kumparan
Mom16 Februari 2020 11:06

5 Makanan Pelancar ASI yang Bisa Dibeli di Minimarket

Konten Redaksi kumparan
Pisanng PTR
Pisanng Foto: Shutterstock
Untuk membeli makanan pelancar ASI, Anda tidak perlu selalu merogoh kocek terlalu dalam. Pasalnya aneka macam jenis sayur dan buah yang dipatok dengan harga ramah di kantong pun, bisa membuat produksi ASI meningkat.
ADVERTISEMENT
Selain bisa diperoleh dengan harga yang relatif tidak mahal, mencarinya juga tak sulit. Salah satunya bisa didapat di minimarket dekat rumah, lho!
Lantas apa saja makanan pelancar ASI tersebut? Berikut kumparanMOM telah merangkumnya:
1. Kacang Hijau
Ilustrasi kacang hijau
Ilustrasi kacang hijau. Foto: Dok. Wikipedia
Dikategorikan sebagai makanan pelancar ASI, karena lemak jenuh dalam kacang hijau tergolong rendah serta tidak mengandung kolesterol jahat, Moms. Karena itu sangat baik untuk ibu menyusui dan bayi.
Tidak hanya itu, kacang hijau juga mengandung karbohidrat tinggi sebesar 62,90 gram/100 gram. Sari pati pada kacang hijau akan mengubah kalori menjadi energi yang bermanfaat bagi tubuh selama menyusui.
2. Pisang
ilustrasi Pisang
Ilustrasi Pisang Foto: UggBoy UggGirl/ WikimediaCommons
Buah satu ini biasanya ditaruh di dekat kasir, sehingga Anda bisa memasukan ke keranjang belanja dengan mudah. Selain lezat dan harganya juga tidak mahal, kandungan kalium pada pisang mampu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit, kaya vitamin dan mineral hingga membantu menjaga aliran ASI dengan baik.
ADVERTISEMENT
3. Oatmeal
Ilustrasi oatmeal
Ilustrasi oatmeal Foto: dok.shutterstock
Tak melulu nasi, Anda juga bisa lho mengganti menu sarapan dengan oatmeal. Apalagi seperti dilansir laman Verywell Family, kandungan serat beta glukan pada oatmeal dapat memengaruhi kerja hormon prolaktin. Artinya apabila kandungan hormon prolaktin tinggi maka produksi ASI juga melimpah.
Oatmeal juga kaya zat besi yang dapat meningkatkan produksi dan kualitas ASI. Kandungan zat besi tersebut juga membuat Anda dan anak terhindar dari anemia, Moms.
4. Nasi Merah
Nasi merah
Nasi merah Foto: Shutter Stock
Dilansir dari Parenting FirstCry, ibu menyusui disarankan untuk mengkonsumsi beras merah. Kenapa? Pasalnya kandungan di dalam nasi tersebut dipercaya dapat merangsang hormon yang bertanggung jawab pada produksi susu, Moms.
Tidak hanya mampu tingkatkan produksi ASI, kandungan vitamin dan nutrisi pada nasi merah juga berperan dalam menurunkan berat badan, melancarkan sistem pencernaan hingga meningkatkan daya tubuh Anda dan anak.
ADVERTISEMENT
5. Kurma
Ilustrasi Kurma Zaghloul
Ilustrasi Kurma Zaghloul Foto: Shutterstock/John_T
Satu lagi makanan pelancar ASI yang bisa Anda dapatkan di minimarket adalah kurma. Adapun salah satu kandungan dalam kurma yang dapat meningkatkan ASI adalah tryptophan. Yakni salah satu asam amino esensial yang menciptakan protein bagi tubuh, serta pelopor dari hormon serotonin yang mendukung proses kimiawi tubuh saat ibu menyusui atau memompa ASI perah.
Kurma juga mengandung kalsium yang dapat meningkatkan produksi ASI perah. Rasa manis pada kurma dapat membuat ibu bahagia, alhasil bila mood ibu bahagia maka produksi ASI perah akan meningkat.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan