Mom
·
13 Januari 2021 11:00

5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata Janin

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata Janin (131391)
5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata Janin Foto: Shutterstock
Makanan yang dikonsumsi saat hamil, tak hanya bermanfaat bagi ibu, tapi juga untuk janin. Oleh sebab itu, Anda harus benar-benar memerhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi, Moms.
ADVERTISEMENT
Salah satu panca indra yang perlu dijaga kesehatannya sejak dalam kandungan adalah mata. Ya Moms, ada beberapa makanan yang dipercaya bisa memengaruhi kesehatan mata bayi di dalam kandungan.
Lantas, makanan seperti apa yang bisa dikonsumsi ibu hamil untuk menjaga kesehatan mata janin? Simak penjelasannya di sini, Moms.

Makanan yang Menyehatkan Mata Janin

  1. Ikan
5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata Janin (131392)
Ikan Foto: Freepik
Dalam sebuah studi yang dikutip dari Hindustan Times, makan ikan yang memiliki kandungan lemak omega-3 dapat meningkatkan perkembangan penglihatan dan fungsi otak bayi di dalam kandungan. Sehingga, ibu disarankan mengonsumsi ikan secara teratur selama kehamilan.
Menurut Penulis Studi, Kirsi Laitinen, asam lemak dalam ikan dapat membantu sel-sel saraf yang relevan dengan penglihatan dan khususnya retina untuk berkembang. Kandungan tersebut juga penting dalam membentuk sinapsis yang mengangkut neuron dalam sistem saraf.
ADVERTISEMENT
  1. Ubi Jalar
5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata Janin (131393)
Ubi Jalar Foto: Pixabay
Dikutip dari The Bump, ubi jalar memiliki banyak kandungan vitamin A. Vitamin A ini memiliki peran penting dalam perkembangan mata janin, karena memberikan efek sistemik pada beberapa organ dan juga kerangka.
  1. Jagung
5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata Janin (131394)
Ilustrasi jagung manis Foto: dok.shutterstock
Dalam jagung terdapat karotenoid berupa lutein dan zeaxanthin. Dua senyawa tersebut banyak ditemukan oleh ilmuwan dalam retina mata bayi. Mengutip Healthy Sights, keduanya berfungsi untuk menyerap cahaya yang merusak, menetralkan radikal bebas, dan juga melawan peradangan.
  1. Bayam
5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata Janin (131395)
Bayam Foto: Freepik
Seperti jagung, bayam juga merupakan makanan yang mengandung karotenoid lutein dan zeaxanthin yang terdapat dalam retina mata bayi. Selain itu, bayam juga mengandung vitamin A yang dapat membantu perkembangan mata janin.
  1. Kuning Telur
5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata Janin (131396)
Ilustrasi ceplok telur Foto: dok.shutterstock
Kuning telur juga merupakan sumber lutein dan zeaxanthin yang baik. Dalam sebuah penelitian seperti dilansir Cooking Light, peneliti menemukan bahwa kadar lutein meningkat 26 persen dan zeaxanthin meningkat 38 persen saat ibu hamil makan satu telur per hari.
ADVERTISEMENT