Mom
·
9 Juni 2021 11:40
·
waktu baca 3 menit

5 Fakta Tentang Anak Kembar Identik

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Fakta Tentang Anak Kembar Identik (465278)
Ilustrasi anak kembar identik Foto: Pixabay
Beberapa pasangan mungkin berharap memiliki anak kembar. Bahkan ada juga pasangan yang tidak memiliki keturunan kembar sampai melakukan program demi mendapatkan bayi kembar.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya perlu dipahami bahwa ada dua jenis anak kembar, yaitu kembar identik maupun kembar fraternal. Kembar identik adalah dua bayi yang lahir dengan memiliki fisik yang hampir serupa. Sementara, kembar fraternal biasanya memiliki fisik yang berbeda, dan jenis kelaminnya pun bisa jadi tidak sama.
Bayi kembar identik biasanya sulit dibedakan karena fisiknya yang sangat mirip. Nah Moms, rupanya terdapat fakta unik mengenai anak kembar identik yang perlu Anda ketahui.
Dikutip dari Everyday Health dan Mommy Nearest, berikut ini fakta-fakta unik tentang anak kembar identik:

5 Fakta Unik Tentang Anak Kembar Identik

1. Memiliki DNA yang hampir sama
Anak kembar identik memiliki DNA yang hampir sama. Ya Moms, mereka memiliki DNA yang 99,9% sama. Tak hanya itu, mereka juga memiliki pola gelombang otak yang hampir identik. Meski begitu tetap ada hal yang membedakan keduanya, yaitu sidik jari dan giginya.
ADVERTISEMENT
2. Berbeda kepribadian
5 Fakta Tentang Anak Kembar Identik (465279)
Ilustrasi bayi kembar perempuan. Foto: Shutter Stock
Meski kembar identik memiliki DNA yang hampir sama, namun mereka tetap memiliki kepribadian yang berbeda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan sifat dan sikap dari kembar identik. Selain itu, mereka juga memiliki perbedaan pada tingkat kecerdasan, struktur sensorik dan tingkat temperamennya. Sebenarnya, hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk membedakan dua anak yang benar-benar mirip.
3. Bisa berbeda jenis kelamin
Umumnya anak kembar identik memiliki jenis kelamin yang sama. Hal tersebut karena mereka terbentuk dari bakal janin yang sama, yaitu yang mengandung kromosom seks laki-laki (XY) atau wanita (XX).
Tapi, ada kasus di mana kembar identik berbeda jenis kelamin. Ya Moms, itu terjadi karena mutasi genetik yang membuat bakal janin laki-laki kembar salah satunya kehilangan kromosom Y dan berkembang.
ADVERTISEMENT
Nantinya, bakal janin yang kehilangan kromosom Y akan berkembang menjadi janin perempuan. Tapi risikonya, anak perempuan kembar yang lahir bisa memiliki Sindrom Turner, dengan ciri perawakan pendek dan kurangnya perkembangan ovarium.
4. Kembar identik adalah refleksi diri
5 Fakta Tentang Anak Kembar Identik (465280)
Ilustrasi bayi kembar perempuan. Foto: Shutter Stock
Menurut penelitian, sekitar 25 persen kembar identik lahir dengan Mirror Image Twins. Artinya, mereka merupakan refleksi diri dari satu sama lain. Misalnya, jika sang kakak memiliki tahi lalat di bawah mata kiri, maka sang adik akan memiliki tahi lalat di bawah mata kanannya. Nah Moms, ini juga bisa menjadi ciri khas atau penanda untuk membedakan anak kembar identik.
5. Tingkat kembar identik yang universal
Tingkat kembar identik adalah universal, artinya tidak dipengaruhi oleh ras, kebangsaan atau genetika. Kembar identik biasanya terjadi pada 1 dari 285 kelahiran. Kembar identik umumnya terjadi karena keturunan di dalam keluarga dan karena itulah anak kembar identik lebih jarang terjadi daripada kembar fraternal.
ADVERTISEMENT
Penulis: Hutri Dirga Harmonis