Mom
·
4 Mei 2020 19:42

23 Variasi Sup yang Sehat dan Cocok Jadi Menu Sahur Anak

Konten ini diproduksi oleh kumparan
23 Variasi Sup yang Sehat dan Cocok Jadi Menu Sahur Anak (217939)
ilustrasi sup untuk menu sahur anak Foto: Shutterstock
Anak Anda sudah mulai berpuasa? Perhatikan baik-baik menu sahurnya, Moms. Makan sahur sangat penting karena sangat menentukan energi dan staminanya menjalani puasa Ramadhan hingga sore harinya.
ADVERTISEMENT
Selain mengenyangkan, menu sahur harus bergizi. Menu sahur sebaiknya juga kaya protein agar mampu memberi energi dan mengandung cukup air untuk mencegah dehidrasi selama anak puasa. Itulah sebabnya makanan berkuah seperti sup cocok dijadikan pilihan menu sahur untuk anak bahkan seluruh anggota kelurga.
Meski begitu, coba sajikan berbagai variasi sup agar anak tidak bosan. Bukan cuma sup ayam atau daging saja, lho! Ada banyak sekali pilihan lainnya. Apa saja misalnya?
Simak 23 sup pilihan kumparanMOM beserta tipsnya berikut ini:
23 Variasi Sup yang Sehat dan Cocok Jadi Menu Sahur Anak (217940)
ilustrasi sup salmon Foto: Shutterstock
1.Sup Salmon
Agar tidak amis dan lebih segar, bumbui dengan sedikit jahe, lengkuas dan daun jeruk.
2.Sup Ikan Bawal Jepang
Dikenal juga dengan nama Marukoban atau Shimaaji, ikan ini kaya akan omega 3. Dagingnya berwarna putih, lebih tebal dari bawal biasa. Selain jahe, bumbui dengan bawang putih agar sup lebih sedap.
ADVERTISEMENT
3.Sup Gurame
Gurame dibuat sup untuk menu sahur di bulan Ramadhan ini? Kenapa tidak? Hasilnya gurih dan lezat lho, Moms! Agar lebih mudah dinikmati oleh anak, ikan gurame bisa difillet lebih dulu atau diambil dagingnya saja.
4.Sup Dori Pakcoy
Karena ikan dori sudah empuk dan lembut dagingnya, sebaiknya jangan masak lama terlalu lama agar tekstur daging ikan tetap terjaga. Begitu juga dengan sayurannya, cukup celupkan pakcoy sebentar saja agar masih 'krius-krius' saat dinikmati.
23 Variasi Sup yang Sehat dan Cocok Jadi Menu Sahur Anak (217941)
Ilustrasi brokoli Foto: Pixabay
5.Sup Udang Brokoli
Wortel, kol, buncis dan kentang untuk sup? Sesekali, ganti saja dengan brokoli untuk variasi. Rasanya serasi untuk sup udang, maupun sup berbahan protein lainnya. Tambahkan bawang putih goreng agar lebih enak.
6.Sup Bayam
ADVERTISEMENT
Siapa bilang bayam hanya bisa dibuat sayur bening? Dibuat sup juga enak, kok! Masak seperti membuat sup biasa, tapi ganti sayuran dengan bayam agar jadi istimewa. Alternatif lainnya? Gunakan kangkung pada sup andalan Anda.
7.Sup Keju Labu Kuning
Labu kuning seperti labu parang dan kabocha punya nilai gizi yang tinggi sehingga baik untuk dijadikan menu sahur anak. Potong-potong saja seperti wortel, jadikan sup bersama dengan keju batangan yang dipotong dadu dan daging dada ayam.
8.Sup Daging Asap Labu Kuning
Labu kuning juga enak bila dijadikan sup dengan daging asap. Iris-iris daging asap, masukkan agak terakhir.
23 Variasi Sup yang Sehat dan Cocok Jadi Menu Sahur Anak (217942)
Tekwan Foto: Shutterstock
9.Sup Tekwan
Untuk membuat tekwan, pilih daging ikan tenggiri halus. Tambahkan bangkuang, soun, jamur kuping dan bila suka udang. Taburi bawang merah goreng. Hmm...enak!
ADVERTISEMENT
10.Sup Apel Ikan Patin
Apel jadi sup? Memang bisa kok, Moms. Didihkan air, masukkan ikan patin, apel yang sudah diiris, kecap asin, lada, bawang putih, cuka beras, dan jahe. Tambahkan kaldu bubuk bila suka, masak dengan api kecil dengan panci tertutup selama 1½ jam. Atau masak dengan slow cooker untuk proses masak selama 3 jam.
11.Sup Kepiting
Karena waktu makan sahur singkat, gunakan daging kepiting yang siap pakai/sudah dilepas dari kulitnya. Anda juga bisa menggunakan rajungan atau kepiting imitasi (crab stick) sebagai gantinya.
23 Variasi Sup yang Sehat dan Cocok Jadi Menu Sahur Anak (217943)
ilustrasi sup miso dengan kerang tahu Foto: Shutterstock
12.Sup Kerang Miso
Kerang yang sebaiknya digunakan untuk sup dari Jepang ini adalah jenis kerang tahu atau kerang batik, Moms. Sementara bumbu miso dapat Anda beli di supermarket atau toko online.
ADVERTISEMENT
13.Sup Sayuran dan Bakso Ikan ala Shabu-Shabu
Membuat kuah shabu-shabu tidak sulit kok, Moms. Kuncinya, tambahkan sedikit kecap asin Jepang pada rebusan kaldu. Untuk sayuran Anda bisa menggunakan sawi, wortel, atau pakcoy.
14.Sup Ayam Labu Siam
Ganti kentang dengan labu siam saat memasak sup! Hasilnya Anda akan mendapat sensasi rasa yang berbeda.
15.Sup Telur Mata Sapi Kuah Tomat
Taruh telur mata sapi di dasar mangkuk. Tumis bawang, masukkan saus tomat, tambah air, gula dan garam lalu cicipi hingga terasa pas. Tuang ke mangkuk telur. Praktis! Bisa juga diberi tambahan sosis dan jagung manis.
23 Variasi Sup yang Sehat dan Cocok Jadi Menu Sahur Anak (217944)
ilustrasi sup pangsit dengan pakcoy dan seledri Foto: Shutterstock
16.Sup Pangsit Ayam
Kebanyakan anak suka pangsit! Jadi kenapa tidak buat jadi menu sahur di bulan Ramadhan ini? Agar gizinya lebih lengkap, Anda bisa menambahkan tahu dan sayuran.
ADVERTISEMENT
17.Sup Siomay
Punya stok siomay yang belum habis di kulkas? Potong-potong dan jadikan sup sebagai pengganti pangsit. Jadi hemat dan lezat!
18.Sup Nugget Ayam
Selain siomay, Anda juga bisa memanfaatkan persediaan nugget beku di kulkas untuk jadi bahan sup. Tinggal potong-potong dan masukkan ke panci.
19.Sup Bola Daging Kacang Merah
Sup klasik yang lezat ini jangan dilupakan. Tapi kalau si kecil tidak suka kacang merahnya, coba lumatkan dan campur dengan daging gilang lalu bentuk jadi bola.
23 Variasi Sup yang Sehat dan Cocok Jadi Menu Sahur Anak (217945)
Ilustrasi Beef Sukiyaki. Foto: Shutter stock
20.Sup Daging Iris dan Sawi Putih ala Sukiyaki
Gunakan daging iris berkualitas baik, lengkapi dengan sawi putih, tofu dan jamur. Enggak akan salah, deh!
21.Sup Telur dan Kepiting
Gunakan daging kepiting yang sudah dilepas / siap pakai, masak dengan telur kocok. Beri lada, daun bawang dan sedikit tepung maizena. Jadi, deh!
ADVERTISEMENT
22.Sup Kornet Kentang
Belum sempat belanja? Kalau ada kornet di rumah, manfaatkan saja. Sup kornet dan kentang rasanya gurih dan bisa bikin nagih.
23.Sup Kuah Susu
Tambahkan susu ke ragam sup yang Anda buat untuk menu sahur anak di bulan Ramadhan ini. Lebih bergizi dan lebih enak jadinya. Selamat mencoba!
---
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!