kumparan
14 Februari 2020 11:01

18 Nama Bayi Islami yang Terinspirasi dari Para Perempuan di Sekitar Rasulullah

bayi perempuan - POTRAIT
bayi perempuan - POTRAIT Foto: Shutterstock
Anda dan pasangan mungkin sudah berencana untuk memberikan nama bayi Islami sejak jauh-jauh hari. Ya Moms, menentukan nama bayi rasanya memang susah-susah gampang, apalagi nama yang diberikan pastinya harus bermakna baik. Sebab nama juga merupakan bentuk doa dan harapan orang tua untuk anaknya kelak.
ADVERTISEMENT
Bagi Anda yang sedang mencari nama bayi perempuan Islami, berikut ini ada 18 nama perempuan yang terinspirasi dari orang-orang terdekat Rasulullah. Siapa tahu, salah satunya bisa disematkan di nama depan, tengah, atau akhir bayi Anda, Moms.

1. Afra

Afra binti Ubaid atau Afra merupakan salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW yang sudah merelakan tujuh putranya gugur dalam medan perang dalam membela Islam bersama Rasulullah. Dalam bahasa Arab, Afra memiliki arti "Putih Kemerahan" sementara dalam bahasa Persia, Afra berarti "Pohon Maple".

2. Al-Shifa

Al-Shifa adalah salah satu perempuan di sekitar Nabi Muhammad SAW yang memiliki peran besar terhadap perkembangan Islam di Makkah. Sebab, dialah perempuan pertama yang bisa membaca dan menulis. Dalam bahasa Arab Shifa berarti "Penyembuh".
ADVERTISEMENT

3. Aminah

Aminah merupakan nama bayi perempuan Islami yang terinspirasi dari nama ibu Rasullah, yakni Aminah binti Wahab. Aminah dikenal sebagai sosok yang berhati mulia yang merupakan pemimpin para ibu, Moms. Dalam bahasa Arab, nama ini memiliki arti "Dapat Dipercaya".

4. Aisyah

Aisyah adalah nama istri Nabi Muhammad SAW yakni Aisyah binti Abu Bakar. Ia juga merupakan anak perempuan sahabat nabi yakni Abu Bakar Ash-Shiddiq. Semasa hidupnya, Aisyah merupakan guru dan narator hadis, tradisi, dan pernyataan Rasulullah. Dalam bahasa Arab, Aisyah berarti "Perempuan dan Kehidupan".
bayi perempuan
Bayi perempuan Foto: Shutterstock

5. Asma

Nama Asma terinspirasi dari nama seorang perempuan yang terkenal pintar berargumentasi yakni Asma binti Yazid. Ia dikenal sebagai sosok perempuan yang tangguh memperjuangkan haknya sebagai perempuan. Dalam bahasa Arab, Asma memiliki arti "Mulia atau Tinggi".
ADVERTISEMENT

6. Fatimah

Fatimah Az-Zahra binti Muhammad merupakan putri kesayangan Rasulullah yang berasal dari rahim Siti Khadijah, istri pertama Muhammad SAW. Semasa hidupnya Fatimah merupakan sosok yang ceria, tangguh, penyabar, dan sering menghibur ayahnya sepeninggalan Khadijah. Dalam bahasa Arab, Fatimah memiliki beberapa arti antara lain, "Pendiam", "Lembut Hati", "Menyenangkan", dan "Menawan".

7. Hindun

Hindun adalah nama bayi perempuan Islami yang terinspirasi dari salah satu istri Nabi Muhammad SAW yakni Hindun binti Hudzaifah. Hindun kerap dipanggil Ummu Salamah saat zaman Rasul. Dia dikenal sebagai sosok cerdas, dan berparas cantik. Hindun sendiri dalam bahasa Arab berarti "Sahabat Perempuan".

8. Khadijah

Khadijah binti Khuwailid adalah isteri pertama Rasulullah. Ia juga merupakan orang pertama yang masuk Islam dan menemani Nabi Muhammad SAW dalam berdakwah menyebarkan agama Islam. Ia pun disebut-sebut merupakan sosok yang memiliki tempat istimewa di hati Rasulullah. Dalam bahasa Arab, Khadijah berarti "Dapat Dipercaya".
ADVERTISEMENT

9. Khansa

Khansa adalah nama bayi perempuan Islami yang terinspirasi dari seorang penyair di zaman Nabi Muhammad SAW. Sebelum masuk Islam, Khansa merupakan penyair yang sering menuliskan puisi kesedihan dan kehilangan. Setelah masuk Islam, ia pun mulai menulis tentang kehidupan dan mendorong masyarakat ke arah yang lebih baik. Khansa dalam bahasa Arab berarti "Perempuan Berhidung Mancung atau Perempuan yang Baik".

10. Khawla

Khawla dikenal sebagai salah satu sahabat wanita Nabi Muhammad SAW yang berwajah cantik. Ia juga dikenal mahir dalam bersyair dan memainkan pedang. Tak hanya itu, dia pun tak takut untuk ikut berperang bersama Nabi. Khawla berarti "Rusa Betina".
bayi perempuan
bayi perempuan Foto: Shutterstock

11. Maimunah

Maimunah binti Harits atau yang lebih dikenal sebagai Ummu Mukminin Maimunah adalah istri terakhir Nabi Muhammad SAW. Dalam bahasa Arab, Maimunah berarti "Yang Diberi Kebaikan".
ADVERTISEMENT

12. Nusaybah

Nusaybah atau yang lebih dikenal sebagai Nusaybah binti Ka'ab adalah salah satu sahabat perempuan Nabi Muhammad SAW. Semasa hidupnya, ia dikenal sebagai sosok yang penyabar, dan hampir selalu menemani suami dan anak laki-lakinya berperang. Dalam bahasa Arab, Nusaybah berarti "Obat Hati" atau "Obat Segala Macam Penyakit".

13. Rumaisha

Rumaisha adalah salah satu perempuan yang termasuk dalam kelompok yang masuk Islam. Dalam hadis, diriwayatkan Aisyah, Rasulullah SAW kerap mengunjungi rumahnya untuk membantunya menyelesaikan berbagai permasalahan. Dalam bahasa Arab, Rumaisha berarti "Yang Mendamaikan".

14. Ruqayyah

Ruqayyah adalah nama bayi perempuan Islami yang terinspirasi dari Ruqayyah binti Muhammad, salah satu putri Nabi Muhammad SAW bersama Khadijah. Ia juga merupakan istri dari Utsman bin Affan yang tak lain adalah sepupunya. Dalam bahasa Arab, nama ini berarti "Lembut".
Bayi perempuan berhijab
Nama bayi perempuan Islami beserta artinya. Foto: Shutterstock

15. Safiyyah

Safiyyah adalah nama bayi yang terinspirasi dari salah satu istri Nabi Muhammad SAW yakni Safiyyah binti Huyayy. Semasa hidupnya, ia dikenal sebagai perempuan yang lembut hati, dan memiliki cinta mendalam kepada Allah SWT. Nama ini bermakna "Yang Terpilih".
ADVERTISEMENT

16. Ummi Ruman

Ummi Ruman adalah nama istri sahabat terdekat Nabi Muhammad SAW yakni Abu Bakar As-Siddiq. Dalam bahasa Arab Ruman memiliki arti "Delima".

17. Ummu Kultsum

Ummu Kultsum binti Muhammad adalah putri dari Nabi Muhammad SAW bersama Khadijah. Ia merupakan putri ketiga setelah Zaynab dan Ruqayyah. Ummu Kultsum juga merupakan istri dari Utsman bin Affan setelah Ruqayyah meninggal.

18. Zaynab

Zaynab atau Zainab adalah nama anak perempuan tertua Nabi Muhammad SAW yakni Hadhrat Zainab. Dalam bahasa Afrika, Zaynab berarti "Baik".
Nah Moms, itulah daftar nama bayi perempuan Islami yang terinspirasi dari orang-orang di Sekitar Rasulullah. Dari nama-nama bayi tersebut adakah salah satunya yang menjadi favorit Anda?
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan