda pada wanita yang berbeda. Jadi pilihlah pengobatan yang cocok untuk Anda. Namun, disarankan jika pengobatan ini tidak membuahkan hasil, Anda harus mencari pertolongan dokter ya, Moms.