kumparan
Mom18 Maret 2020 16:00

5 Cara Alami Atasi Payudara Gatal saat Menyusui

Konten Redaksi kumparan
Menyusui potrait
Ilustrasi ibu menyusui bayinya. Foto: Shutterstock
Menyusui memang jadi momen indah dan menyenangkan. Namun tentu saja bukan berarti tak ada tantangannya sama sekali. Salah satunya adalah payudara terasa gatal dan ingin rasanya digaruk saat itu juga.
ADVERTISEMENT
Penyebabnya bisa karena berbagai hal, Moms. Mulai dari puting terinfeksi jamur Candida, sehingga bukan cuma terasa gatal tapi ada sensasi terbakar. Bisa juga karena mastitis atau infeksi pada saluran susu karena bakteri yang masuk lewat luka atau tindikan.
Selain itu gatal di payudara atau puting juga bisa terjadi karena ibu mengalami eksim, stretch mark dan infeksi kulit seperti kudis atau kurap.
Mengutip Parenting FirstCry, banyak kondisi yang membuat payudara gatal tapi masih bisa diatasi sendiri di rumah, alias dengan cara alami. Anda bisa melakukan hal-hal berikut:
1. Pastikan kondisi payudara kering
com-Ilustrasi ibu menyusui.
Ilustrasi ibu menyusui. Foto: Shutterstock
Tips pertama adalah memastikan kondisinya tetap kering. Caranya, dengan menggunakan breast pad guna menyerap keringat atau ASI yang merembes di sekitar puting. Termasuk rutin mengeringkan puting setelah menyusui untuk mencegah puting terinfeksi.
ADVERTISEMENT
2. Membersihkan payudara dan puting setelah menyusui
Ilustrasi ibu menyusui.
Ilustrasi puting ibu menyusui sudah bersih sebelum menyusui. Foto: Thinkstock
Tujuannya adalah untuk menghilangkan air liur bayi karena bila dibiarkan terlalu lama bisa mengiritasi kulit. Membersihkan payudara dan puting, caranya cukup menggunakan kain lembut yang sudah dibasahi dengan air hangat, kemudian usap lembut payudara dan puting sampai bersih setiap habis menyusui.
3. Gunakan pelembap
Anda bisa memanfaatkan pelembap bila kondisi puting kering dan pecah-pecah atau sebagai upaya pencegahan. Anda bisa mengoleskan setelah payudara dan puting dibersihkan.
4. Gunakan pakaian yang longgar
menyusui bayi
ilustrasi menyusui dengan pakaian longgar Foto: Shutterstock
Memakai pakaian atau bra yang ketat bisa membuatnya jadi lembap. Kondisi ini bisa diperparah apabila Anda memiliki eksim yang dapat membuat iritasi kulit.
Untuk mengatasinya, coba gunakan pakaian dan bra yang pas atau lebih longgar. Pakaian dengan bahan katun jadi pilihan tepat karena bisa menyerap keringat.
ADVERTISEMENT
5. Punya jadwal menyusui yang teratur
Punya jadwal menyusui yang teratur adalah cara terbaik. Ini karena Anda akan disiplin dalam mengeringkan payudara, juga sebagai cara untuk menghindari pembengkakan payudara.
Kapan harus ke dokter?
Yaitu saat payudara terasa nyeri disertai demam, sensasi gatal yang intens yang datangnya dari dalam (berasal dari jaringan payudara), lalu lidah atau mulut bayi tampak putih. Segera ke dokter, Moms.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan