kumparan
search-gray
Mom2 Juni 2018 13:58

4 Penyakit Gigi dan Mulut yang Perlu Diwaspadai Ibu Hamil

Konten Redaksi kumparan
4 Penyakit Gigi dan Mulut yang Perlu Diwaspadai Ibu Hamil  (832046)
Ilustrasi sakit gigi. (Foto: Thinkstock)
Selama masa kehamilan, ibu hamil perlu benar-benar menjaga kesehatannya, tak terkecuali menjaga kesehatan gigi dan mulut. Ya Moms, jangan anggap sepele sakit gigi saat hamil, karena bisa menyebabkan berbagai komplikasi yang akan berpengaruh pada kehamilan. Oleh karena itu, selama hamil pastikan mulut dan gigi Anda selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit di bawah ini.
ADVERTISEMENT
1. Infeksi Gigi
Coba cek gigi Anda, apakah mengalami rasa sakit di bagian tertentu. Untuk memastikannya, segeralah kontrol ke dokter, karena bisa saja gigi Anda sedang infeksi, Moms. Infeksi pada gigi selama hamil berbahaya karena bisa mengingfeksi janin dalam kandungan. Hal ini dikarenakan, bakteri dalam mulut bisa menyebar ke seluruh tubuh melalui sirkulasi darah termasuk ke janin dalam kandungan melalui plasenta yang dapat menyebabkan keguguran.
2. Kerusakan Gigi
4 Penyakit Gigi dan Mulut yang Perlu Diwaspadai Ibu Hamil  (832047)
Ilustrasi sakit gigi. (Foto: Thinkstock)
Kerusakan gigi yang parah akan merangsang keluarnya hormon prostaglandin yang dapat merangsang timbulnya kontraksi pada rahim. Bila ini tidak segera diatasi, rahim Anda terus berkontraksi yang bisa menyebabkan kelahiran prematur hingga keguguran.
3. Gingivitis gravidarum
Perubahan hormon pada ibu hamil bisa memengaruhi kondisi kesehatan dalam mulut. Meningkatnya hormon progesteron menyebabkan respons tubuh dan gusi menjadi lebih sensitif terhadap plak. Ciri-ciri gingivitis gravidarum atau peradangan gusi adalah gusi terlihat bengkak dan mudah berdarah saat sikat gigi atau makan. Oleh karena itu, sekali lagi, sangat penting untuk menjaga kebersihan mulut ya, Moms.
ADVERTISEMENT
4. Gigi Berlubang
Gangguan gigi berlubang bisa menyebabkan rasa tidak nyaman saat mengunyah sehingga memengaruhi asupan gizi ibu hamil. Bila asupan gizi ibu terganggu, maka nutrisi bayi Anda juga ikut terpengaruh, Moms.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white