kumparan
search-gray
Mom23 September 2019 11:27

5 Kebiasaan Orang Tua Milenial, Anda yang Mana?

Konten Redaksi kumparan
5 Kebiasaan Orang Tua Milenial, Anda yang Mana? (49529)
ilustrasi keluarga milenial Foto: Shutterstock
Orang tua milenial atau mereka yang lahir mulai tahun 1982-an dan punya anak di sekitar tahun 2010-an, punya kebiasaan yang umum dan mirip-mirip dilakukan.
ADVERTISEMENT
Bila melihat dari 5 kebiasaan ini, mungkin Anda tidak akan asing lagi, Moms! Psikolog anak dan keluarga, Rosdiana Setyaningrum, MPsi, MHPed memaparkan kebiasaan para orang tua milenial sebagai berikut:
1. Bergantung pada Internet
5 Kebiasaan Orang Tua Milenial, Anda yang Mana? (49530)
Google Doodle yang bertema foto black hole pertama. Foto: Google Doodle
Orang tua dari generasi ini memanfaatkan internet untuk mencari tahu berbagai informasi. Tak terkecuali saat mencari parenting tips, mereka juga mengandalkan mesin pencarian. Meski begitu, sayangnya orang tua milenial juga banyak yang merasa cara pengasuhannya adalah yang paling benar, dibanding yang lainnya.
2. Posting Foto Anak ke Sosial Media
Karena bergantung dengan internet, orang tua dari generasi milenial juga akrab dengan sosial media. Mereka pun tidak segan untuk mengunggah foto perkembangan anaknya baik dalam foto atau video ke sosial media pribadinya.
ADVERTISEMENT
3. Punya Anak di Usia yang Lebih Matang
5 Kebiasaan Orang Tua Milenial, Anda yang Mana? (49531)
ibu hamil Foto: Shutterstock
Ciri orang tua milenial selanjutnya adalah biasanya mereka memiliki anak di usia yang lebih matang.
“Konon katanya kalau di Amerika, usia punya anak lebih lambat ketimbang generasi sebelumnya,” ungkap Rosdiana dalam acara peluncuran inovasi S-26 Procal GOLD di Soehanna Hall, Jakarta, pada Kamis (19/9).
Jadi, jika generasi X umumnya memiliki anak pada usia 20 awal. Maka orang tua dari generasi milenial lebih lambat, yakni 30an saat sudah lebih siap dan matang.
Tidak hanya itu saja, orang tua milenial juga mengajarkan anaknya untuk lebih gender free, hingga memperkenalkan uang lebih awal.
4. Memberikan Nama Unik untuk Anak
5 Kebiasaan Orang Tua Milenial, Anda yang Mana? (49532)
bayi digendong ibu Foto: Shutterstock
Kemudian orang tua dari generasi milenial juga cenderung memberi nama yang unik untuk anaknya. Mereka akan mencari inspirasi dari berbagai sumber, agar nama untuk si kecil bisa seunik mungkin.
ADVERTISEMENT
5. Habiskan Waktu Lebih Banyak dengan Anak
5 Kebiasaan Orang Tua Milenial, Anda yang Mana? (49533)
Liburan Bersama Keluarga Foto: Shutter Stock
Ciri yang ke lima dari orang tua generasi milenial adalah mereka akan menghabiskan waktu lebih banyak dengan anaknya.
“Ayah dari generasi X masih konvensional, artinya tidak mau banyak ngurus anak sementara generasi milenial, bapak sangat terlibat dalam mengurus anak,” jelas Rosdiana.
Rosdiana menambahkan menurut sebuah penelitian, anak yang dekat dengan ayahnya cenderung lebih baik dalam menyelesaikan masalah. “Ayah men-challange anaknya untuk berpikir,” katanya.
Meski begitu, orang tua milenial juga gemar menggunakan gadget, sehingga aktivitas yang dilakukan dengan anak tidak banyak dilakukan di luar rumah. Sedangkan yang akan mengajaknya bermain ke luar rumah adalah kakek neneknya.
Dari 5 ciri ini, mewakili Anda semua atau hanya beberapa saja, Moms?
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white