5 Ide Aktivitas dengan Anak Setelah Ibu Pulang Bekerja

8 Februari 2023 18:59
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ide Aktivitas dengan Anak Setelah Ibu Pulang Bekerja. Foto: Odua Images/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ide Aktivitas dengan Anak Setelah Ibu Pulang Bekerja. Foto: Odua Images/Shutterstock
Bagi ibu bekerja, malam hari menjadi momen untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama anak-anak. Bisa saja sih dilakukan pada pagi hari, namun terkadang Anda sudah cukup sibuk untuk bersiap-siap kerja atau mengantar anak ke sekolah.
Memang, akhir pekan biasanya dimanfaatkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Namun mungkin Anda juga ingin punya lebih banyak waktu bersama anak. Nah waktu malam hari sepulang kerja juga bisa dimanfaatkan, lho!
Bagaimana sih caranya? Yuk simak penjelasannya seperti dikutip dari Baby Gaga.

Ide Aktivitas dengan Anak Setelah Ibu Pulang Bekerja

1. Tak Ada Gadget dan Mainlah Bersama
Terus memegang gadget saat sudah sampai di rumah justru dapat menghalangi komunikasi dan ikatan bersama anak. Jadi, sebaiknya terapkan kebijakan tanpa gadget setelah pulang, lalu mainlah bersama si kecil. Permainannya pun bisa macam-macam, seperti bermain puzzle, role play, atau membaca buku cerita.
Ilustrasi anak bersama ayah dan ibu. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi anak bersama ayah dan ibu. Foto: Shutter Stock
Anda bisa menyalakan gadget kembali saat anak-anak tertidur bila memang masih harus menyelesaikan pekerjaan.
2. Biarkan Anak Bantu Pekerjaan Rumah
Melihat baju atau piring kotor menumpuk sesampainya di rumah? Yuk coba ajak anak untuk membantu Anda membersihkan rumah. Misalnya, setelah pakaian selesai dilipat, mintalah anak untuk memasukkan sendiri pakaiannya ke dalam lemari. Atau ajari mereka untuk merapikan mainan agar Anda bisa menyapu lantai. Bila mereka bisa melakukannya dengan baik, jangan lupa berikan apresiasi ya, Moms!
3. Memasak atau Makan Bersama
Sesampainya di rumah, Anda mungkin kelaparan. Jika tidak membeli makanan dari luar, tidak ada salahnya untuk memasak sendiri. Anda bisa lho mengajak anak untuk membantu masak, sekaligus juga mengajari mereka keterampilan yang satu ini.
Bila tidak ingin terjadi kekacauan di dapur, Anda bisa minta bantuan anak menyiapkan piring di meja makan untuk menemani, atau bahkan makan bersama. Anda jadi bisa makan bersama bersama si kecil, kan?
4. Mengobrol dengan Anak
Ada saja anggapan bahwa tidak cukup waktu dalam sehari untuk bisa selalu dekat dengan anak. Tetapi sebenarnya ngobrol dari hati ke hati beberapa menit sekali pun tetap bisa membangun ikatan lebih kuat dengan anak, lho.
ibu dan anak membaca buku Foto: shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
ibu dan anak membaca buku Foto: shutterstock
Ya Moms, mengobrol dengan anak tidak memiliki batasan waktu. Anda bisa sekadar menanyakan, "Hari ini belajar apa di sekolah? PR yang diberikan guru apakah sulit atau mudah?"
Skin to skin seperti berpelukan juga bisa membantu anak bila sedang mengalami kesulitan, cemas, atau bahkan sakit.
5. Rutinitas Waktu Tidur
Rutinitas apa saja sih yang Anda dan anak-anak lakukan sebelum tidur, Moms? Mungkin ada yang menyikat gigi bersama, membaca buku cerita, atau kegiatan lainnya.
Ibu bekerja bisa mengalami berbagai kesulitan dalam melakukan pekerjaan rumah tangga sekaligus mengurus keluarga. Seringkali, Anda merasa malam bisa berlalu begitu cepat tanpa disadari. Namun jangan merasa bersalah, karena menghabiskan waktu sebentar di malam hari bisa sama berkualitasnya dengan berjam-jam bersama mereka.