5 Makanan yang Cocok Diberikan Pada Anak Saat Flu

11 September 2023 14:54
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
5 Makanan yang Cocok Diberikan Pada Anak Saat Flu. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Dalam beberapa waktu terakhir, banyak orang tua yang mengeluhkan anaknya sakit, termasuk flu. Kondisi ini kerap membuat orang tua khawatir, terlepas dari apa pun penyebabnya.
ADVERTISEMENT
Nah Moms, ketika flu, anak tak hanya memerlukan obat-obatan saja. Ia juga membutuhkan makanan bernutrisi tinggi untuk membantu mempercepat pemulihannya.
Untuk membantu imun anak tetap prima, orang tua bisa mengajari anak pola hidup yang baik. Tidur cukup dan makan tepat waktu menjadi dua dari beberapa hal yang bisa dilakukan agar imun baik.
Lantas, bagaimana bila anak-anak sudah terlanjut terkena flu? Makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi? Simak penjelasan berikut, dikutip dari Parents.

Makanan yang Baik untuk Anak yang Sedang Flu

1. Yoghurt
Minuman yang mengandung probiotik ini bisa menjadi menu andalan saat musim pilek dan flu datang, Moms.
Probiotik adalah bakteri menguntungkan karena membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan mengisi saluran pencernaan. Bakteri ini juga membantu menyingkirkan bakteri jahat yang dapat menyebabkan penyakit.
ADVERTISEMENT
2. Ubi jalar
Kentang berwarna oranye terang ini kaya akan vitamin A. Vitamin yang satu ini merupakan nutrisi utama sistem kekebalan tubuh yang membantu menjaga jaringan di mulut, usus, dan saluran pernapasan. Setengah cangkir ubi yang sudah dimasak, mengandung vitamin A sebanyak dua kali lipat dari kebutuhan harian anak.
3. Daging
Daging secara alami kaya akan protein yang merupakan komponen penting dari sistem kekebalan tubuh. Daging sapi khususnya juga merupakan sumber makanan yang kaya akan seng hingga mineral.
Seng dan mineral digunakan tubuh untuk membuat sel T yang memainkan peran utama dalam kekebalan. Sumber seng baik lainnya adalah kacang mete, buncis, dan kacang merah.
Ilustrasi sup ayam jamur Foto: Shutterstock
4. Sup ayam
Sup ayam bisa menjadi makanan utama saat anak-anak terserang pilek dan flu. Para peneliti berpendapat mungkin ada banyak zat dalam sup ayam yang memiliki khasiat. Salah satunya seperti kemampuan anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan infeksi saluran pernafasan.
ADVERTISEMENT
5. Minuman Hangat
Dalam penelitian, anak yang mengalami pilek dan flu idealnya mengkonsumsi minuman hangat. Minuman yang satu ini disebut bisa langsung meredakan pilek, batuk, bersin, sakit tenggorokan, menggigil dan kelelahan.
Selain itu, anda juga bisa menyeduh teh tanpa kafein dengan sedikit madu. Ramuan yang satu ini juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan batuk anak lho, Moms.