kumparan
18 Januari 2019 10:15

5 Hal Penting tentang BAB Pertama Pascamelahirkan

Ilustrasi buang air kecil (Foto: Dok. Thinkstock)
Keluarnya tinja untuk pertama kali setelah melahirkan bisa jadi merupakan hal yang jarang dibicarakan oleh ibu-ibu baru. Padahal, hal ini juga penting lho untuk diketahui lebih lanjut.
ADVERTISEMENT
Mungkin setelah membayangkannya, ada rasa ngeri dan takut sakit, sehingga sebisa mungkin Anda akan menghindarinya. Padahal, Moms, semakin Anda ingin menghindari buang air besar pascamelahirkan, maka semakin gelisah juga Anda dibuatnya. Adapun, rasa sakit usai bersalin memang bisa saja terjadi. Ini karena terjadi robekan pada vagina saat persalinan normal.
Nah, coba simak 5 hal penting berikut seputar BAB pascabersalin:
Ilustrasi ibu hamil akan melahirkan. (Foto: Shutterstock)
Pertama, dikutip dari Kitab Hamil Terlengkap karya Heidi Murkoff, hal yang mungkin paling membuat seorang ibu jadi tidak mau buang air besar pascamelahirkan adalah karena faktor psikologisnya. Misalnya, rasa khawatir akan rasa sakit dan ketakutan yang tidak beralasan bahwa jahitan Anda akan terbuka.
Ketakutan seperti ini sebenarnya wajar saja terjadi pada ibu yang baru saja melahirkan. Namun, jika dibiarkan terus-menerus, menahan buang air besar justru berdampak pada masalah kesehatan pencernaan Anda (sembelit). Anda tentu tidak mau kan bila itu sampai terjadi.
ADVERTISEMENT
Kedua, jangan sering merasa cemas.
Ilustrasi wanita cemas. (Foto: Thinkstock)
Hal terbesar yang menghambat Anda buang air besar adalah besarnya kekhawatiran Anda sendiri. Jangan khawatir jahitan Anda akan terlepas, karena hal ini tidak akan terjadi. Jangan pula khawatir jika diperlukan waktu beberapa hari sebelum Anda berhasil buang air besar dengan lancar seperti sedia kala.
Ketiga, jangan paksa untuk mengejan.
Masalah buang air besar. (Foto: Thinkstock)
Bukan karena takut jahitan akan lepas, tapi mengejan dapat menyebabkan wasir atau justru memperburuk wasir yang sudah ada. Jika Anda sudah terlanjur terkena wasir, Anda bisa berendam di air hangat sebatas pinggul untuk mengatasinya. Atau Anda bisa kompres dengan kompres dingin pada bagian yang sakit.
Keempat, gunakan pelunak tinja.
Banyak rumah sakit yang menawarkan atau membekali bekal pelunak tinja atau obat pencahar yang bisa Anda minum pascamelahirkan. Atau bila Anda tak diberi oleh RS, Anda bisa memintanya kepada dokter Anda.
Ilustrasi label obat (Foto: Pixabay)
Kelima, mengkonsumsi makanan yang mengandung serat.
ADVERTISEMENT
Proses buang air besar akan berjalan lancar bila Anda tidak mengalami sembelit. Untuk itu konsumsilah makanan berserat agar bisa melancarkan sistem pencernaan serta menghindari Anda dari mengejan kuat, Moms. Seperti sereal kulit gandum, buah-buahan segar, sayur-sayuran, dan kacang-kacangan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan