kumparan
10 Desember 2018 18:03

4 Perubahan Payudara Ini Bisa Jadi Tanda Anda Hamil

Ilustrasi payudara. (Foto: Shutterstock)
Saat Anda sedang menantikan kehadiran buah hati, sekecil apapun tanda hamil pasti Anda perhatika. Mulai dari sakit pinggang, mual, sampai nyeri pada payudara tentu membuat Anda menerka-nerka, apakah itu tanda Anda sedang hamil?
ADVERTISEMENT
Ya Moms, selain rasa mual di pagi hari atau morning sickness, nyeri pada payudara juga bisa menjadi tanda hamil paling umum yang sering dirasakan oleh wanita. Hal ini dikarenakan payudara merupakan salah satu bagian tubuh wanita yang mendapatkan perubahan pertama setelah terjadi pembuahan.
Lantas, apa saja perubahan pada payudara yang bisa menjadi indikasi tanda hamil pada seorang wanita?
1. Payudara terasa lebih sakit dan nyeri.
Ilustrasi payudara. (Foto: Shutterstock)
Sama seperti ketika datang bulan, payudara ibu hamil juga akan terasa sakit dan nyeri. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan beberapa hormon kehamilan. Nyeri pada payudara mungkin saja berlanjut hingga trimester akhir kehamilan, namun ada juga yang mungkin menghilang di akhir trimester pertama.
ADVERTISEMENT
2. Payudara terasa lebih penuh dan besar
Payudara membesar. (Foto: Shutterstock)
Moms, jangan heran jika saat hamil payudara Anda terasa lebih penuh dan besar. Biasanya cup bra Anda akan naik satu bahkan dua tingkat lebih besar dari biasanya. Perubahan ini diakibatkan karena adanya peningkatan hormon yang mempersiapkan payudara untuk memproduksi ASI.
3. Pembuluh darah tampak lebih nyata.
Ilustrasi Payudara (Foto: Thinkstock )
Semakin membesar payudara Anda saat kehamilan, maka semakin jelas pula pembuluh darah yang Anda miliki. Pembuluh darah melebar untuk mengakomodasi lebih banyak aliran pada tubuh Anda. Tak perlu khawatir jika hal ini terjadi. Pembuluh darah yang muncul itu akan hilang dengan sendirinya setelah Anda melahirkan, Moms.
4. Payudara terasa gatal
ASI perah dari payudara kiri dan kanan bisa berbeda jumlahnya (Foto: Shutterstock)
Rasa gatal pada payudara terjadi karena adanya peregangan atau pembesaran payudara. Biasanya, rasa gatal ini akan dialami pada masa awal-awal kehamilan.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya gatal, payudara Anda juga mungkin akan timbul stretch mark selama masa kehamilan dan hal itu normal, Moms.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan