Mom
·
14 November 2020 20:00

5 Cara Alami agar Vagina Bersih dan Harum

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Cara Alami agar Vagina Bersih dan Harum (53460)
Ilustrasi Vagina PTR Foto: Shutterstock
Vagina adalah organ intim wanita yang perlu dijaga kebersihan maupun kesehatannya. Hal tersebut penting dilakukan demi mencegah berbagai penyakit berbahaya, misalnya saja infeksi jamur vagina. Lantas, bagaimana bila vagina memiliki bau atau aroma tak sedap? Apakah ini berbahaya?
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, perlu Anda ketahui dulu bahwa aroma vagina bergantung pada berbagai hal, seperti pola makan, asupan gula, dan tentunya kebersihan. Pada umumnya, vagina yang sehat memiliki bau sedikit aneh tapi baunya akan terus berubah. Bahkan, saat Anda menstruasi, vagina mungkin akan berbau seperti logam karena darah mengandung zat besi.
Anda pun tidak disarankan untuk menggunakan produk berbahan pengawet untuk membersihkan area vagina, Moms. Sebab, vagina ternyata dapat bekerja sendiri menghilangkan aroma tak sedap tersebut. Bagaimana caranya? Dikutip dari Healthshots, berikut ini ada beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan agar vagina tetap harum.

5 Cara Alami agar Vagina Harum Setiap Saat

5 Cara Alami agar Vagina Bersih dan Harum (53461)
Ilustrasi Vagina. Foto: Shutterstock

1. Bersihkan Area Vagina Setiap Kali Anda Buang Air Kecil atau Mandi

Dr. Sandeep Chadha, Dokter Kandungan yang berdomisili di Noida, India, menyarankan agar Anda dapat mencuci area vulva dengan air bersih setiap kali buang air kecil atau mandi untuk memastikan urine tidak membuat vagina menjadi bau.
ADVERTISEMENT

2. Kurangi Junk Food

5 Cara Alami agar Vagina Bersih dan Harum (53462)
Ilustrasi junk food Foto: dok.Shutterstock
Mengonsumsi junk food atau makanan siap saji berlebihan ternyata dapat memengaruhi keseimbangan pH vagina Anda, Moms. Faktanya, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang banyak gula pun dapat menyebabkan infeksi yang disebut bakteri vaginosis. Untuk membuat vagina Anda wangi, Anda harus banyak konsumsi berbagai macam buah-buahan ataupun sayuran hijau. Mengonsumsi plain yoghurt atau salad juga dapat menjadi pilihan Anda, Moms.

3. Mengganti Celana Dalam Setiap Hari

5 Cara Alami agar Vagina Bersih dan Harum (53463)
Ilustrasi celana dalam wanita. Foto: Shuutterstock
Salah satu cara alami agar vagina dapat harum ialah sering mengganti celana dalam setiap hari. Pilihlah celana dalam yang berbahan katun daripada yang sintesis. Selain itu, bila Anda banyak berkeringat, segera gantilah celana dalam Anda sekali atau dua kali sehari. Sebab, area vagina yang basah dapat menyebabkan infeksi bahkan menimbulkan bau busuk.
ADVERTISEMENT

4. Jaga Diri agar Tetap Terhidrasi

5 Cara Alami agar Vagina Bersih dan Harum (53464)
Ilustrasi minum air putih Foto: Shutterstock
Penuhi kecukupan cairan harian, Anda, ya, Moms. Karena, tetap terhidrasi dapat membuat urine Anda tak berbau saat buang air kecil. Tapi, jangan lupa pula untuk selalu bersihkan area vagina dengan tisu kering agar celana dalam Anda tak basah sehingga memicu terjadinya bau di area vagina.

5. Bersihkan Vagina setelah Berhubungan Seks

5 Cara Alami agar Vagina Bersih dan Harum (53465)
Ilustrasi vagina. Foto: Shutterstock
Lateks pada kondom misalnya, dapat mengubah keseimbangan pH vagina dan menyebabkan bau tak sedap, lho, Moms! Namun, bila Anda bisa membersihkannya dengan air bersih setelah penetrasi, masalah ini pun bisa dihindari.
"Satu hal yang harus selalu Anda ingat adalah bahwa Anda tidak boleh membersihkan vagina dengan tisu toilet karena dapat menggoreskan labia minora dan menyebabkan infeksi dan bau tak sedap," ujar dr. Chadha.
ADVERTISEMENT