kumparan
11 Januari 2019 9:06

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menyusui

Ilustrasi ibu menyusui.
Ilustrasi ibu menyusui. (Foto: Thinkstock)
Ibu yang baru melalui tahap bersalin, maka ia akan mulai menjalani masa menyusui demi memenuhi kebutuhan buah hati. Tak hanya soal asupan, menyusui juga dapat mendekatkan ikatan batin antara ibu dan anak.
ADVERTISEMENT
Untuk itu, proses menyusui sudah semestinya dijalani dengan menyenangkan, Moms. Meski kadang tak mudah, tapi percayalah kalau Anda bisa menjalaninya. Agar Anda bisa menikmati proses itu, siapkanlah hal-hal di bawah ini:
Pertama, sebelum Anda mulai menyusui si kecil, pilihlah lokasi yang nyaman dan tenang. Pemilihan lokasi yang tenang dan nyaman sangat berpengaruh pada kelancaran proses menyusui. Jika Anda berada di tempat yang tidak nyaman dan bising, otomatis diri Anda akan merasa terganggu dan merasa terusik. Bila Anda sedang berada di tempat umum, tak ada salahnya untuk pergi menuju ruang menyusui.
Ilustrasi Ibu Menyusui
Menyusui bisa turunkan risiko sang ibu terkena stroke. (Foto: Shutterstock)
Kedua, siapkan minuman dan camilan di dekat Anda. Itu karena usai menyusui, Anda akan merasa lebih haus sebab saat menyusui berarti Anda telah mengeluarkan banyak cairan. Hati-hati saat minum ya, Moms. Pastikan Anda telah menempatkan si kecil di tempat yang aman, untuk menghindari terkena tumpahan air dan remahan camilan Anda.
ADVERTISEMENT
Ketiga, pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih, sudah mencucinya dengan sabun dan air mengalir. Bukan cuma tangan, tapi juga tubuh dan pakaian Anda, Moms. Jauhi asap rokok maupun asap pembakaran karena dapat menempel pada pakaian yang berisiko terhirup oleh bayi.
Ibu menyusui.
Ibu menyusui. (Foto: Thinkstock)
Keempat, carilah posisi Anda yang nyaman saat menyusui. Jika Anda dalam posisi duduk, letakkan bantal di pangkuan Anda untuk membantu meletakkan bayi pada ketinggian yang nyaman. Pastikan juga tangan Anda ditopang oleh bantal atau lengan kursi. Dikutip kumparanMOM dari laman The Baby Book, ada tiga posisi menyusui yang paling mudah untuk dilakukan, di antaranya:
- Cradle Hold. Ini merupakan salah satu posisi menyusui yang paling klasik dan paling sering dilakukan, terutama jika Anda menyusui di tempat umum. Ambil bantal, kemudian letakan di bawah punggung Anda, dan bersandar di atasnya.
Ibu menyusui
Ibu menyusui. (Foto: Thinkstock)
- Football Hold. Seperti namanya ‘football’, posisikan kepala anak di samping lengan Anda seperti memegang bola football. Lalu angkat kepalanya, dan biarkan mereka menyusu dengan nyaman. Anda bisa meletakkan bantal di samping badan Anda dan letakan buah hati di atasnya.
ADVERTISEMENT
- Reclining Hold. Ini merupakan posisi yang paling baik untuk Anda yang melahirkan secara caesar. Pasalnya, pasca operasi, badan Anda akan lebih sulit untuk digerakan, sehingga berbaring sambil menyusui merupakan posisi paling tepat.
Ibu menyusui
Ibu menyusui. (Foto: Thinkstock)
Berbaringlah di samping bayi Anda, sambil memposisikan kepala anak menghadap ke puting Anda. Pegang badan anak dengan satu tangan, agar mereka tidak terguling jatuh ke lantai.
Dan terakhir, singkirkan dulu ponsel, TV, dan semua hal yang memungkinkan Anda terdistraksi, Moms. Sebab, demi menunjang manfaat menyusui yakni soal memperkuat ikatan batin anak, maka selagi menyusui itu adalah momen berharga saat Anda bisa melakukan kontak mata dengan bayi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan