kumparan
19 Mei 2018 16:14

5 Ide Ngabuburit Bersama Anak

Ilustrasi anak dan orang tua.
Ilustrasi anak dan orang tua. (Foto: Thinkstock)
Si kecil sedang mencoba puasa satu hari penuh. Mendekati waktu berbuka, dia terus bertanya, "Masih lama ya Bu?" Ini pertanda Anda harus mengisi waktunya agar ia tetap bersemangat, Moms. Ajak si kecil, ngabuburit!
ADVERTISEMENT
Nah, agar waktu menunggu saat berbuka alias ngabuburit lebih bermanfaat dan menyenangkan, coba lakukan kegiatan bersama ini:
1. Membuat kartu ucapan lebaran
Ilustrasi kartu ucapan lebaran
Ilustrasi kartu ucapan lebaran (Foto: freepik.com)
Ajak si kecil membuat prakarya berupa kartu ucapan, Moms. Supaya menarik, bentuknya jangan dibuat melulu berupa kartu berukuran kotak saja. Tapi bisa dikreasikan, misalnya berbentuk masjid, ketupat, dan berbagai bentuk lainnya.
Biarkan si kecil yang mewarnai, menggunting, dan memberikan tulisan berupa harapan yang misalnya ditujukan kepada kakek-nenek atau keluarga lainnya. Di zaman serba digital ini, yang menerima pasti tak menduga dan akan terkesan sekali menerima kartu seperti ini.
2. Sampaikan cerita baik
Ilustrasi ibu dan anak.
Ilustrasi ibu dan anak. (Foto: Thinkstock)
Manfaatkan juga momen ini untuk menyampaikan cerita-cerita atau kebiasaan baik terkait bulan Ramadhan di berbagai suku, daerah atau negara di dunia. Tentunya menggunakan bahasa sederhana, sehingga mudah diterima anak.
ADVERTISEMENT
Misalnya, bagaimana ada negara yang warganya harus berpuasa lebih lama, ada yang punya tradisi berkeliling kota atau menyiapkan makanan tertentu dan sebagainya. Tidak hanya menarik, ini juga akan mengajarkan pada anak tentang keberagaman.
3. Mengenal transaksi jual beli
Ilustrasi ibu dan anak.
Ilustrasi ibu dan anak. (Foto: Thinkstock)
Biasanya saat momen puasa tiba, ada bazar-bazar murah di komplek rumah. Isinya, adalah warga dari komplek itu sendiri yang menjual aneka makanan untuk menu berbuka nanti. Bila memungkinkan, tak ada salahnya ikut ambil bagian.
Libatkan pula si kecil membantu Anda dalam proses menyiapkan barang dagangan maupun menjualnya sambil menunggu waktu berbuka. Si kecil jadi bisa belajar soal uang, transaksi jual beli sekaligus mengasah kecerdasan sosialnya.
4. Jalan-jalan sore
Ilustrasi anak jalan-jalan dengan orang tua.
Ilustrasi anak jalan-jalan dengan orang tua. (Foto: Thinkstock)
Nah, ini merupakan kegiatan santai dan murah untuk dilakukan. Anda dan si kecil bisa menikmati jalan santai, sambil berolahraga dan menyaksikan momen matahari yang sedang merona jingga. Tidak perlu terlalu jauh dan tak usah membawa kendaraan, misalnya di sekitar area komplek. Ini juga bisa jadi kesempatan mengajak anak menyapa para tetangga.
ADVERTISEMENT
5. Mengumpulkan pakaian tak terpakai
cover pakaian
Donasikan pakaian bekas. (Foto: thinkstock)
Pakaian di lemari Anda dan anak mungkin sudah sesak. Dari tumpukan baju itu, tentu ada yang masih bagus tapi sudah tak terpakai lagi.
Ajak si kecil untuk mengumpulkannya dan menyimpannya dalam plastik besar, Moms. Bila sudah terkumpul, dapat disumbangkan ke orang-orang yang membutuhkannya. Ini akan melatih rasa empati anak terhadap orang lain yang lebih membutuhkan. Ramadhan keluarga Andapun semakin penuh kebaikan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan