Mom
·
1 Agustus 2021 19:10
·
waktu baca 2 menit

5 Buah yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Buah yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas (701739)
searchPerbesar
5 Buah yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas. Foto: Shutter Stock
Indonesia punya beragam jenis buah yang baik untuk kesehatan keluarga. Ya Moms, buah-buahan memang lebih lezat bila dikonsumsi langsung. Agar lebih segar dan nikmat, tak jarang ada beberapa orang yang lebih memilih menaruhnya alias menyimpannya terlebih dulu di kulkas.
ADVERTISEMENT
Padahal nyatanya, tidak semua buah awet jika disimpan ke dalam kulkas. Sebab, ada beberapa buah yang bila dimasukkan ke kulkas justru dapat menurunkan kadar nutrisi serta kesegaran dari buah tersebut.
Wah, kira-kira buah apa saja ya yang sebaiknya tidak disimpan di kulkas? Berikut informasinya seperti dikutip dari Instagram resmi Kementerian Pertanian RI, Moms.

5 Buah yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas

1. Tomat
5 Buah yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas (701740)
searchPerbesar
Ilustrasi Tomat Foto: goffkein.pro
Apakah Anda suka memasukkan tomat ke dalam kulkas? Bila ya, sebaiknya jangan lanjutkan kebiasaan itu. Tomat menjadi salah satu buah yang tidak dianjurkan masuk ke dalam kulkas. Hal ini karena suhu dingin kulkas dapat merusak kesegaran dari tomat itu sendiri, Moms. Semakin lama tomat disimpan di kulkas, maka rasa maupun teksturnya pun akan berubah.
ADVERTISEMENT
2. Jeruk
5 Buah yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas (701741)
searchPerbesar
5 Buah yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas Foto: Shutter Stock
Jeruk merupakan buah jenis citrus, termasuk di antaranya adalah jeruk limau, lemon, dan jeruk nipis. Beragam jenis buah jeruk ini juga sebaiknya tidak disimpan di kulkas. Sebab, bila disimpan di kulkas, hal itu justru dapat membuat kulit jeruk mengering dan kandungan air di dalam jeruk pun menyusut. Jadi, sebaiknya simpan jeruk di suhu ruang saja ya, Moms.
3. Pisang
5 Buah yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas (701742)
searchPerbesar
Ilustrasi pisang. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Pisang yang disimpan di kulkas dapat membuat perubahan warna pada kulitnya. Selain itu, pisang juga lebih cepat matang. Sebaliknya, pisang yang belum matang bila disimpan di kulkas tidak akan membuatnya menjadi matang.
4. Pepaya
5 Buah yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas (701743)
searchPerbesar
Ilustrasi Pepaya Foto: Shutterstock/Seksun Guntanid
Menyimpan pepaya di kulkas bisa mengubah tekstur dan rasa dari pepaya itu sendiri, Moms. Sama halnya dengan pisang, buah pepaya yang belum matang jika disimpan di kulkas juga tidak akan membuatnya menjadi matang. Hal ini karena suhu dingin kulkas akan menghambat proses pematangan.
ADVERTISEMENT
Maka sebaiknya, taruh pepaya di suhu ruangan saja. Namun bila sudah matang dan Anda ingin mengonsumsinya dalam keadaan dingin, menyimpan pepaya untuk sementara waktu di kulkas boleh-boleh saja.
5. Melon
5 Buah yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas (701744)
searchPerbesar
Ilustrasi melon Foto: Pixabay
Melon yang disimpan di kulkas dapat menghilangkan kandungan senyawa antioksidan yang terkandung di dalamnya. Beberapa kandungan vitamin pada melon juga akan menurun jika disimpan tanpa dikupas dan dipotong terlebih dahulu.
Nah Moms, itulah beberapa buah yang tidak dianjurkan untuk disimpan di kulkas. Jadi lebih baik, buah yang Anda beli langsung dikonsumsi sesegera mungkin, ya.