kumparan
18 Feb 2019 13:30 WIB

20 Nama Bayi yang Dimulai dengan Huruf X

Apa yang dimakan bumil bisa mendukung pertumbuhan rambut bayinya Foto: Shutterstock
Ketika kehamilan memasuki trimester 3, umumnya calon orang tua mulai mencari-cari nama yang bagus untuk bayi mereka. Inginnya sih, tidak hanya bagus tapi namanya juga memiliki arti yang baik. Atau juga ingin nama yang unik?
ADVERTISEMENT
Bila ya, Anda mungkin bisa mempertimbangkan memberi bayi nama dengan huruf pertama: X. Pasalnya, huruf X mungkin jarang dipakai sebagai huruf pertama anak di Indonesia. Jadi bila si kecil Anda beri nama yang diawali dengan huruf X, kemungkinan besar namanya sama dengan teman atau menjadi pasaran sangat kecil, Moms.
Nah, apa saja sih, pilihan nama bayi yang diawali dengan huruf X? Untuk memudahkan Anda, kumparanMOM merangkum 25 di antaranya.
Ilustrasi memilih nama bayi Foto: Thinkstock
1.Xavier
Ini mungukin merupakan nama yang diawali huruf X yang paling populer.
Xavier artinya terang, cerah, dan atau megah. Nama ini, berasal dari Spanyol dan mulai disukai untuk jadi nama bayi laki-laki sejak tahun 2000-an.
Antara lain mungkin karena kesuksesan komik dan film "X-Men" dengan tokoh Profesor X Charles Xavier ya, Moms. Selain Charles Xavier, di kalangan masyarakat Eropa nama Xavier juga lekat dengan seorang suci, seperti di St. Francis Xavier, salah seorang pendiri Yesuit.
ADVERTISEMENT
Bintang NBA Dwyane Wade termasuk yang memberi anaknya nama Xavier atau lengkapnya Xavier Zechariah. Aktris Tilda Swinton dan aktor Donnie Wahlberg juga memiliki putra bernama Xavier.
Deretan nama terkenal lain adalah sutradara Xavier Williams, pebasket Xavier Henry dan pesepakbola Xavier Rhodes. Banyak, ya!
2.Xaviera / Xavi / Xzavier
Bayi berjemur. Foto: Shutterstock
Nama Xavier bisa dieja menjadi beberapa alternatif dan jadi nama yang tak kalah bagusnya dengan makna yang tetap sama. Xaviera bisa jadi nama yang manis untuk bayi perempuan sementara Xavi bisa jadi nama panggilannya. Beberapa orang juga memilih mengeja nama ini dengan tambahan huruf 'z' setelah 'x' untuk menekankan pelafalannya menjadi: Xzavier.
3.Ximena
Ximena adalah nama untuk bayi perempuan yang berasal dari Spanyol dan Portugis. Konon, nama ini diambil dari nama alkitabiah Ibrani Simon yang berarti pendengar.
ADVERTISEMENT
Di zaman modern, bahasa Spanyol sebagian besar telah meninggalkan huruf "X" dan menggantinya dengan "J". Misalnya, jadi Jimena.
Meski begitu, beberapa tahun terakhir nama Ximena justru jadi salah satu nama yang populer atau paling banyak ditemui di Meksiko.
4.Xander
Ilustrasi bak mandi bayi. Foto: Shutter Stock
Sang pembela! Itulah arti kata Xander yang berasal Yunani. Xander adalah bentuk ejaan lain dari "Alexander," tetapi lebih pendek dan dengan "x" diucapkan sebagai "z" (ZAN-der).
Karena cukup singkat, nama ini mungkin terdengar seperti nama panggilan bagi sebagian orang. Tetapi faktanya bukan lho, Moms. Nama Xander lazim tercatat pada akta kelahiran sebagai nama yang diberikan bayi yang baru lahir.
Alternatif atau variasi ejaan dari nama Xander adalah Xzander.
ADVERTISEMENT
5.Xayden
Nama Xayden diambil atau merupakan variasi ejaan dari nama Aden yang berasal dari Inggris. Xayden artinya tampan atau lelaki yang memiliki penampilan baik.
6.Xiomara
Xiomara adalah nama untuk bayi atau perempuan yang artinya tamu atau orang asing. Nama ini berasal dari Yunani.
7.Xena
Bayi usia 10 bulan umumnya seolah tidak bisa diam Foto: Shutterstock
Sama seperti Xiomara, nama Xena juga berasal dari Yunani yang biasa digunakan untuk nama anak perempuan. Dalam bahasa Yunani arti nama Xena adalah: menyambut atau ramah.
Beberapa sumber menyebutkan, orang dengan nama Xena umumnya pengasih, memiliki kedekatan dengan keluarga atau komunitasnya serta pandai bekerja sama dengan orang lain.
Selain Xena, dikenal juga nama Xenia yang merupaan alternatif ejaan dari Xena. Meski dieja berbeda, nama Xenia punya arti yang sama dengan nama Xena.
ADVERTISEMENT
8.Xyla
Xyla banyak digunakan sebagai nama anak perempuan terutama negara-negara berbahasa Inggris dan Yunani. Ada dua arti nama Xyla yang banyak disebutkan. Yang pertama: penjaga hutan atau orang yang hidup dekat dengan kayu. Yang kedua: orang yang memiliki banyak akar.
Bila menyukai nama Xyla, Anda juga bisa mempertimbangkan nama Xylia, Moms. Ini adalah varian ejaan dari nama Xyla. Selain Xylia, nama Xyla juga dapat dikembangkan menjadi Xylina.
9.Xavion
Ilustrasi bayi di dalam ayunan Foto: Shutterstock
Xavion merupakan nama anak laki-laki yang berasal dari nama Savion. Arti Xavion adalah "pejuang". Nama ini banyak dipakai di Inggris maupun negara-negara Eropa lainnya.
Nama Xavion juga bisa dieja dengan variasi seperti Xayvion, Xavon dan Xavian.
10.Xinia
Nama Xinia sebagai nama anak perempuan datang dari Spanyol. Tapi ada juga yang mengatakan nama ini berasal dari Yunani Kuno dan merupakan pengembangaan atau variasi ejaan dari nama Xinia yang berarti "ramah".
ADVERTISEMENT
11.Xia
Ilustrasi bayi yang lahir di tahun babi tanah Foto: Shutterstock
Xia berasal dari bahasa Cina, 夏 (xià) yang berarti "musim panas, hebat, agung". Tapi ada juga yang menggunakan nama ini dari 霞 (xiá) yang berarti "awan kemerahan".
Nama Xia bisa dipakai untuk nama anak laki-laki maupun perempuan.
12.Xandria
Nama bayi Xandria yang berasal dari bahasa Yunani merupakan variasi ejaan dari nama Zandra dan bentuk feminin dari Alexander. Artinya adalah sang pembela atau pembela manusia.
Semnetara nama Xandra adalah variasi ejaan dari nama Xandria dan biasa dipakai untuk nama bayi atau anak perempuan. Variasi lain dari nama ini adalah Xandy.
13.Xavia
Xavia sebagai nama anak perempuan diyakini berasal dari Arab, Syafeea yang memiliki arti tenang atau lembut.
ADVERTISEMENT
Tapi ada juga yang meyakini nama ini masih merupakan variasi dari nama Xavier dari Spanyol yang berarti "cerah" atau "indah"
14.Xavian
Biarkan bayi mengisap jari atau jempolnya Foto: Shutterstock
Xavian diyakini juga sebagai bentuk lain dari Xavia yang bisa digunakan untuk nama bayi laki-laki. 15.Xayvion
Xayvion sebagai nama anak laki-laki terkait dengan beberapa nama dari Spanyol, Arab hingga Basque. Arti Xayvion adalah "cerah".
16.Xamira
Xamira sebagai nama yang banyak dipakai oleh masyarakat Iran dan berasal dari Persia Tua. Xamira berarti "berlian".
17.Xaria
Ilustrasi bayi tersenyum. Foto: Shutterstock
Nama Xaria diyakini berasal dari nama Zaria yang berarti "hadiah cinta". Beberapa sumber menyebutkan, nama ini berasal dari Amerika.
18.Xuan
Xuan sebagai nama anak laki-laki berasal dari Vietnam. Xuan berarti "lahir pada musim semi".
ADVERTISEMENT
19.Xanthe
Xanthe merupakan nama anak perempuan yang berasal dari Yunani. Arti nama Xanthe, adalah "kuning" atau "pirang".
20.Xanthus
Hampir serupa dengan Xanthe, Xanthus adalah nama untuk anak laki-laki yang berarti "berambut emas". Nama Xanthus berasal dari Yunani.
Nah, silakan pilih saja nama mana yang paling Anda suka untuk si kecil, Moms. Tapi ingatlah bahwa banyak nama mungkin memiliki arti berbeda di negara dan bahasa lain. Jadi sebelum memutuskan nama yang hendak diberikan pada bayi Anda, cobalah untuk berhati-hati dan cari referensi sebanyak-banyaknya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan