kumparan
search-gray
Mom28 Juli 2020 14:03

21 Nama Bayi Perempuan yang Terinspirasi dari Para Putri Kerajaan Arab Saudi

Konten Redaksi kumparan
21 Nama Bayi Perempuan yang Terinspirasi dari Para Putri Kerajaan Arab Saudi  (42618)
Ilustrasi ibu hamil mencari nama bayi perempuan yang cantik. Foto: Shutterstock
Bisa memberi nama bayi yang cantik dan bermakna baik, tentu jadi harapan banyak orang tua yang tengah menanti kelahiran anak perempuannya. Nah Moms, untuk menemukannya, coba cek nama-nama putri dari Kerajaan Arab Saudi.
ADVERTISEMENT
Untuk memudahkan Anda, kumparanMOM merangkumnya di sini:

Nama Bayi Berawalan Huruf A dari Arab Saudi

Adila
Putri Adila binti Abdullah bin Abdulaziz Al Saud adalah anggota yang sangat berpengaruh dari Keluarga Kerajaan Saudi. Dia adalah salah satu dari beberapa putri kerajaan yang dapat mempengaruhi perkembangan politik Arab Saudi di bidang-bidang yang berhubungan dengan perempuan seperti pendidikan, pekerjaan dan kesehatan.
Nama Adila diambil dari kata "Adil" yang artinya "adil", "jujur" atau "sama".
Ameera
Putri Ameera binti Aidan bin Nayef Al-Taweel Al-Otaibi adalah istri dari Pangeran Al-Waleed bin Talal al Saud. Di lingkungan kerajaan, ia mengambil peran sebagai Wakil Ketua Yayasan Al-Waleed bin Talal, yayasan yang terlibat dalam berbagai kegiatan kemanusiaan dan filantropis di lebih dari 84 negara.
ADVERTISEMENT
Dalam bahasa Arab, Ameera artinya "Putri". Nama ini bisa juga dieja jadi Amira, Amirah, Emira, Ameerah, dan Meera.
21 Nama Bayi Perempuan yang Terinspirasi dari Para Putri Kerajaan Arab Saudi  (42619)
nama bayi perempuan yang terinspirasi dari nama-nama putri Kerajaan Arab Saudi. Foto: Shutter Stock

Nama Bayi Berawalan Huruf B, D dan F dari Arab Saudi

Bandari
Putri Bandari atau Al Bandari adalah nama satu dari empat anak Raja Abdulaziz dan istrinya, Jawhara binti Sa'ad bin Abdul Muhsin al Sudairi. Al Bandari memiliki tiga saudara lelaki penuh yaitu Pangeran Saad (II), Pangeran Abdul Muhsin dan Pangeran Musa'id. Bandari sendiri dalam bahasa Arab dan Persia artinya "cantik".
Basmah
Putri Basmah binti Saud Al Saud adalah anak bungsu dari Raja Saud. Dia menikah dengan putra Raja Abdulaziz, dikenal sebagai seorang pengusaha dan aktivis wanita yang sangat kritis.
ADVERTISEMENT
Nama Basmah sendiri punya arti yang manis. Ya Moms, Basmah artinya "sebuah senyuman".
Deena
Nama ini datang dari Puteri Deena Aljuhani binti Abdulaziz. Ia adalah seorang pengusaha dan editor wanita. Selain pendiri dan pemilik Toko DNA di Riyadh, Puteri Deena juga dikenal karena pernah menjadi pemimpin redaksi majalah Vogue Arabia.
Fahda
Ada dua orang putri bernama Fahda di lingkungan keluarga Kerajaan Arab Saudi. Yang pertama Fahda binti Asi Al Shuraim Al Shammari, salah satu pasangan Raja Abdulaziz dan ibu dari mantan penguasa Arab Saudi, Raja Abdullah. Ia dikenal juga dengan nama Sheikha Fahdah Bint Al-Asi Al-Shuraim.
Yang kedua, Fahda binti Saud bin Abdulaziz Al Saud, putri Raja Saud. Putri Fahda yang ahli dalam bidang ilmu politik dan seni, merupakan pendiri sekaligus kepala di Perpustakaan Raja Saud yang mengumpulkan, mengarsipkan, dan menerbitkan sejarah dan warisan Raja Saud.
21 Nama Bayi Perempuan yang Terinspirasi dari Para Putri Kerajaan Arab Saudi  (42620)
ilustrasi nama bayi Foto: Shutterstock

Nama Bayi Berawalan Huruf H, I dan J dari Arab Saudi

Haifa
ADVERTISEMENT
Haifa binti Faisal Al Saud adalah putri Raja Faisal dan Ratu Iffat. Ia dikenal aktif dalam kegiatan sosial dan kesehatan terutama yang terkait dengan kanker payudara. Nama Haifa sendiri, artinya "penuh tekad" atau "kekuatan".
Hassa
Putri Hassa binti Salman Al Saud adalah anak perempuan satu-satunya Raja Salman dan Sultana binti Turki Al Sudairi..
Nama Hassa sendiri, berarti "mutiara", "murni", "putih", juga "takdir."
Haya
Haya binti Abdulaziz Al Saud adalah putri Raja Abdulaziz. Arti nama Haya adalah "hidup" atau "kehidupan".
Hussa
Hussa binti Ahmed Al Sudairi adalah ibu dari Raja Fahd dan Raja Salman, raja-raja Arab Saudi. Nama Hussa sebenarnya merupakan bentuk lain dari nama Hassa atau Hessa.
Iffat
Iffat binti Al-Thunayan adalah istri Raja Faisal yang paling terkemuka. Kerap disebut Ratu Iffat, Emira Iffat, atau Putri Iffat, ia dikenal karena upayanya pada peningkatan pendidikan Saudi. Putri Iffat jugalah yang mendirikan sekolah model Taif dan kampus khusus perempuan pertama di Arab Saudi.
ADVERTISEMENT
Dapat juga dieja "Effat", nama bayi perempuan Muslim ini artinya"kebajikan" atau "kesucian".
Jawhara
Al Jawhara binti Abdulaziz adalah putri Raja Abdulaziz dan saudara peremuan dari Raja Fahd dan Raja Salman. Ibunya, Hassa Al Sudairi dari keluarga Al Sudairi, salah satu keluarga paling kuat di wilayah Arab Saudi.
Arti nama "Jawhara" adalah "permata" atau "batu permata". Cantik, ya!
21 Nama Bayi Perempuan yang Terinspirasi dari Para Putri Kerajaan Arab Saudi  (42621)
nama bayi cantik untuk si kecil yang baru lahir Foto: Shutterstock

Nama Bayi Berawalan Huruf L, M dan N dari Arab Saudi

Latifa
Latifa binti Abdulaziz, adalah saudara perempuan dari Al Jawhara binti Abdulaziz. Nama Latifa atau Lateefa diambil dari kata "Latif" dalam bahasa Arab "lembut" atau "menyenangkan".
Luluwah
Luluwah binti Abdulaziz Al Saud juga merupakan saudara perempuan dari Putri Al Jawhara dan Putri Latufa bint Abdulaziz. Nama Luluwah yang juga bisa diejak Lolowah artinya "mutiara".
ADVERTISEMENT
Moudi
Moudi binti Khalid Al Saud adalah putri Raja Khalid dan Sita bint Fahd Al Damir. Ia terkenal sebagai seorang dermawan Arab Saudi dan anggota House of Saud.
Putri Moudi juga merupakan salah satu anggota perempuan pertama dari Majelis Permusyawaratan Arab Saudi. Tak hanya itu, ia pernah menjadi sekretaris jenderal Yayasan Raja Khalid dan ketua komite investasinya, sekaligus sekretaris jenderal Yayasan Al Nahda Riyadh. yang memperjuangkan hak asasi manusia di wilayah Teluk Persia.
Noura
Noura binti Abdul Rahman Al Saud adalah putri Abdul Rahman bin Faisal. Ia diketahui sangat dekat dengan adiknya, Raja Abdulaziz.
Putri Noura juga dikenal sebagai putri yang pintar membaca dan menulis, keterampilan yang sangat langka bagi seorang gadis Arab pada masa hidunya.
ADVERTISEMENT
Ada satu lagi Putri Noura yang dikenal di Arab Saudi. Yaitu, Noura bint Faisal Al-Saud, pendiri Saudi Fashion Week.
Dalam bahasa Arab, Noura yang diambil dari kata "Nur" berarti "Cahaya" .
21 Nama Bayi Perempuan yang Terinspirasi dari Para Putri Kerajaan Arab Saudi  (42622)
Nama bayi Sara artinya Putri Foto: Pixabay

Nama Bayi Berawalan Huruf R dan S dari Arab Saudi

Reema
Reema binti Bandar Al Saud adalah anggota dari House of Saud dan duta besar Arab Saudi untuk Amerika Serikat. Putri Reema adalah utusan wanita pertama dalam sejarah negara itu dan dikenal atas usahanya mengadvokasi pemberdayaan perempuan dan memperluas kesempatan bagi perempuan di Kerajaan Saudi
Sara
Ada dua Putri Sara yang dikenal di Arab Saudi. Yang pertama, Sara binti Abdulaziz Al Saud, anak perempuan tertua dan paling terkemuka dari Ibn Saud, pendiri Arab Saudi modern.
ADVERTISEMENT
Yang kedua, Sara binti Talal yang dibesarkan di Riyadh dan terkenal akan kecantikannya. Sara, artinya "putri".
Seeta
Nama Seeta diambil dari Puteri Seeta binti Abdulaziz, anggota House of Saud, adik perempuan Raja Abdullah, mantan penguasa Arab Saudi.
Ada juga nama yang mirip dan dengan nama "Seeta" dan bisa jadi pilihan nama bayi Anda, Moms. Yaitu nama Sita dari Sita binti Fahd Al Damir, yang juga anggota House of Saud dan merupakan salah satu pasangan Raja Khalid.
Sultana
Sultana binti Abdulaziz Al Saud juga salah satu anggota House of Saud. Nama Sultana yang diambil dari kata "Sultan" artinya "Penguasa".
Sora
Sora binti Saud Al Saud dikenal sebagai seorang psikolog, pengusaha, dan dermawan. Putri Sora adalah anggota House of Saud dan cucu dari almarhum raja Saudi, Abdullah bin Abdulaziz Al Saud.
ADVERTISEMENT
Bersama suaminya, Pangeran Abdulaziz bin Talal Al Saud, Puteri Sora mendirikan Yayasan Ahyaha yang berfokus pada peningkatan kesejahteraan, keselamatan lalu lintas jalan, kegiatan pemuda, pendidikan, pembangunan sosial, hingga pengadaan air bersih. Keren, ya!
Nah Moms, nama putri mana yang terpilih untuk jadi nama bayi perempuan Anda?
----
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu sesama. Yuk, bantu donasi sekarang!