Mom
·
27 Maret 2019 12:04

4 Kesalahan Saat Memandikan Bayi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
4 Kesalahan Saat Memandikan Bayi (20929)
com-Memandikan bayi Foto: Shutterstock
Memandikan bayi tentu berbeda dengan memandikan balita atau anak yang sudah cukup besar. Fisik bayi yang masih kecil dan kulitnya yang masih sensitif membuat Anda harus sangat berhati-hati saat memandikannya, Moms.
ADVERTISEMENT
Sebelum memandikan anak, pastikan Anda sudah mempersiapkan alat mandi yang tepat seperti handuk, waslap, bak mandi, serta tentu saja sabun mandi yang cocok untuk bayi. Selain alat mandi, suhu air untuk mandi bayi pun harus pas, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.
Bila sudah siap, pastikan Anda menghindari 4 kesalahan saat memandikan bayi seperti berikut ini.
1. Memandikan bayi terlalu cepat saat baru lahir
Jangan terburu-buru memandikan bayi saat ia baru lahir. Bayi mungkin terlihat ‘kotor’ karena ada lapisan berwarna putih di tubuhnya. Lapisan putih yang disebut Vernix Caseosa atau biasa disebut Vernix ini merupakan lapisan pelindung yang terdiri dari air, sel kulit dan protein, dan bermanfaat untuk melembapkan kulit bayi, membuat kulit bayi lembut, dan menjaga agar bayi tetap hangat.
ADVERTISEMENT
Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan agar Anda menunggu selama 24 jam sebelum memandikan bayi. Menunda memandikan bayi juga baik untuk menstabilkan gula darah di tubuhnya.
2. Memandikan bayi terlalu sering
Bayi tidak seperti orang dewasa yang mengeluarkan banyak keringat, karena itu tidak perlu terlalu sering mandi. Terlalu sering mandi juga dapat menyebabkan kulit bayi kering. Daripada dimandikan terlalu sering, Anda bisa menggantinya dengan mengelap tubuh bayi agar tetap segar dan bersih.
4 Kesalahan Saat Memandikan Bayi (20930)
Memandikan Bayi dengan Seksama Foto: Pixabay
3. Salah memilih produk kebersihan
Hati-hati saat memilih produk untuk mandi bayi seperti sabun ataupun samponya. Selain harus khusus untuk bayi, hindari bahan-bahan yang dapat membuat kulit bayi bermasalah, seperti menyebabkan ruam dan iritasi. Bahan seprti Sodium Lauryl Sulfate (SLS) atau Sodium Laureth Sulfate (SLES) dapat menyebabkan ruam. Agar aman, lebih baik Anda mencari produk bayi yang ada label hypoallergenic atau tidak menyebabkan alergi.
ADVERTISEMENT
4. Air mandi terlalu panas atau terlalu dingin
Jika suhu air terlalu panas, tentu akan berbahaya bagi kulit bayi yang sensitif. Sementara bila terlalu dingin, maka bayi bisa menggigil saat dimandikan. Suhu air yang tepat adalah 32 hingga 38 derajat celsius. Celupkan sikut Anda dan rasakan, apakah airnya sudah cukup hangat untuk bayi.