Mom
·
10 Mei 2019 4:05

10 Menu Sahur Berkuah yang Bergizi dan Mudah Disukai Anak

Konten ini diproduksi oleh kumparan
10 Menu Sahur Berkuah yang Bergizi dan Mudah Disukai Anak (42926)
Ilustrasi memasak Foto: Shutterstock
Ada sejumlah tantangan saat kita, para ibu, hendak menyajikan menu sahur untuk anak yang tengah belajar puasa. Pertama, harus mempertimbangkan apa yang kira-kira disukai oleh anak. Kedua, memastikan menu yang kita pilih itu cukup bergizi dan mampu menjaga anak merasa kenyang sepanjang hari. Ketiga, memikirkan apakah menu tersebut bisa kita siapkan maupun dimakan anak dengan cepat. Maklum, waktu sahur kan terbatas.
ADVERTISEMENT
Dengan adanya sejumlah tantangan ini, pantas saja kalau Anda mudah kehabisan ide, Moms. Mau menyajikan apa lagi ya untuk si kecil?
Itulah kenapa, kumparanMOM kali ini mengumpulkan 10 menu sahur berkuah yang bergizi dan mudah disukai (juga dihabiskan dengan cepat!) oleh anak. Apa saja?
10 Menu Sahur Berkuah yang Bergizi dan Mudah Disukai Anak (42927)
Ilustrasi Beef Sukiyaki. Foto: Shutter stock
Sukiyaki Komplet
Siapa yang bisa menolak sukiyaki komplet untuk menu sahur? Daging sukiyaki dimasak dengan bayam, sawi putih, wortel, jamur dan tahu sutra. Boleh juga ditambah bihun atau telur rebus.
Sup Tomat Istimewa
Masak telur ceplok favorit anak, sisihkan sebentar. Lalu tumis bawang merah, putih, bombay dengan margarin. Beri air, potongan tomat segar dan saus tomat secukupnya, garam, gula, lada. Baru masukkan telur ceploknya. Ditambah wortel dan brokoli pun bisa.
10 Menu Sahur Berkuah yang Bergizi dan Mudah Disukai Anak (42928)
Ilustrasi miso sup Foto: Shutterstock
Miso Sup Ikan Dory
ADVERTISEMENT
Miso sup yang jadi menu istimewa di restoran Jepang, bisa kok, disajikan di rumah. Siapkan potongan ikan dory, gindara atau salmon, jamur, irisan daun bawang, nori/rumput laut dan tahu sutra. Lalu gunakan pasta miso siap pakai yang bisa dibeli di supermarket besar.
Young Tau Fu
Sering menemui menu yang satu ini di mal? Kali ini, bawa jadi menu sahur di rumah Anda. Masukkan aneka bakso ikan, otak-otak, potongan ikan atau udang ke dalam panci, setelah matang tambahkan sayuran. Jangan terlalu lama agar sayurnya masih 'krius-krius' saat dinikmati. Hmm, enaknya!
10 Menu Sahur Berkuah yang Bergizi dan Mudah Disukai Anak (42929)
Ilustrasi capcay kuah Foto: Shutterstock
Capcay kuah
Sering masak capcay? Hidangan yang satu ini memang mudah disukai anak. Isinya pun beragam dan padat gizi. Aneka sayur, udang, cumi, potongan ayam, jamur dan banyak lagi. Tapi untuk sahur, coba buat dengan kuah. Ditambah nasi hangat, sempurna!
ADVERTISEMENT
Bakso Iga
Masak bakso komplet dengan tahu, sawi, bihun dan... potongan daging iga! Anda bisa memasak daging iga dari malam sebelumnya untuk memastikan daging betul-betul empuk sekaligus menghemat waktu. Tambahkan potongan keju juga bisa lho, Moms! Bakso iga keju yang kekinian pun siap untuk menu sahur anak.
Sup Warna Warni
Sup yang biasa Anda buat akan tampak menggiurkan bagi anak bila warnanya lebih meriah. Masukkan potongan buncis, wortel, jagung pipil, tomat, selain daging, ayam, atau telur kocok. Atau... ganti kubis yang biasa Anda pakai dengan kol merah!
10 Menu Sahur Berkuah yang Bergizi dan Mudah Disukai Anak (42930)
Ilustrasi sup bayam dengan telur Foto: Shutterstock
Sup Telur Bayam
Anak mungkin malas makan sayur bening bayam saat sahur. Tapi coba sesekali cacah kecil bayamnya, Moms. Lalu dengan kekuatan 'magic' bawang putih dan bawang merah, masak bayam dengan telur ceplok jadi sup istimewa. Anda juga bisa menambahkan suiran ayam atau potongan udang untuk gizi extra. Jangan lupa taburkan bawang goreng saat menyajikannya.
ADVERTISEMENT
Semur SS Gurih
Semur SS alias semura sosis dan sayuran. Ya, Anda enggak salah baca kok. Masaklah semur seperti biasa sebagai menu sahur tapi ganti isinya dengan aneka sayuran, tahu putih dan sosis! Tentu saja boleh, bila Anda tetap ingin memasukkan daging atau ayam ke dalamnya.
Tumis Sayur Keju
Keju ditumis? Yes! Tumis daging giling, sosis, bakso, rolade, telur atau kornet dengan mentega atau minyak zaitun plus bawang putih dan bombay iris. Setelah harum, masukkan aneka sayuran seperti brokoli, wortel, jagung atau buncis. Tambah air, lalu masukkan parutan keju cheddar favorit anak. Aduk rata dan jadi, deh!